Berapa Ukuran Lemak Tubuh Anda

 

Beberapa orang yang pernah saya tawari untuk mengukur lemak kadang-kadang masih takut untuk mengetahui kadar lemak mereka sendiri. Saya tidak tahu apa karena mereka malu orang melihat seberapa gemuk badan mereka atau ada sebab yang lain. Akan tetapi, ada beberapa orang yang benar-benar suka mengukurnya. Sampai-sampai sebelum latihan, lemaknya diukur dan setelah latihan diukur lagi. Lalu, apakah sebenarnya maksud mengukur lemak tubuh dan bagaimanakah caranya?

Saat membeli sebuah alat body fat monitor, masih banyak orang bingung tentang penggunaan alat tersebut secara tepat. Karena itu, saya akan memberikan gambaran mengenai mengapa kita mem-butuhkan alat ukur lemak ini.

Berapa Ukuran Lemak Tubuh Anda

Berapa Ukuran Lemak Tubuh Anda

Pernahkah kita melihat betapa senangnya seseorang yang, setelah mengikuti 6-8 sesi di sebuah klinik pelangsingan, berhasil menurunkan berat badannya sebanyak 7 kg selama sebulan? Atau seseorang yang telah mengurangi makannya menjadi sedikit sekali dan mungkin hanya makan 2 kali dalam sehari dan berat badannya turun cukup banyak? Orang awam biasanya hanya senang sekali karena berat badannya turun, tetapi tidak pernah tahu, berat dari apakah yang menyebabkan penurunan berat badannya tersebut? Apakah itu benar-benar lemaknya sudah hilang sebanyak 7 kg atau lemak plus otot sebanyak 7 kg? Atau, malah yang hilang cuma otot saja sebanyak 7 kg?

Coba bandingkan ilustrasi berikut ini.

A berhasil menurunkan berat badan sebesar kg dalam waktu sebulan. Setelah dicek menggunakan fat monitor, ternyata ketahuan bahwa lemaknya berkurang 2 kg saja. Berarti selisih 5 kilogramnya adalah otot.

B berhasil menurunkan berat badan sebanyak 3 kg dalam waktu sebulan. Setelah dicek menggunakan fat monitor, ternyata lemaknya benar-benar berkurang 3 kg. Tidak ada otot yang hilang. Walaupun secara awam si A berhasil turun 7 kg, tetapi si B adalah yang lebih berhasil.

Jadi, saran saya adalah gunakan alat ukur lemak untuk memastikan bahwa Anda benar-benar membuang lemak, bukannya malah membuang otot yang berharga itu.

 

Sumber : Rahasia Diet 2

Oleh : The Home Gym

Baca artikel menarik lainnya : Lebih Tertarik Terhadap Label Makanan

banner smartdetox bawah baru

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *