Biarkan Anak-anak untuk Bermain di Luar Rumah

Biarkan Anak-anak untuk Bermain di Luar Rumah

Bermain menjadl hal penting untuk proses tumbuh kembang anak. Terpenting bermain bersama. Bukan bermain gadget yang hanya bermain sendirian dengan aktivitas bertumpu pada jari saja.

Menurut psikolog Anna Surti Ariani, fungsi bermain terpenting adalah aktivitas yang bisa mempererat satu sama lain. Terutama permainan tradislonal yang sarat dengan kebersamaan, keija sama, dan fisik yang penting untuk tumbuh kembang anak. Kebersamaan ini bisa dengan teman sebaya. teman yang lebih muda usianya, atau yang di atas usia anak.

Terpenting ada aktivitas yang dilakukan bersama dan bergerak. Beda fungsi main dengan yang lebih tua, yang lebih muda usianya, atau dengan teman sebaya,” kata psikolog yang biasa disapa Nina saat ditemui di Restoran Kembang Goela, Kamis.

Bermain dengan teman yang lebih tua usia dengan anak. anak akan belajar sesuatu untuk menerima perintah, belajar mengikuti aturan yang telah ditetapkan. Saat anak bermain dengan anak yang lebih muda usia, anak Juga akan belajar memberi pengarahan, mengasuh, dan menenangkan. Sementara pada teman sebaya. anak belajar fungsi tersebut secara bergantian.

“Belajar secara kinestetik (bergerak) akan lebih menempel banget. Daripada bermain gadget lebih baik ajak anak bermain di lapangan bersama temannya. Jika ada konflik, orangtua Jangan ikut campur untuk menyelesaikan konflik itu. Biarkan anak-anak yang menyelesaikan konflik tersebut. Menyelesaikan konflik Juga meningkatkan kecerdasan dan sensitifitas,”.

KESIMPULAN
Biarkan Anak-anak untuk Bermain di Luar Rumah agar lebih leluasa, tapi hari dalam konteks terkontrol oleh pengawasan Orang Tua.

SUMBER                                       : KORAN WARTA KOTA
ARTIKEL LAINNYA            : Sleep Texting

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *