ASI Lancar, Bayi Sehat, Ibu pun Bahagia

Manfaat ASI Bagi Ibu Dan Bayi

ASI atau Air Susu Ibu merupakan makana utama bayi hingga usia 6 bulan. ASI sangat penting untuk pertumbuhan bayi. Di dalamnya terkandung nutrisi-nutrisi terbaik dan lengkap yang tidak dimiliki oleh susu formula. Beberapa diantaranya adalah zat Immunoglobulin A (IgA) yang melindungi bayi dari serangan infeksi. IgA melapisi saluran cerna agar kuman tidak dapat masuk ke dalam aliran darah dan akan melindungi bayi hingga sistem kekebalan tubuhnya berfungsi dengan baik. Ganfliosida (GA) yang berperan dalam pembentukan memori dan fungsi otak besar serta sebagai alat konektivitas sel otak bayi. Protein dan lemak yang diperlukan untuk perkembangan jaringan sel, otak, retina dan susunan saraf.

Oleh karena itu, usahakan bayi usia 0-6 bulan mendapatkan ASI eksklusif untuk tumbuh kembangnya. Memang tidak mudah memberi ASI, ada saja hambatan yang bisa membuat ASI keluarnya tidak lancar.Tapi ada banyak cara agar ASI tetap lancar keluar secara alami, mlsalnya:

Konsumsi Asupan Bernutrisi

Makanlah makanan dengan gizi lengkap dan seimbang. Sayur-sayuran hijau, buah-buahan dan asupan bernutrisi lainnya. Pada dasarnya tidak ada pantangan makanan untuk ibu menyusui, namun ibu tetap harus memilah-milah asupan terbaik agar ASI lancar.

Tingkatkan Frekuensi Menyusui dan Memerah ASI

Hal ini bertujuan untuk menciptakan produksi ASI yang banyak. Karena bayi yang jarang disusui oleh ibunya, akan mengurangi produksi ASI. Jika si ibu bekerja, usahakan untuk mulai memerah ASI secepat mungkin untuk menyimpan ASI. Agar selama ditinggal bekerja, si bayi tetap bisa meminum ASI. Karena memerah ASI juga bisa menambah produksi ASI.

Hindari Stress

Meski Anda makari makanan bergizi, rutin menyusui dan memerah ASI, namun semuanya itu tidak berarti jika Anda stress, sedih atau lelah. Sebisa mungkin menjaga pikiran dan perasaan agar selalu merasa bahagia, tenang dan tanpa beban. Gangguan psikis seperti itu dapat membuat produksi ASI berkurang bahkan tidak keluar sama sekali. Bila Anda mengalami hal ini, segera tingdalkan sejenak rutinitas untuk melakukan hal-hal yang menyenangkan diri seperti ke salon, belanja atau sekedar bertemu sahabat. Anda pun akan kembali dengan perasaan bahagia.

Selain cara-cara di atas, lancarnya ASI juga dapat dibantu dengan suplemen pelancar ASI. Tak ada salahnya para ibu menyusui mengkonsumsi suplemen pelancar ASI yang membantu memperlancar keluarnya ASI dan membuat ibu tetap bugar selama menyusui.

Anda dapat mencoba Asifit, kaplet yang mengandung ekstrak daun katuk dan Vitamin B komplek. Asifit sangat berguna untuk memacu produksi serta memperlancar keluarnya ASI. Disamping itu juga memberikan kesegaran yang optimal kepada ibu pada periode menyusui.

Daun katuk yang digunakan Asifit adalah daun katuk pilihan yang sudah melewati uji pre-klinis dan klinis sehingga jaminan terhadap khasiat obat semakin besar.

Asifit sudah dapat dikonsumsi mulai bulan ketujuh kehamilan. Hal ini dikarenakan Asifit mengandung kimia sterol yang bersifat estrogenik sehingga memberikan efek hormonal, sinergis dengan keadaan tubuh wanita hamil yang pada bulan ketujuh kehamilan mengalami fase Laktogenesis 1 (produksi ASI).

Lakukanlah hal terbaik untuk bayi Anda agar mendapat kecukupan ASI sesuai rekomendasi WHO. Bayi sehat berkat ASI tentu akan membuat ibu bahagia!

KESIMPULAN

ASI atau Air Susu Ibu merupakan makana utama bayi hingga usia 6 bulan.

ASI Lancar, Bayi Sehat, Ibu pun Bahagia

ASI Lancar, Bayi Sehat, Ibu pun Bahagia

 

Sumber : AURA TABLOID
Artikel Lainnya : MEMAR

 

banner smartdetox bawah baru

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *