Basmi Jerawat Dengan Rajin Mandi

 

 

Beberapa orang yang mengalami masalah dengan jerawat di badan seringkali salah kaprah dengan masalah ini. Kecenderungan orang menganggapnya sebagai biang keringat. Padahal, jerawat dan biang keringat memiliki bentuk yang tidak sama. Pada kasus tertentu, jerawat di badan yang besar bahkan bisa menyerupai kista.

Ada beberapa hal yang menjadi penyebab timbulnya jerawat di badan. Penyebab ini antara lain bisa akibat kain pakaian yang dikenakan. Beberapa jenis baju yang tidak mudah menyerap keringat membuat keringat menumpuk di pori-pori kulit dan menyumbat proses respirasi kulit. Apalagi jika kondisi cuaca sedang terik dan panas.

Basmi Jerawat Dengan Rajin Mandi

Basmi Jerawat Dengan Rajin Mandi

Sumbatan pada kulit itulah yang kemudian menimbulkan jerawat. Pada prosesnya, keringat yang menumpuk di permukaan kulit badan akan menyatu dengan bakteri. Bakteri ini lantas menyebabkan gerombolan jerawat di badan, terutama di daerah punggung yang sering terekspos sinar matahari.

Yang juga perlu diketahui, sumbatan pada kulit dan badan tidak bisa disamakan. Kulit wajah memang rentan dengan debu, berkebalikan dengan kulit tubuh yang tertutup pakaian. Karena itu, wajah tidak pernah mengalami kekurangan oksiden. Sedangkan kulit badan, meskipun tidak mudah terkena debu, lebih sering ‘terkurung’ di tempat yang lembab dan penuh bakteri. Hal inipula yang kemudian sedikit membedakan penanganan jerawat di wajah dan di badan.

Jerawat itu sendiri menunjuk pada suatu keadaan di mana pori-pori kulit tersumbat sehingga menimbulkan kantung nanah yang meradang. Jerawat adalah penyakit kulit yang cukup besar jumlah penderitanya. Kligmann, seorang peneliti masalah jerawat ternama di dunia berpendapat.’Tak ada satu orang pun di dunia yang melewati masa hidupnya tanpa sebuah jerawat di kulitnya.”

Baca Juga Yang satu ini ...
Rahasia Dan Tips Langsing Prisia Nasution Sang Penari

Selain faktor eksternal akibat pengaruh lingkungan, jerawat juga bisa muncul akibat perubahan hormonal yang merangsang kelenjar minyak di kulit. Perubahan hormonal lainnya yang dapat menjadi pemicu timbulnya jerawat adalah masa menstruasi, kehamilan, pemakaian pil KB, dan stres.

Lantas, bagaimana mengatasi jerawat di badan? Dengan melihat penyebab utama munculnya jerawat, maka cara paling ampuh mengatasi jerawat di badan adalah dengan mengenakan jenis kain atau pakaian yang mudah menyerap keringat. Pilihlah bahan pakaian bergenia katun yang mudah menyerap keringat. Kaos dalam berbahan seperti ini bisa menjadi pilihan. Selain itu, gantilah pakaian setelah melakukan aktivitas fisik berat atau yang menguras keringat. Namun, sebelumnya biarkan kulit badan mendapatkan udara segar sebelum mengenakan pakaian yang baru agar kulit mendapat kesempatan untuk bernapas.

Hindari pula menggunakan baju berlapis atau ketat, terutama bagi mereka yang tinggal di daerah panas dan penuh polusi. Baju yang berlapis-lapis membuat proses pernapasan kulit menjadi lebih berat. Apalagi jika ditambah dengan pakaian ketat.

Yang terpenting dari semua itu, mandilah secara teratur dua kali dalam sehari. Perbanyak kuantitas ini jika lebih banyak melakukan aktivitas fisik yang berat atau sering terekspos sinar matahari. Mandi lebih dari sekadar aktivitas membersihkan tubuh dari debu, juga menciptakan efek menyenangkan alias rileksasi.

Mengutip Allwomanstalk. raandi ternyata memberikan banyak keuntungan. Mandi membantu menghilangkan racun yang mengendap dalam tubuh. Mandi air hangat dalam kisaran suhu sekitar 30 derajat Celsius membantu mengeluarkan racun dari dalam tubuh melalui pori-pori. Mandi juga membantu meningkatkan aliran darah yang berkaitan dengan sel darah yang ternutrisi dan perbaikan jaringan yang rusak. Dengan aliran darah meningkat, maka pertumbuhan sel pun akan lebih baik sekaligus memperbaiki fungsi organ. Dan percaya atau tidak, mandi dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Ini karena mandi dapat merangsang kelenjar getah bening. Pada gilirannya akan membantu menurunkan risiko flu dan rnfeksi bakteri yang menghancurkan sistem kekebalan tubuh.

Baca Juga Yang satu ini ...
Cara pencegahan Gejala penyakit yang disebabkan oleh bakteri

Pada dasarnya mandi bermanfaat untuk memelihara kesehatan serta mempertahankan penampilan agar tampak selalu rapi. Selain bersih, mandi juga dapat melembutkan dan melembapkan kulit. Mandi juga berfungsi mengangkat sel-sel kulit yang mati agar proses regenerasi kulit menjadi lebih maksimal.

Sumber : C&R

Baca artikel menarik lainnya : Tips mudah Menurunkan Berat Badan

banner smartdetox bawah baru

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *