Beberapa buah yang disarankan dalam detoks dengan metode jus

 

Berbagai zat yang terkandung dilam buah segar ini dapat membantu mengikat racun dan membuangnya dari dalam tubuh. Seperti Vitamin, mineral, serat, asam amino, dan enzim yang terkandung dalam buah segar berperan sangat penting dalam segala macam program detoks.

Berikut beberapa buah yarg disarankan dalam detoks dengan metode jus.

1. Alpukat (Avokad)

Buah ini merupakan satu-satunya buah yang kaya lemak. Kadarnya lebih dari dua kali kandungan lemak dalam durian. Meskipun demikian, lemak yang terkandung dalam buah ini termasuk lemak sehat karena didominasi asam lemak tak jenuh yang bersifat antioksidan. Selain lemak, buah ini mengandung kalori yang cukup tinggi sehingga bisa menjadi sumber energi yang melimpah yang dibutuhkan pada saat detoks dengan metode jus.

Beberapa buah yang disarankan dalam detoks dengan metode jus

Beberapa buah yang disarankan dalam detoks dengan metode jus

2. Anggur

Buah ini terbukti dapat meringankan sembelit dan membantu mengatasi masalah ginjal, hati, sistem pencernaan, serta kulit. Beberapa khasiat lain yang terkandung dalam anggur antara lain adalah membantu melawan penyakit, menghilangkan racun, meningkatkan sirkulasi darah, dan meningkatkan energi. Anggur merupakan buah yang kaya akan vitamin B dan kalium serta antioksidan. Anggur yang paling baik adalah anggur putih atau anggur merah.

3. Apel

Apel mengandung suatu jenis zat asam yang berperan dalam meningkatkan kerja sistem pencernaan dan membersihkan hati. Buah ini juga mengandung zat yang dapat mengikat logam berat, seperti timah. Selain itu, apel menyediakan pasokan energi yang stabil dengan kandungan fruktosa (gula asam). Khasiat apel antara lain untuk menurunkan kolesterol dan tekanan darah, menstabilkan gula darah, membunuh virus infeksi, meningkatkan HDL, memperlancar pencernaan, meningkatkan kemampuan jantung, hingga mempertahankan kesehatan urat syaraf.

4. Belimbing

Selain mempunyai serat yang halus serta rasa yang manis dan segar belimbing berkhasiat untuk penyembuhan asam urat dan rematik. Kandungan vitamin C pada belimbing banyak digunakan sebagai antioksidan, meningkatkan daya tahan tubuh terhadap penyakit, serta menurunkan darah tinggi. Belimbing juga mengandung zat yang berfungsi untuk menurunkan kolesterol dan asam empedu dalam tubuh.

5. Jambu Biji

Jambu biji dapat digunakan sebagai obat untuk mengatasi berbagai penyakit di antaranya diabetes melitus, diare, dan demam berdarah. Jambu biji juga dapat menghambat pertumbuhan virus penyebab penyakit demam berdarah dangue (DBD).

6. Jeruk

Jeruk banyak mengandung vitamin C dan antioksidan kuat yang mampu melindungi tubuh dari radikal bebas yang berbahaya dan mencegah penuaan dini. Antioksidan yang terkandung dalam jeruk dipercaya mampu membantu mengurangi risiko terserang kanker dan penyakit jantung serta meningkatkan penyerapan zat besi.

7. Lemon

Lemon atau jeruk nipis kaya akan vitamin C dan antioksidan. Lemon juga dipercaya dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan mengurangi risiko flu dan infeksi. Selain itu, lemon dianggap sebagai buah pembersih yang paling baik. Buah ini mengandung zat yang merangsang kerja hati dan kantong empedu. Segelas air panas dan perasan lemon segar adalah salah satu cara paling baik untuk memulai sebuah rencana detoks.

8. Mangga

Mangga adalah buah yang tidak mengandung lemak dan kaya akan gula alami serta serat. Mangga dapat membuat Anda kenyang lebih lama sehingga sangat baik untuk dikonsumsi saat melakukan detoks dengan metode jus. Vitamin yang banyak terkandung dalam mangga adalah vitamin A dan C. Selain membuat kulit bercahaya dan rambut berkilau, vitamin A merupakan antioksidan kuat yang mencegah terjadinya penuaan dini. Sedangkan vitamin C dalam mangga membantu mencegah stroke. Buah dengan daging yang lembut dan harum ini juga terbukti mampu membersihksn darah dan baik untuk sistem ginjal dan pencernaan. Mangga juga bermanfaat untuk berbagai terapi, antara lain menurunkan panas dan menghilangkan bau badan.

9. Melon

Melon kaya akan vitamin A, B kompleks, C, serta mineral kalium dan magnesium. Melon dapat membersihkan sistem sirkulasi darah dari aneka racun. Kadar air dan kandungan gula alami yang tinggi dalam melon membuat buah ini sebagai pilihan yang tepat untuk mencegah dehidrasi serta mencukupi kebutuhan tubuh akan gula.

10. Nanas

Nanas kaya akan vitamin C, kalsium, dan kalium. Kalori yang terkandung dalam nanas tergolong cukup rendah. Nanas juga mengandung bromelin yang berkhasiat untuk membantu menyembuhkan sembelit, infeksi pada saluran pernapasan, dan arthritis.

11. Pir

Pir dapat berperan sebagai obat diuretik (pendorong produksi air seni) dan laksatif (pencahar) yang efektif. Pir juga membantu mengatasi rasa tidak enak di perut akibat kadar asam yang berlebihan yang berasal dari makanan berkalori tinggi, berminyak, dan pedas. Jika dikonsumsi secara teratur, pir dipercaya bisa membantu mempercantik kulit dan membuat rambut berkilau.

12. Semangka

Semangka mengandung banyak air dengan kalori yang rendah sehingga dapat berfungsi sebagai diuretik (pendorong produksi air seni). Semangka juga dipercaya cukup efektif sebagai pelindung dari serangan radikal bebas.

13. Sirsak

Sirsak punya banyak manfaat. Buah ini mengandung zat-zat yang mampu menangkal asam urat, hipertensi, osteoporosis, dan bisa membuat awet muda. Manfaat Iainnya adalah meningkatkan daya tahan tubuh, menyembuhkan wasir, dan memperlancar pencernaan makanan.

14. Stroberi

Selain antioksidan, stroberi menyimpan nutrisi yang luar biasa. Buah ini kaya akan serat, rendah kalori, serta mengandung vitamin C. Stroberi mampu menyusutkan kadar kolestrol, dapat membantu melumpuhkan kerja aktif kanker, serta dapat meredam gejala stroke. Makan stroberi secara teratur dipercaya dapat menghaluskan kulit dan membuat warna kulit terlihat Iebih cerah dan bersih.

15. Tomat

Tomat mengandung banyak vitamin dan mineral, di antaranya adalah vitamin B, C, K, zat besi, fosfor, kalsium, dan yodium. Sari dari buah tomat mempunyai kadar kalori yang rendah dan kandungan vitamin C yang tinggi. Jus tomat berkhasiat untuk penyembuhan asam urat dan rematik.

Sumber : Hidup sehat dengan detoks

Oleh : iyan sugung

Baca artikel menarik lainnya : Latihan Fitnes di Rumah

NEW YUK AGUNG

banner smartdetox bawah baru

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *