5 Cara Menjaga Kesehatan Saluran Pencernaan Anda

Menjaga kesehatan saluran pencernaan merupakan hal penting yang wajib kita ketahui dan laksanakan. Mengapa? Karena gizi yang diserap oleh tubuh dan disebarkan ke seluruh sel-sel tubuh juga sangat bergantung dari kesehatan saluran pencernaan. Jika saluran pencernaan sehat, maka gizi-gizi dari makanan yang kita konsumsi akan mampu terserap secara sempurna. Akan tetapi jika kesehatan saluran pencernaan kita terganggu maka akan banyak zat gizi dalam makanan yang seharusnya baik oleh tubuh jadi terbuang sia-sia karena ketidak mampuan saluran pencernaan menyerapnya dengan maksimal. Maka dari itu jangan lah sekali-kali kita meremehkan kesehatan saluran pencernaan kita. Ada 5 cara menjaga kesehatan saluran pencernaan yang dapat kita lakukan.

Penuhi Kebutuhan Tubuh Akan Air

Maksudnnya adalah kita wajib meminum air putih dalam jumlah yang cukup. Tidak berlebihan dan tidak kurang. Air akan berperan dalam membantu memperlancar pembuangan saluran pencernaan. Jika pembuangan lancar maka proses pemasukan juga akan lancar.

Makanan Berserat/Detoksifikasi

Mengapa makanan berserat penting bagi saluran pencernaan? Karena makan berserat juga berfungsi sebagai detoksifikasi bagi tubuh kita terutama saluran pencernaan. Serat buah dan sayuran akan membuang berbagai macam racun dan zat-zat tidak berguna melalui saluran pembuangan.

Makan Secukupnya

Saluran pencernaan memiliki batas-batas tersendiri dalam mengolah makanan yang masuk. Jika kita melebihi batas tersebut maka saluran pencernaan akan memberikan reaksi yang tiba-tiba seperti muntah maupun diare. Maka dari itu, cara yang baik adalah dengan mengkonsumsi makanan secukupnya. Makan makanan dalam jumlah yang berlebihan akan menimbulkan endapan makanan diperut terlalu lama. Ditambah lagi akan memperlama dan memperberat saluran pencernaan mengelolah makan tersebut.

Konsumsi Probiotik

Probiotik adalah sejenis bakteri yang baik untuk kesehatan saluran pencernaan kita. Karena bakteri ini dapat membantu proses penghancuran makanan di dalam saluran pencernaan . Tak hanya itu, keberadaan bakteri baik ini juga terbukti dapat menyembuhkan dan mencegah seseorang mengalami diare, penumpukan kolesterol dan kembung.

Baca Juga Yang satu ini ...
Memeriksakan fungsi ginjal

Hindari Stress

Stress memberikan pengaruh yang cukup besar pada kesehatan saluran pencernaan. Karena, ketika tubuh mengalami stress maka otak akan memberikan rangsangan atau menstimulasi lambung untk meningkatkan asam lambung. Peningkatan asal lambung ini akan mengganggu nafsu makan dan memberikan rasa mual hingga muntah.

banner smartdetox bawah baru

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *