10 Hal Penting Tentang darah Tinggi

 

1.Darah tinggi sebagian besar tidak diketahui penyebabnya

Oleh karena lebih 95 persen kasus darah tinggi bersifat esensial,atau tidak diketahui penyebabnya,tidak selalu mudah menyembuhkannya.Obat darah tinggi hanya mengontrol agar tekanan darah dalam batas-batas normal,namun tidak menyembuhkannya.

Darah tinggi bukan penyakit,melainkan gejala dari suatu penyakit.Hanya sebagian kecil saja kasus darh tinggi ada penyebabnya.Pada gangguan ginjal,kelenjar anak ginjal,keracunan kehamilan,darah yang tadinya normal bisa mendadak tinggi.

Darah tinggi sebagai gejala suatu penyakit bisa muncul kapan saja,dan tidak perlu diwariskan dari keturunan.Kasus darah tinggi jenis ini dapat disembuhkan setelah penyakit yang menjadi penyebab munculnya gejala darah tingginya disembuhkan.Sedang darah tinggi esensial umumnya turunan,sudah muncul pada usia lebih muda,dan perlu minum obat terus sepanjang hidup agar tekanan darah tetap terkontrol.

2.Berapa normalnya tekanan darah kita?

Idealnya 120/80 mmHg.Namun ada orang – orang yang bawaan tekanan darahnya cenderung lebih rendah dari normal,dan itu normal-normal saja selama tidak ada keluhan.

Kasus darah rendah lebih mudah diatur disbanding darah tinggi.Dengan lebih banyak berolahraga,minum kopi,darah bisa diangkat lebih tinggi.Tidak selalu demikian untuk kasus darah tinggi.Adakalanya darah tinggi tidak mudah selalu ditekan dengan obat.

Kesalahan acap terjadi dalam hal pengukuran tekanan darah.Hasil pemeriksaan tekanan darah lebih tinggi dari semestinya jika di ukur pada saat setelah aktifitas fisik,ketika belanja di mal.Gambaran tekanan darah sejati di peroleh waktu baru bangun tidur pagi,saat belum melakukan aktifitas apapun.

3.Kapan seseorng didiagnosis darah tinggi?

Menurut WHO (WHO-ISH 1990),dibawah 140/80 belum tergolong darah tinggi,namun tergolong normal atas yang perlu diwaspadai,dan sedapat mungkin ditekan mendekati nilai ideal.Orang tergolong darah tinggi tingkat satu jika tekanan darahnya di atas 140/90.

Baca Juga Yang satu ini ...
Penyakit Asma turunan tidak bisa sembuh

Adakalanya bukan nilai tekanan darah yang sejatinya.Kita tahu tekanan darah berfluktuasi dari waktu ke waktu,jam ke jam,dipengaruhi oleh aktifitas fisik,emosi dan keadaan jiwa.Kelewat terburu-buru memberikan obat sebelum dipastikan betul darah tinggi,bisa buruk akibatnya.

10 Hal Penting Tentang Darah Tinggi

10 Hal Penting Tentang Darah Tinggi

Tekanan darah yang dibuat lebih menjadi rendah dari senyatanya tidak lebih sehat disbanding sedikit lebih tinggi atau normal.Tekanan darah kelewat rendah bisa juga bikin stroke seperti halnya kelewat tinggi.

Demikian pula dengan kasus orang yang emosinya labil,dan jiwanya sedang gundah.Itu maka sebaiknya lebih sabar menunda pemberian obat sebelum dipastikan betul tekanan darah memang tergolong tinggi.Untuk kasus yang mencurigakan,dokter hanya memberikan obat penenang dulu.

4.Apa obat darah tinggi paling bagus?

Tidak ada obat darah tinggi yang paling bagus,yang ada obat yang paling cocok untu seseorang.Jika sudah tentu darah tinggi,seberapa bisa tidak memakai obat.Kalau bisa diatasi dengan cara menurunkan berat badan,diet rendah garam,berolahraga,hidup lebih rileks,obat belum perlu diminum.Obat paling enteng dipilih golongan penuras kencing.Obat ini bekerja mengeluarkan air dalam darh.

Ada beberapa golongan obat darah tinggi.Ada obat darah tinggi dengan kelainan jantung,ada yang klasik,dan kini obat darah tinggi generasi baru.Semakin baru generasi obat darah tinggi,,semakin kuat kerjanya,dan enteng efek sampingnya.

Selain tepat memilih obat,dosis obat secara berkala perlu dihitung ulang untuk mencapai takaran seminimal mungkin setelah berat badan dibuat ideal,ketat diet rendah garam,dan berolahraga teratur.Hasil optimal manajemen darah tinggi tercapai jika tanpa minum obat,tekanan darah bisa dipertahankan dalam batas normal.

5.Apa bahaya darah tinggi jika dibiarkan?

Darah tinggi yang dibiarkan akan membebeni jantung.Jantung bekerja labih keras.Lama-lama jantung membengkak.Pembengkakan jantung ada batasnya.Jika batas terlampaui,jantung menjadi payah total.Saat payah jantung itulah jantung tak berhasil memompa darh dengan normal,dan gagal jantung terjadi.

Baca Juga Yang satu ini ...
Jual colostrum synergy smart detox di jambi

Selain itu darah tinggi yang berkepanjangan juga menjadikan pembuluh darah nadi lekas mengeras dan kakuPembuluh nadi yang keras dan kaku menambah buruk darah tingginya.Jika lemak darah juga tinggi,pembuluh darah yang sudah keras dan kaku,bertambah tebal oleh karat lemak,yang menambah berat kerja jantung untuk memompa darah..Darah tinggi yang terus meninggi merusak pembuluh darah ginjal,mata,jantung,dan otak.Terlebih jika pembuluh sudah berkarat lemak.Pembuluh nadi rentan pecah.Keadaan ini berisiko menimbulkan serangan stroke,jantung koroner,gagal ginjal,dan kebutaan.Sekutu lemak darah yang tinggi,kencing manis,dan darah tinggi mempercepat komplikasi serangan jantung,stroke,gagal ginjal dan kebutaan.

6.Apa gejala darah tinggi?

Rasa tidak enak di tengkuk,sering nyeri kepala,pusing,bukan monopoli darh tinggi.Bahkan adakalanya nyaris tanpa keluhan dan gejala apapun.Bukan jarang orang baru tahu dirinya darah tinggi secara kebetulan belaka,tidak tahu sudah berapa lama  darah tingginya itu berlangsung.

Sebaiknya rutin mengukur tekanan darah sejak usia muda,terlebih bagi mereka yang berisiko mewarisi dari keluarga.Darah tinggi turunan umumnyaturunan umumnya sudah muncul sejak usia muda.Lebih dini diketahui,fatalnya komplikasi bisa di batalkan.

7.Mengapa pengidap darah tinggi perlu memeriksa laboratorium darah?

Mereka yang kedapatan darah tinggi perlu melacak apa penyebabnya,memantau perkembangan darah tingginya,apakah sudah komplikasi atau belum,serta untuk membaca factor-faktor yang memperburuk darah tingginya (lemak darah,kencing manis,asamm urat).Untuk itu pemeriksaan laboratorium darh perlu rutin dilakukan.

8.Apa pasien darah tinggi boleh minum obat tradisional?

Jenis obat tradisional ,ada yang sudah diakui medis,dan yang belum diterima medis.Apapun bahan berkhasiatnya,sebaiknya tidak di konsumsi  berbarengan dengan obat dokter.Mengapa?Bisa terjadi efek ganda,sehingga tekanan darah bisa anjlog.

Tidak semua kasus darh tinggi bisa diturunkan dengan obat tradisional.Jangan tunggu lebih lama mengkonsumsi bahan berkhasiat yang gagal menurunkan darah tinggi,dan segera beralih ke obat dokter.

Baca Juga Yang satu ini ...
Cara Mendapatkan Pacar Mirip Artis Korea

9.Apa factor bukan obat yang membantu hidup berdamai dengan darah tinggi?

Dengan menurunkan berat badan,tekanan darah dapat lebih turun.Konsumsi garam dapur kurang dari 5 gram sehari,khususnya bagi pengidap darah tinggi yang rentan garam dapur.Ekstra kalsium atau zat kapur baik pada pengidap darh tinggi yang rentan garam dapur.Perbanyak mengkonsumsi kalium yang banyak dalam buah,terutama pisang.

Pilihlah jalan kaki dalam bergerak.Dalam menu harian,orang vegetarian tekanan darahnya cenderung rendah.Upayakan dalam kondisi bahagia.Ketika tekanan darah sedang naik,batasi berbicara terlebih berdebat.Perlu kerja sama dengan pasangan hidup dalam berbagi stress,mengatasi konflik,saling mencurahkan isi hati.Bagi yang kesepian dalam hidup kesehariannya,Pet therapy membantu menurunkan tekanan darh juga.

10.Apa pengidap darh tinggi perlu suplemen juga?

Selain tablet aspirin yang sudah lama diketahui dapat mencegah terbentuknya pelengketan darah,awal terbentuknya bekuan darah,yang buruk akibatnya bagi pengidap darah tinggi.Suplemen penting bagi pasien darh tinggi,selain semua sumber antioksidan (beta carotene,vitamin E,vitamin C),perlu ekstra lecithin (kacang kedelai),zat berkhasiat dari bawang putih,beberapa jenis mineral,dan trace elemens.Bahan tersebut selain menurunkan tekanan darh,memelihara pembuluh darah,juga mencegah komplikasi yang mungkin timbul akibat darah tinggi berkepanjangan.

 

Visit : www.smartdetoxsynergy.com

Sumber : Cara sehat oleh Dr.Handrawan Nadesul

Baca artikel menarik lainnya : mengapa Mati Prematur

 

banner smartdetox bawah baru

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *