Bagaimana Cara Merawat Rambut dan kulit rambut agar tak rontok

1. Cuci rambut sedikitnya 2 hari sekali.

Gunakan sampo untuk membersihkan rambut sekaligus kulit kepala. Jangan menggunakan pembersih berbahan sulfatan anion, karena bisa membuat rambut tambah rapuh. Jika Mama tinggal di daerah yang bercuaca panas, sebaiknya rutinitas mencuci rambut dilakukan lebih sering, sedikitnya 2 hari sekali agartidak banyak kotoran yang menumpuk di kulit kepala. Kotoran yang menumpuk bila dibiarkan dapat menimbulkan bau tak sedap, selain juga menghasilkan ketombe yang dapat menyebabkan kerontokan.

2. Gunakan sisir yang lembut, karena rambut sedang rapuh. Ujung sisir yang kasar dapat melukai batang rambut dan kulit kepala. Sisir dengan tangan agar rambut tampak mekar.

3. Mengonsumsi makanan bergizi seimbang.

Pertumbuhan rambut yang sehat memerlukan asupan gizi seimbang. Salah satunya, vitamin dan mineral. Beberapa vitamin dan mineral yang dipercaya mencegah kerontokan, antara lain: vitamin A, B, C, tembaga, zat besi, dan zink.

4. Perhatikan kebersihan lingkungan demi membantu menjaga kesehatan kulit kepala dan rambut. Lingkungan yang sehat membuat kulit kepala tidak mudah kotor meskipun berkeringat.

Perawatan Kulit Kepala

Bukan hanya rambut, kulit kepala juga perlu diperhatikan perawatannya. Kulit kepala yang sehat dapat menunjang pertumbuhan rambut yang sehat. Perawatan kulit kepala bertujuan membersihkan sisa kulit mati yang menempel pada kulit kepala, menghilangkan rasa gatal, meningkatkan aliran darah, serta membantu pertumbuhan rambut dan membuat rambuat kuat dan sehat.

Perawatan kulit kepala bisa dilakukan sendiri di rumah tanpa harus membuang waktu dan uang pergi ke salon. Hany memang, perawatan yang dilakukan di rumah memerlukan perlengkapan, seperti: pelembap rambut, sikat atau sisir bulu (baik bulu alami maupun sintetis), kuas rambut, jepit rambut, penutup kepala dari bahan plastik (showercap), dan handuk. Semua perlengakapan tersebut bisa dibeli di toko-toko perlengkapan kosmetik.

Baca Juga Yang satu ini ...
Fakta tentang Hati manusia

Berikut ini langkah langkah perawatan kulit kepala:

1. Bagi rambut menjadi empat. Usahakan bagian-bagian rambut tersebut tidak lebih panjang atau lebih lebar dari sikat rambut.

2. Bersihkan kulit kepala dengan menggunakan sikat bulu sebanyak 3 kali. Pastikan semua bagian kulit kepala dibersihkan.

3. Olesi kulit kepala dengan pelembap rambut menggunakan kuas rambut. Pastikan juga bagian ini menyeluruh untuk semua bagian kulit kepala. Ulangi 2 atau 3 kali agar semua bagian kulit kepala mendapat pelembap yang diperlukan.

4. Setelah semua bagian kulit kepala diolesi pelembap, bungkus dengan shower cap.

5. Berikutnya, tutup seluruh kepala dengan handuk yang telah dihangatkan dengan uap air panas atau udara panas hairdryer.

6. Diamkan kepala yang tertutup handuk hangat tadi selama kurang lebih 15 menit, setelah itu bilas dengan air bersih. Gunakan sampo yang sesuai dengan jenis rambut Mama, setelah dibilas hingga bersih, lanjutkan dengan pemberian kondisioner, lalu bilas lagi hingga bersih.

sumber : nakita Juli 2013
artikel menarik lainnya : detox dengan metode gurah
banner smartdetox bawah baru

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *