Apa yang terjadi bila kerusakan atau gangguan fungsi pankreas menghasilkan insulin?

 

  • Bila metabolisme berjalan dengan baik, tak akan ada kelebihan glukosa dalam darah. Tapi metabolism ini bisa kacau gara-gara pancreas yang “mogok” bekerja, Sehingga tidak tersedia hormone insulin yang cukup untuk mengubah glukosa menjadi energy.
  • Kekurangan insulin dalam tubuh mengakibatkan glukosa menjadi tetap berada dalam darah
  • Bila darah kewalahan menampungnya, glukosa ini akhirnya masuk kedalam urine yang dibuang.
  • Itu sebabnya, ketika kadar gula dalam darah dan urine penderita diukur, hasilnya di atas normal.

Kenali gejala diabetes lebih dini

Mereka yang beresiko terkena diabetes adalah yang mengalami obesitas dengan aktivitas fisik yang rendah disamping faktor gaya gaya hidup dan keturunan. Jika terlambat diketahui dan ditangani, penyakit ini dapat menyebabkan kematian dan kecacatan fisik karena efek komplikasinya.

Gejala diabetes 1 sering buang air kecil, rasa haus, berat badan menurun, dan lelah. Sedangkan diabetes tipe 2 ditandai dengan penglihatan kabur, sering infeksi, mati rasa, dan penyembuhan luka yang lambat.

Poliuri atau sering buang air kecil pada malam hari karena kadar gula melebihi nilai ambang ginjal, yaitu lebih dari 180 miligram/perdesiliter (mg/dl), merupakan gejala diabetes 1. Untuk menghindari urine yang terlalu pekat, tubuh menarik semua cairan ke urine sehingga kencing menjadi semakin sering.

Apa yang terjadi bila kerusakan atau gangguan fungsi pancreas menghasilkan insulin

Apa yang terjadi bila kerusakan atau gangguan fungsi pancreas menghasilkan insulin

Urine yang keluar untuk mencegah kepekatan membuat tubuh kehilangan banyak cairan. Akibatnya penderita menjadi sering haus dan ingin minum terus-menerus.

Gejala selanjutnya yang dialami penderita diaberas adalah nafsu makan yang tinggi. Sayangnya, hal itu tidak diikuti dengan peningkatan energy, sebab energy yang masuk ke sel tubuh tidak banyak larena terhambat kekurangan insulin.

Baca Juga Yang satu ini ...
Jual klorofil smart detox bandung weta

Perhatikan tanda-tanda bahaya gula darah rendah

Kadar gula darah rendah, istilah mediknya hypoglycemia umum terjadi pada orang-orang dengan diabetes. Bisa terjadi bahkan ketika anda berusaha keras mengelola kadar gula darah anda . Menurut American diabetes association, kita memang tidak selalu bisa mencegah hypoglycemia, tapi bisa mengatasinya jika tahu tanda-tanda bahaya. Terdiri atas :

–          Berkeringat atau menjadi pucat

–          Merasa pusing atau gemetar

–          Mengembangkan sakit kepala

–          Merasa lapar

–          Moody atau prilaku cepat berubah

–          Kejang

–          Binggung atai punya masalah dalam memberikan perhatian

–          Rasa tertusuk disekitar mulut

Diabetes mellitus adalah penyakit yang tidak berbahaya jika dapat dikendalikan ddengan baik. Pengobatan se dini mungkin dapat menghindarkan penderitanya dari berbagai macam komplikasi diabetes mellitus. “ Secara medis, kualitas hidup diabetes (penderita diabetes) ditentukan oleh kualitas pembuluh darahnya”, demikian yang ditulis oleh Prof. Dr.Askandar Tjokroprawiro,SpPd-Kemd dalam bukunya Hidup Sehat dan Bahagia BersamaDiabetes Melitus.

Penyumbatan pembuluh darah dapat menyebabkan stroke yang dapat disertai dengan peli atau bisu, sedangkan penyumbatan pada jantung dapat menyebabkan mati mendadak, dan jika terjadi pada tungkai dapat menyebabkan gangrene diabetic (luka diabetic yang membusuk),Yang biasanya berujung pada amputasi

Sumber : Agar pankreas sehat oleh Pangkalan ide

Baca artikel menarik lainnya : Lakukan latihan beban dan aerobik

banner smartdetox bawah baru

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *