Awal Mula Terjadinya Stroke

 

Stroke itu sebuah proses, bukan sekali jadi. Prosesnya mungkin sudah dimulai beberapa tahun, bisa jadi puluhan tahun sebelum strokenya sendiri muncul. Tergantung di pembuluh otak mana, seberapa besar sumbatan pada pembuluh otak sudah terbentuk, dan apakah area otak yang terkena tergolong vital ataukah bukan, tidak semua proses stroke memunculkan gejalanva.

Itu maka, kendati tidak ada gejala atau keluhan yang muncul dalam suatu perjalanan stroke pada diri seseorang, bukan berarti pasti tidak sedang terjadi proses stroke. Bisa jadi sudah menempuh sebagian dari proses bakal strokenya. Kondisi ini bagi mereka yang berisiko kena stroke yang sebetulnya menyimpan makna preventif.

Awal Mula Terjadinya Stroke

Awal Mula Terjadinya Stroke

Kalau saja proses perjalanan menuju stroke ini bisa dihentikan, stroke tidak harus muncul, atau batal muncul. Namun, orang yang tengah menempuh proses menuju stroke di dalam tubuhnya, umumnya tidak menyadari kalau otaknya sedang terancam stroke. Orang baru tahu proses stroke tengah berlangsung di otaknya kalau melakukan pemeriksaan CT-Scon.

Selain dapat mengetahui ada apa-apa di otak, dengan CT-Scan bisa pula terungkap jika ada proses silent stroke, misalnya, jenis stroke yang berproses pada area otak yang tidak vital, sehingga gejalanya tidak bermanifestasi.

Proses stroke di area yang bukan vital tidak boleh diabaikan. Mengapa? Oleh karena proses strokenya bisa merembet memasuki area otak vital, sehingga suatu saat akan muncul menjadi serangan stroke juga.

Adapun gejala awal stroke yang mungkin muncul, bisa dalam bentuk TLA (transient ischaemic attack) yang sering disebut stroke ringan, suatu proses menuju stroke yang baru memunculkan gejala sebagian, dan biasanya akan pulih sendiri dalam satu-dua hari. Namun jika proses TIA dibiarkan tanpa koreksi, suatu waktu akan muncul menjadi stroke sungguhan yang lebih berat, dan umumnya sudah kasip untuk dipulihkan.

Baca Juga Yang satu ini ...
Cara Menyembuhkan Sariawan Dengan Cepat alami

Awal Stroke juga dicurigai jika tiba-tiba muncul keluhan pusing tujuh keliling (vertigo), susah tidur, nyeri kepala, dan gangguan ketangkasan seperti tidak tangkas lagi memakai sandal jepit, menyisir rambut, tulisan dan tandatangan semakin jelek, atau tak tangkas menyuap sendok nasi.

Ragam gejala awal stroke di atas harus menjadi kewaspadaan, khususnya bagi mereka yang berisiko kena stroke, seperti para pengidap darah tinggi, kencing manis, lemak dalam darah yang tinggi, atau mereka yang mengidap penyakit jantung, dan gabungan dari penyakit-penyakit tersebut.

Sumber : Cara sehat

Oleh : Dr. Handrawan Nadesul

Baca artikel menaril lainnya : Olahraga Dengan Pengukuran dan Pencatatan Tubuh

banner smartdetox bawah baru

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *