BAU MULUT

Seberapa Penting Segeran Bau Mulut Untuk Anda … ? Berikut Asal usul Bau Mulut ….

Bau mulut atau dikenal sebagai halitosis, adalah bau tidak sedap yang secara periodik atau terus-menerus dihembuskan dari mulut Bau mulut merupakan masalah umum.

Penyebab

► Higiene mulut yang jelek. Bau mulut dapat disebabkan oleh berbagai kemungkinan, tetapi yang paling umum adalah karena higiene mulut yang buruk. Tan pa menyikat gigi atau membersihkan gigi dengan benang-gigi yang baik dan benar, maka partikel dan plak akan menumpck pada gigi. gusi. lidah, gigi palsu dan peralatan ortodontik lainnya. Bakteri pun mulai tumbuh dan menghasilkan bau mulut yang busuk. Pendarahan gusi juga dapat menyebabkan bau mulut. terutama jika gusi bertianah.

► Merokok. Merokok merupakan penyebab bau mu’jt lainnya. Residu tar dan nikotin akan melapisi gigi. lidah dan bagian dalam mulut dan paru-paru. sehingga membuat napas Anda berbau.

► Kondisi kesehatan Radang amendel tonsillitis, radang paru-paru. luka pada mulut (sariawan), infeksi sinus dan bahkan flu juga dapat rtenyebdbkan bau mulut. juga gangguan pada saluran cerna (misalnya. Heartburn/rasa terbakar pada dada karena gangguan asam lambung) dan beberapa obat tertentu.

► Diet. Minum alkohol dan makan makanan yang berbau tajam seperti bawang putih, bawang nerah, kubis dan makanan panas dan pedas dapat nenyebabkan bau mulut selama satu atau dua hari setelah mengonsumsinya. Juga makanan yang kaya akan susu dan lemak mentega. Keiaparan juga dapat menyebabkan bau mulut.

► Mulut kering akibat air liur berkuranq. Hal ini mungkin terjadi apabila tidur dengan mulut terbuka (saat bangun tidJr pagi hari). berbicara dalam waktu yang lama, bernapas melalui mulut dan karena obat atau kondisi medis. Mengunyah menyebabkan air kidah mengali’, dan dapat mengurangi bau mulut.

 

Apa yang dapat Anda lakukan

Umumnya bau mulut dapat dicegah dengan perawatan mandiri, kecuali bila memang ada gangguan kesehatan yang mendasarinya.

► Cara terbaik untuk memperbaiki masalah bau mulut adalah meningkatkan kebersihan mulut. Idealnya, gosok gigi dilakukan setelah setiap makah Han bersihkan gigi dengan benang-gigi setiap hori, Kunjungi dokter gigi untuk pemeriksaan rutin dqn pembersihan gigi minimal dua kali setahun.

► Jika Anda berdarah saat Anda membersihkan dengan benang atau sikat, Anda mungkin memiliki penyakit radang gusi (gingivitis). Jika kondisi tidak membaik setelah 3 minggu dilakukan perawatan dart kebersihan mulut, hendaknya Anda berhati-hati, dan konsulasikan pada dokter gigi Anda.

► Sikat bagian atas lidah dengan sikat gigi yang lembut. Lidah, terutama lidah bagian belakang yang berhubungan dengan tenggorokan, dapat mengandung bakteri penyebab bau mulut.

Studi membuktikan bahwa orang yang menyikat permukaan atas dan belakang lidah mereka – tidak hanya gigi mereka – memiliki napas yang lebih baik daripada orang yang hanya menyikat gigi mereka.

► Bersihkan gigi palsu dan peralatan ortodontik lainnya yang dapat dilepas setiap malainn sesuai petunjuk dokter gigi.

► Jika Anda merokok, hentikanlah. Untuk menghilangkan bau tembakau sepenuhnya keluar dari sistem organ tubuh, dibutuhkan waktu 2 minggu setelah berhenti merokok.

► Minumlah banyak cairan untuk menghindari mulut kering.

► Gunakan cairan pengganti air liur jika Anda memiliki mulut kering yang disebabkan oleh kondisi kesehatan atau obat-obatan tertentu.

► Perhatikan apa yang Anda makan. Apel, jeruk, selada dan sayuran mentah dapat membersihkan gigi. Peterseli adalah penyegar napas alami. Obat kumur, permen napas dan semprotan dapat menutupi bau mulut untuk sementara, tetapi mereka tidak menghilangkan sumber masalah yang sebenarnya.

► Hindari permen napas yang manis, karena memperburuk bau mulut. (gula dapat memicu perkembangan bakteri dan menyebabkan gigi berlubang).

► Jangan melewatkan waktu makan. Mengunyah akan merangsang aliran air liur dan pembersihan mulut oleh air liur sehingga mengurangi bau mulut.

APA YANG DAPAT DOKTER GIGI LAKUKAN

  1. Memeriksa kesehatab mulut Anda, untuk menditeksi adanya kerusakan gigi, penyakit gusi dan masalah mulut lainnya serta mengobatinya.
  2. Jika perlu, merujukan ke Dokter

Batuk

 

Sumber                : HEALTH GUIDE MAGAZINE
Artikel Lainnya : Smart Detox Rekomendasi Dokter

 

 

 

 

 

banner smartdetox bawah baru

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *