Baikkah mengkonsumsi buah setelah makan?

Baiknya Mengkonsumsi Buah Setelah Makan

Kebiasaan yang ada di masyarakat kita, buah segar sering disajikan sebagai hidangan pencuci mulut setelah makan. Buah-buahan tersebut diperuntukkan untuk dikonsumsi sehabis makan besar atau makan utama. Tapi tahukah Anda, mengkonsumsi buah-buahan tepat setelah makan besar ternyata tidak baik bagi sistem pencernaan.

Berdasarkan kandungannya, buah mengandung gula sederhana yang mudah dicerna di lambung, yaitu hanya sekitar 20 – 30 menit saja. Berbeda dengan nasi atau bahan makanan protein dan lemak yang membutuhkan waktu cu-kup lama dicerna lambung, yaitu lebih dari 2 jam.

Nah, apabila Anda mengkonsumsi buah bersamaan atau tepat setelah makan besar maka zat gula sederhana dalam buah juga ikut menetap lama di lambung (pencernaan) me-nyesuaikan dengan proses cerna bahan yang lain. Akibatnya, akan terjadi fermentasi di dalam perut sebelum dicerna.

Selain itu, sejumlah buah secara alami mengandung asam sitrat. Asam sitrat ini dapat menyebabkan reaksi jika bercampur dengan zat asam dan campuran kompleks dalam makanan lain. Reaksi burukyang muncul karena hal ini adalah gangguan perut atau timbul semacam alergi.

Karena alasan itulah buah tidak baik dikonsumsi setelah makan besar. Jika ingin mengkonsumsi buah-buahan, maka makanlah buah-buahan 15-30 menit sebelum atau sesudah makan besar. Hal ini juga bermanfaat menghindari peningkatan gula darah yang dapat menyebabkan diabetes.

KESIMPULAN

Baikkah mengkonsumsi buah setelah makan? Boleh-boleh saja, asal ada jeda waktunya

Baikkah mengkonsumsi buah setelah makan

Baikkah mengkonsumsi buah setelah makan

Sumber : CARA CEPAT & SEHAT TURUNKAN BERAT BADAN
Artikel Lainnya : DEHIDRASI

banner smartdetox bawah baru

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *