Akibat makan berlebihan dapat memicu terkena diabetes

 

Akibat makan berlebihan dapat memicu terkena diabetes. Hampir rata-rata ada tradisi “balas dendam” dalam soal makan di kalangan mereka yang dulunya hidup susah. Merasa dulu punya pengalaman waktu kecil susah makan, tidak pernah makan enak, setelah bisa mencari uang sendiri, seakan jadi rakus makan. Bukan hanya rakus, tapi seperti “balas dendam” untuk terus makan secara berlebihan. Makan ayam seekor, udang sekilo, atau makan ikan seekor besar sendiri.

Bersamaan dengan makan yang cenderung rakus dan berlebihan, gaya hidup keseharian juga ikut berubah. Waktu banyak tersita oleh padatnya pekeijaan dan sedikit tersisa alih-alih untuk khusus berolahraga, sekadar bergerak badan saja pun sudah semakin sempit. Maka kelompok orang karier begini tergolong menjadi makhluk yang kurang gerak.

Akibat makan berlebihan dapat memicu terkena diabetes

Akibat makan berlebihan dapat memicu terkena diabetes

Mereka umumnya makan serba enak dan banyak, ditambah faktor kurang gerak, dan dibumbui stres pekerjaan dan dalam menempuh hidup berkarier, maka lengkap sudah faktor risiko untuk memasuki penyakit-penyakit metabolik, termasuk diabetes.

Melihat kemungkinan teori lebih kecilnya ukuran kelenjar pancreas pada orang Asia yang waktu kecilnya hidup susah, maka faktor risiko terkena diabetes pada kelompok masyarakat ini dapat diredam dengan tidak rakus makan.

Peristiwa terkena diabetes yang bukan kodratnya, menjadi tragis karena ketika kecil sudah hidup susah, dan ingin menikmati hidup setelah hidup berkecukupan dengan menikmati makan enak, malah jadi berisiko mati prematur akibat penyakit-penyakit yang merongrongnya. Termasuk rongrongan diabetesnva.

Maka menjadi sangat bijak apabila memang tergolong berisiko bakal diabetes lantaran dulu dilahirkan oleh ibu yang hidupnya papa, sebaiknya tahu diri kalau sedang di meja makan setelah menjadi makmur, apalagi kalau berada di restoran. Kenikmatan yang dirasakan hanya sejengkal di lidah, rusaknya bisa sepanjang badan.

Baca Juga Yang satu ini ...
8 Cara Tepat Berhadapan dengan Musuh Anda ang efektif

Komplikasi diabetes bisa lari ke mana-mana. Hampir kebanyakan organ vital tubuh akan disergap jika diabetes tak terkendali untuk waktu lama. Kita tahu apa pun bentuk pengendalian diabetes membuat hidup menjadi tidak lagi nyaman sentosa. Makan serba ditakar, banyak pan-tangannya, dan dibatasi pula ruang gerak untuk menikmati yang orang sehat masih leluasa berkesempatan merasakannya. Belum lagi harus membayar ongkos obat dan biaya perawatan.

Maka kalau untuk terkena diabetes ternyata masih memungkinkan untuk dicegah, mengapa membiarkan tubuh harus memikul penderitaan sepanjang hayat itu. Caranya dengan sengaja memilih pola dan gaya hidup yang lebih wajar.

Tetaplah membiasakan makan dengan kepala dan bukan dengan hati. Dan senantiasa terus mengingat kembali, bahwa kesehatan itu ada di dapur, bukan di restoran, kendati untuk itu kita mampu membayarnya. Percayalah, bahwa “sehat itu murah”, kalau tahu caranya.

Sumber : Cara sehat

Oleh : Dr. Handrawan Nadesul

Baca artikel menarik lainnya : Faktor resiko terkena kencing manis

banner smartdetox bawah baru

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *