Bahaya, Jangan Abaikan Stress

 

Jangan Abaikan stress, Bahwa orang yang sedang stres mengalami perubahan mekanisme biologi di dalam tubuhnva. Ada kaitan antara badan dengan jiwa. Jatuh stres menipakan manifestasi penderitaan jiwa yang dihibahkan ke dalam tubuh, sehingga muncul serumpun penyakit fisik.

Pasien stres merasa badannya tidak sehat, kendati semua hasil pemeriksaan fisik dalam batas normal. Dokter tidak menemukan kelainan laboratorium, foto rontgen, USG, bahkan CT-Scan, atau adanya abnormalitas lain. Namun kalau suatu saat terjadi serangan jantung, hampir pasti penyebabnya di luar faktor fisik, yakni stres.

Maka jangan abaikan stres. Kendati pipa pembuluh jantung koroner, misalnya, belum tersumbat, dan fungsi jantung masih dalam batas normal, namun bila malstress merundung jiwa, bisa fatal akibatnya. Seorang atlet nasional kita pasti tak kurang kesehatan fisiknya. Namun kalau ternyata terserang jantung koroner juga, barang pasti stres penyebabnya.

Jangan Abaikan Stress

Jangan Abaikan Stress

Dalam keadaan stres terjadi sejumlah perubahan biologis di dalam tubuh. Bukan saja kondisi pipa pembuluh darah tubuh, termasuk koroner jantung, yang mengalami sejumlah perubahan. Lapisan dalam pembuluh darah berubah fungsinya, sehingga memperburuk risiko serangan jantung juga.

Sistem saraf dan hormonal tubuh, khususnya adrenalin terpompakan terus, bikin tubuh tegang siap siaga terus, dan jantung lebih terpacu, tekanan darah terangkat terus. Lain dari itu sel pembeku darah , salah satu faktor penyumbat pembuluh darah juga berubah sifat.

Platelet yang saling menggumpal selain mengentalkan darah memudahkan terbentuknya sumbatan. Disebut pula terbentuknya reaksi peradangan, sehingga komplet sudah segala faktor yang memperburuk kondisi pipa pembuluh darah. Saraf otonom yang bekeja di luar kehendak lebih aktif dari normal bila stres merundung kita.

Cetusan serangan jantung terjadi dadakan sebagai puncak dari stres yang berkepanjangan. Dalam kondisi stres, pipa pembuluh darah bisa mengalami penguncupan atau spasm. Kendati tidak terbentuk sumbatan, bila pembuluh darah mendadak menguncup, akibatnya akan sama. Pasokan darah ke jantung terhalang.

Baca Juga Yang satu ini ...
Menjadi Sehat Dengan Pola Makan Vegetarian

Bahwa sehat fisik saja tidak cukup kalau nyatanya stresnya besar dan berkepanjangan atau nuilstress. Maka diperlukan upaya mengendurkan stres di sepanjang hidup. Menyetel hidup lebih kendur, tidak tergesa-gesa, tidak dikejar waktu, tidak ngoyo, selalu ingat tetap seimbang dunia akhirat, dan sadar untuk mulai “menepi” setelah umur kepala lima.

Studi lain mengungkapkan, salah satunya studi Boeing, bahwa pensiun dini bisa mengulur umur lebih panjang. Mereka yang pensiun umur 55 tahun, harapan hidupnya bisa mencapai 80-an. Sedang mereka yang baru pensiun umur 65 tahun, rata-rata harapan hidupnya tinggal 2 tahun saja lagi. Penyebabnya tiada lain, karena stres dalam pekeijaan.

Bahwa pensiun bukan berarti berhenti dari segala aktivitas. Pensiun yang sehat justru harus tetap beraktifitas jiwa raga. Satu yang mesti dipertimbangkan. Aktifitas apa pun yang dipilih tak cukup mempertimbangkan kapasitas diri belaka, terlebih apakah aktivitas itu masih menyenangkan hati. Faktor senang melakukan sama pentingnya dengan kapasitas. Ada passion di situ, itulah yang selain menyehatkan, memberi juga peluang panjang umur.

Sumber : Cara sehat

Oleh : Dr. Handrawan Nadesul

Baca artikel menaril lainnya : Tips dan Trik Untuk Memaksimalkan Latihan Fitnes Anda

banner smartdetox bawah baru

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *