Alergi terhadap Makanan Cokelat

 

Alergi terhadap Makanan Cokelat ,Cokelat menjadi makanan favorit, terutama bagi anak-anak dan wanita. Tetapi, tidak semua orang bisa menikmati makanan manis tersebut karena ada beberapa orang yang merasakan sakit perut tiap kali makan cokelat. Sakit perut ini dapat berhubungan dengan berbagai gangguan, seperti sindrom iritasi usus, alergi makanan, atau intoleransi laktosa. Gejala lainnya ialah gatal-gatal, sakit kepala ringan, dan hidung tersumbat.

Alergi terhadap Makanan Cokelat

Alergi terhadap Makanan Cokelat

Sakit perut setelah makan cokelat juga dapat menjadi akibat dari alergi makanan. Produk cokelat bisa mengandung bahan-bahan yang membuat alergi, seperti susu, kedelai, dan gandum. Jika seseorang alergi terhadap satu bahan dalam cokelat, ia akan mengembangkan gejala lainnya dalam beberapa menit. Gejala alergi makanan itu mempengaruhi berbagai bagian tubuh, bukan hanya sistem pencernaan. Adapun gejala umum (selain sakit perut) dalam hal ini antara lain ruam kulit, wajah bengkak, sesak napas, batuk, kongesti sinus, bersin, dan mata berair.

Sindrom iritasi usus adalah gangguan pencernaan kronis yang mempengaruhi usus besar. Sindrom tersebut menyebabkan reaksi yang tidak menentu di usus, seperti diare yang tidak bisa ditahan. Penyebab pasti kondisi ini tidak diketahui, tetapi makanan tertentu, seperti cokelat, dapat memicu gejalanya. Jika menderita gangguan itu, tak lama setelah makan cokelat, seseorang mungkin mengalami kembung, kentut, nyeri perut, kram, diare, sembelit, atau mual.

Sementara itu, intoleransi laktosa menyebabkan sakit perut dalam waktu 30 menit hingga 2 jam setelah makan cokelat. Sebab, usus kecil gagal menciptakan laktosa dalam jumlah yang cukup, yakni enzim yang dibutuhkan untuk mencerna laktosa. Adapun jumlah bakteri yang berlebihan dapat menyebabkan kembung, kram, dan nyeri perut yang menyebabkan diare.

Baca Juga Yang satu ini ...
Fungsi ginjal manusia

Sumber :Kesalahan-kesalahan pola makan

Oleh : Ainun hidayah

Baca artikel menarik lainnya : Mengonsumsi Makanan yang Beragam

banner smartdetox bawah baru

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *