Bukan daging yang bikin darah tinggi

 

Pak Kun 45 th,ia ada darah tingginya,selain asam urat darahnya selalu diatas normal.Tentu saja ia sangat menjauhi segala menu daging,dan selalu memberi pengakuan kepada siaapa saja betapa jahatnya daging bagi tubuh manusia.Satu yang selalu diungkapkannya, “daging bikin darah tinggi”

Tahu  informasi dari orang yang mengidap darah tinggi,sehingga beranggapan benar kalau daging bikin darah tinggi.Terlebih daging kambing.Betulkah?

LEMAK JENUH DAGING

Sejatinya lebih karena lemak jenuh dalam daging yang mewajibkan pengidap darah tinggi,atau mereka yang beresiko kena darah tinggi untuk mewaspadai konsumsi daging hariannya.Bukan tidak boleh makan daging,melainkan membatasi demi tidak kelebihan asupan lemak jenuhnya.

Benar adanya tubuh kita tetap membutuhkan lemak,termasuk lemak yang tidak baik sekalipun.Namun porsi lemak jenuh ini yang perlu sangat dibatasi.Dalam daging,terutama daging merah,kandungan lemak jenuhnya tergolong tinggi disbanding daging putih seperti unggas dan ikan.

Mengkonsumsi lemak jenuh berlebihan berdampak terhadap pembuluh darah tubuh.Namun dampak yang terjadi tidak berlangsung sehari,atau sebulan,melainkan proses bertahun-tahun.

Bukan daging yang bikin darah tinggi

Bukan daging yang bikin darah tinggi

Pembentukan “karat lemak” atherosclerosis pada dinding pipa pembuluh darah tubuh manapun,terutama jantung koroner,otak,ginjal,bola mata dan pembuluh darah pemberi makan persarafan kita,proses yang tahunan bila konsumsi menu berlemak tak dibatasi.Apabila anak dibiasakan mengkonsumsi menu berlemak,masih muda sudah terancam serangan jantung koroner dan atau stroke.

Melihat kejadian dua penyakit tersebut di kota-kota besar,sudah menimpa kelompok usia lebih muda di banding dulu.Krisis kelompok karier orang di dunia sekarang ini bukan lagi setelah berumur 40 tahunan,melainkan sudah dimulai di bawah umur itu.

Menebalnya  “karat lemak” pada pipa pembuluh darah yang menjadikan tekanan darah cenderung terus meninggi.Menjadi tersumbat,dan biasanya juga disertai dengan bertambah kakunya pipa pembuluh darah bagian dari proses menua,kedua factor itu yang menjadikan makin meninggikan tekanan darah.

Baca Juga Yang satu ini ...
10 Hal Penting Tentang darah Tinggi

Belum ada buktiilmiah kalau sehabis mengkonsumsi daging kambing,misalnya bervkolerasi dengan kejadian serangan stroke.Belum ada fakta gizi kalau daging kambing dan sejenisnya berbeda kandungan gizinya,kecuali dalam hal SDA (specific dynamic action) daging kambing yang lebih tinggi dari jenis daging lainnya.

Rasa panas oleh pembakaran yang lebih tinggi ketika makan daging kambing yang barangkali disensasikan sebagai “hot”.Mitos saja kalauitu disimpulkan sebagai pembangkit libido,atau sejenis itu.Sensasi “panas” itu terlebih jika satai kambing diimbuhi banyak merica,sehingga terasakan sebagai penggairah seks.Orang dengan resiko jantung koroner,atau bakat stroke dilarang untuk berselingkuh,Mengapa?

Karena energy seks yang dikeluarkan bukan dengan pasangan seks(istri) sendiri jauh lebih besar.Debar jantung melebihi biasanya.kondisi demikian lazimnya menambah deretan munculnya kasus terserang jantung atau stroke sehabis makan satai kambing.Sejatinya,itu lebih disebabkan sehabis bergiat seks bukan dengan pasangan sendiri.

LEBIH TAKUT KONSUMSI GARAM DAPUR

Yang bikin tekanan darah mendadak naik benar bukan daging,melainkan garam dapur.Secara kultur konsumsi garam dapur kita jauh melebihi kebutuhan tubuh sesungguhnya.Orang-orang suku tertinggal di pedalaman,asupan garam dapurnya nyaris nol.Namun rata-rata menu orang modern asupan garamnya mencapai lima kali lipat kebutuhan pokok.

Tanpa mengkonsumsi garam dapurpun tubuh memperoleh natrium dari buah,sayur,dan sumber makanan lainnya.dan itu sudah mencukupi.Salah satu pengendalian darah tinggi,dilakukan dengan membatasi asupan garam dapur,Kalau bisa malah tanpa garam dapur sama sekali.

MENJADI HARIMAU SEMINGGU SEKALI

Daging bukan musuh tubuh manusia.Kodrat tubuh tetap membutuhkan asupan daging sebagai salah satu sumber protein hewani.Ikan lebih baik dipilih ketimbang daging,namun kita tahu ada gugus protein,atau asam amino yang tidak dimiliki sumber protein nabati lain,yang dimiliki daging.Itu sebab mereka yang vegetarian murni,misalnya berisiko kekurangan vitamin B12,kalsium,zat besi,selain ada beberapa asam amino yang ada did aging dan tak ada di sumber protein nabati.

Baca Juga Yang satu ini ...
10 Hal Penting Tentang darah Tinggi

Jadi sikap bijak kita terhadap menu harian,bukan sama sekali anti daging,melainkan membatasi.Perbandingan gigi taring kita yang empat buah dengan total 32 buah gigi geligi,ada seperdelapannya.Berarti menu daging cukup seperdelapan dari total menu harian.Menu sehat itu bukanlah steak atau sejenisnya,melainkan sepiring nasi,sepotang tahu,tempe,ikan,dan semangkuk lodeh,atau sayur asem.

Kelebihan porsi daging bukan saja buruk terhadap nasib pipa pembuluh darah yang akan bertambah sumbatannya,melainkan juga berkorelasi dengan cetusan kanker.Studi di cina oleh Harvard menunjukkan kuatnya korelasi antara konsumsi daging yang berlebihan dengan kejadian kanker.

Kehadiran daging dalam menu kita berperan sebagai pelengkap.Tubuh membutuhkan sejumlah asam amino.Sebagian bersifat esensial.Artinya tidak boleh tidak ada dalam menu agar mesin tubuh tetap lancer berputar.Tubuh terancam kekurangan asam amino esensial bila daging dimusuhi.Bijaknya tetap bersahabat secara damai dengan daging-dagingan,asal tau porsi.Singkirkan gajihnya,ambil dagingnya.

Visit : www.smartdetoxsynergy.com

Sumber : Cara sehat oleh Dr.Handrawan Nadesul

Baca artikel menarik lainnya : Serangan Tanpa Gejala Yang Diam-Diam Mematikan

 

banner smartdetox bawah baru

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *