3 Cara Lifestyle untuk Perut yang Sehat

Masalah pencernaan dan perut yang terasa sakit ternyata dapat dicegah, diredakan dan bahkan dihilangkan hanya dengan melakukan tips lifestyle untuk perut sehat yang sederhana. Mau tahu apa saja tips lifestyle untuk perut sehat yang bisa anda lakukan dengan mudah? Simak ulasannya berikut ini.

Mengalahkan stress untuk meringankan masalah perut

Anda mungkin menyadari bahwa ketika anda merasakan ketidaknyamanan di perut anda ketika anda merasakan stress. Hal ini terjadi karena kecemasan dan ketegangan yang dapat mengganggu keseimbangan dalam proses pencernaan. Untuk beberapa orang, stress membuat sistem pencernaan mereka menjadi pelan, menyebabkan gemuk, atau juga konstipasi. Pada orang orang lain justru sebaliknya, sistem pencernaan mereka menjadi cepat, mengakibatkan diare dan sering ke kamar mandi. Beberapa orang bahkan kehilangan selera makan mereka sama sekali. Stress juga dapat mengakibatkan kondisi pencernaan menjadi memburuk seperti misalnya peptic ulcers dan irritable bowel syndrome. Satu cara jitu adalah dengan tidak makan ketika anda merasa sangat cemas, stress atau sedih. Ini akan membantu sistem pencernaan anda jika anda mencegah diri anda untuk bertengkar di meja makan, karena ketika anda marah maka makanan yang anda makan juga sulit dicerna.

Berhenti merokok

Merokok dapat memperlemah otot yang mengontrol bagian bawah akhir dari usus dan melewatkan asam dari lambung untuk mengalir ke arah yang salah. Hal ini disebut dengan reflux. Reflux mengakibatkan gejala dari heartburn yaitu sensasi terbakar di dada dan dapat menjadi peptic ulcers yagn parah serta kondisi infeksi pada bowel. Merokok juga merupakan faktor resiko utama yang mengakibatkan kanker lambung.

Makan secara benar untuk membantu pencernaan anda

Merupakan hal yang tidak jarang dilakukan ketika anda makan sambil bekerja atau sambil berjalan. Mengkonsumsi makanan di antara rapat dan kemudian mengkonsumsi makanan cepat saji di depan televisi di waktu malam. Walaupun cara makan seperti ini sangat mudah dilakukan, tetapi kebiasaan ini dapat berpotensi buruk pada sistem pencernaan anda. Beberapa hal yang perlu anda perhatikan ketika mengkonsumsi makanan adalah; jangan terburu buru ketika makan. Berikan waktu yang cukup untuk makan secara perlahan.

Baca Juga Yang satu ini ...
Gejala Penyakit Wilson dan Penyembuhan
banner smartdetox bawah baru

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *