Akibat Kebiasaan Minum Teh sesudah Makan

 

Kebiasaan lainnya yang perlu dihindari setelah makan adalah minum teh. Ini merupakan kebiasaan kebanyakan orang yang makan di berbagai warung makan. Padahal, itu kebiasaan yang buruk sehabis makan. Sebab, Akibat Kebiasaan Minum Teh sesudah Makan dapat mengencerkan getah lambung, yang berpengaruh terhadap proses pencernaan makanan.

Selain itu, daun teh banyak mengandung tannin (asam tanat). Jika minum teh seusai makan maka akan membuat protein yang belum sempat dicerna oleh lambung menyatu dengan asam tanat dan membentuk sedimen yang tidak mudah dicerna, sehingga mempengaruhi serapan protein.

akibat Kebiasaan Minum Teh sesudah Makan

akibat Kebiasaan Minum Teh sesudah Makan

Daun teh juga mengandung asam yang begitu tinggi. Zat ini akan membuat protein yang terkandung dalam makanan yang telah dilahap menjadi sulit dicerna. Teh juga dapat menghambat serapan zat besi pada tubuh sehingga lama-kelamaan akan menimbulkan gejala anemia.

Oleh karena itu, bagipara pecandu teh, disarankan untuk tidak meminumnya sehabis makan. Hambatan penyerapan zat besi akibat minum teh setelah makan bisa mencapai 80%. Padahal, zat besi sangat dibutuhkan dalam upaya pertumbuhan kualitas tubuh manusia. Maka, ia menganjurkan agar kebiasaan minum teh sesudah makan dihilangkan. Sebaiknya, minumlah teh pada 2 jam setelah dan sebelum makan. Persoalan zat besi masih menjadi masalah serius bagi masyarakat Indonesia. Buruknya zat besi dalam tubuh masyarakat Indonesia inilah yang menjadi salah satu penyebab indeks kualitas hidup mereka.

Zat besi dapat meningkatkan kualitas hidup manusia. Sebab, setiap pertumbuhan sel manusia membutuhkan keberadaan zat besi tersebut. Zat besi digunakan sebagai profilerasi dan diferensiasi sel, termasuk sel saraf, otot, tulang, dan organ lainnya.

Defisiensi besi, meskipun belum muncul sebagai anemia, juga akan mengganggu perkembangan fungsi kognitif.

Baca Juga Yang satu ini ...
Kisah Prof Dr Ir H Meneth Ginting sembuh dari gangguan funsi hati

Kekurangan zat besi biasanya terjadi pada anak-anak. Dan, salah satu ciri anak yang mengalami kekurangan zat besi ialah merasa cemas, depresi, dan gangguan perhatian, yang akhirnya akan mengganggu prestasi sekolahnya.

Maka dari itu, Akibat Kebiasaan Minum Teh sesudah Makan memang tampak sebagai hal yang biasa. Tetapi, setelah diketahui berefek negatif terhadap proses pencernaan, kesehatan tubuh, dan kualitas diri seseorang, maka hendaknya kebiasaan semacam ini dihindari. Alangkah lebih baik jika minum air putih setelah makan.

Sumber :Kesalahan-kesalahan pola makan

Oleh : Ainun hidayah

Baca artikel menarik lainnya : Puasa sebagai Metode Detoks

banner smartdetox bawah baru

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *