Akibat Mandi setelah Makan

 

Mandi itu memang bagus untuk membersihkan badan. Tetapi, jika dilakukan sehabis makan, ini justru tidak sehat dan tidak bagus. Sebab, Akibat mandi setelah makan menyebabkan volume aliran darah pada permukaan tubuh meningkat, dan volume aliran darah pada saluran usus dan lambung pun akan berkurang. Sehingga, hal ini membuat fungsi pencemaan memburuk.

Akibat Mandi setelah Makan

Akibat Mandi setelah Makan

Mandi setelah makan akan menyebabkan peningkatan aliran darah ke tangan, kaki, dan tubuh. Dengan demikian, jumlah darah di sekitar perut akan berkurang. Hal ini akan melemahkan sistem pencernaan dalam perut.

Harus diketahui bahwa ketika makan, sebagian besar aliran darah di dalam tubuh dikonsentrasikan ke organ digestive (saluran cerna). Maka, bisa diperiksa sendiri, ternyata sehabis makan, bagian perut biasanya lebih hangat daripada bagian tubuh lainnya. Dalam kondisi semacam ini, ketika mandi setelah makan, terutama jika mandi dengan air dingin, akan terjadi pendinginan secara mendadak pada seluruh organ tubuh lewat kulit. Selain itu, aliran darah yang semula dikonsentrasikan ke saluran cerna akan beralih ke seluruh tubuh. Bila kondisi tersebut terjadi secara tiba-tiba maka akan terjadi kekejangan otot yang menyebabkan kram, terutama di bagian perut.

Sumber :Kesalahan-kesalahan pola makan

Oleh : Ainun hidayah

Baca artikel menarik lainnya : Makanan yang dipengaruhi oleh mood