Cara Alami Mengatasi Tumit Pecah-Pecah

Cara Alami Mengatasi Tumit Pecah-Pecah

Tumit seringkali tak tersentuh perawatan. Padahal, tumit bekerja cukup berat untuk menopang tubuh saat kita beraktivitas. Kurangnya perawatan menyebabkan tumit kerap bermasalah, terutama kering dan pecah-pecah. Untuk mengatasinya, coba gunakan bahan alami berikut ini:

 

• Labu Siam

Getah labu siam bisa dimanfaatkan untuk mengatasi tumit yang kering dan pecah-pecah. Caranya, ambil labu siam, potong menjadi dua atau beberapa bagian sehingga keluar getahnya.

Oleskan getah labu siam tersebut pada tumit kering dan pecah-pecah,

yang sudah dibersihkan. Diamkan sampai kering.

Terakhir, cuci tumit dengan air dingin sampai benar-benar bersih, dan keringkan dengan handuk lembut.

• Alpukat

Alpukat tak hanya mengandung lemak yang baik untuk kesehatan bila tak dikonsumsi dengan gula atau susu. Tapi juga mengandung vitamin E tinggi, yang baik untuk mengatasi tumit kering dan pecah-pecah.

Caranya, ambil satu buah alpukat, potong jadi dua bagian. Ambil daging buahnya, kemudian lumatkan untuk dijadikan sebagai scrub.

Gunakan scrub alpukat tersebut untuk menggosok tumit yang kasar dan pecah-pecah. Gosok perlahan sambil disertai pemijatan ringan. Biarkan sekitar 15-20 menit, kemudian bilas menggunakan air bersih dan keringkan dengan handuk lembut. Lakukan perawatan tersebut secara rutin sehari sekali untuk mendapatkan tumit yang halus.

Alpukat juga bisa dicampur dengan pisang sehingga menjadi pasta yang mampu melembabkan tumit.

Caranya, gunakan 100 gram alpukat yang telah dihaluskan, campur dengan 100 gram pisang yang telah dihaluskan. Kemudian oleskan campuran itu keseluruh kaki, termasuk tumit. Biarkan 20 menit. Lantas, bilas kaki anda dengan air bersih.

• Pisang

Tumit yang kering dan pecah-pecah juga bisa diatasi dengan pisang. Pisang kaya akan magnesium, kalium, fosfor, zat besi, serta vitamin B dan C yang ba-gus untuk kulit. Caranya, ambil satu buah pisang Cavendish matang, kemudian haluskan dengan cara mengerok atau melumatkannya dengan sendok.

Selanjutnya, aplikasikan pasta pisang tersebut pada tumit yang sudah dibersihkan. Diamkan selama 10-15 menit agar nutrisi yang terkandung dalam pisang benar-benar meresap.

Setelah kering, cuci kaki menggunakan air hangat, kemudian rendam kaki dalam air dingin selama beberapa waktu, dan keringkan. Lakukan perawatan tersebut setiap hari selama beberapa minggu untuk mendapatkan tumit yang halus dan lembut.

• Minyak Sayur

Mengaplikasikan minyak sayur bisa mengatasi tumit yang kering dan pecah-pecah. Anda dapat menggunakan minyak zaitun, minyak wijen, atau minyak kelapa. Lakukan perawatan sebelum tidur malam.

Caranya, pertamatama gosok kaki dengan batu apung, dan bilas. Setelah itu oleskan minyak sayur pada tumit dan telapak kaki. Setelah itu, pakai kaos kaki bersih, dan pergilah tidur, sehingga ada cukup waktu bagi minyak untuk menutrisi kulit. Lakukan perawatan tersebut secara teratur setiap hari.

• Kelapa Parut + Garam

Buah kelapa yang dicampur dengan garam dapat melem-butkan tumit yang kasar dan tumit pecah-pecah.

Caranya, ambil setengah buah kelapa, kemudian parut dengan tekstur yang agak kasar. Campurkan satu sendok teh garam pada kelapa yang sudah diparut tadi.

Sebelumnya bersihkan dulu tumit dengan air. Selanjutnya, gosokkan campuran kelapa dan garam tersebut hingga merata di seluruh bagian tumit yang kering dan pecah-pecah. Setelah itu, bilas tumit sampai bersih. Lakukan perawatan menggunakan kelapa parut plus garam tersebut tiga kali seminggu sebelum tidur di malam hari.

• Garam + Baby Oil

Campuran garam dan baby oil bisa menjadi ramuan yang bermanfaat untuk menghaluskan dan melembutkan tumit. Caranya, rendam kaki dalam baskom berisi lima gelas air yang sudah dicampur dengan satu gelas kecil susu cair. Rendam selama 15 menit, angkat, dan keringkan dengan handuk.

Buatlah lotion kaki dengan mencampurkan empat sendok makan garam atau gula dengan setengah sendok baby oil atau minyak sayur (vegetable oil). Usapkan lotion tersebut pada telapak kaki dan tumit, disertai pijatan lembut dengan gerakan memutar. Gunakan batu apung untuk menghaluskan telapak kaki dan tumit. Lantas bilas dengan air bersih, dan keringkan tidur, usapkan minyak zaitun pada area tumit dan telapak kaki untuk menjaga kelembaban dan kelembutan telapak kaki. Dapat pula mencampurkan bedak salicylic acid dengan minyak zaitun agar menjadi lotion, dan usapkan pada kaki.

• Tepung Beras + Madu

Campuran tepung beras, madu, dan cuka apel, bisa menjadi scrub untuk mengatasi kulit tumit yang kering dan pecah-pecah. Caranya, ambil 2-3 sendok makan tepung beras, tambahkan madu dan cuka apel secukupnya, sehingga terbentuk pasta. Jika kondisi retak pada tumit sangat buruk, tambahkan satu sendok minyak zaitun .

Selanjutnya, rendam kaki dalam air hangat selama 10 menit, gosok lembut dengan pasta tersebut. Selain mampu menghilangkan kulit mati di tumit, pasta itu juga membuat tumit lebih halus dan lembut. Sebelum tidur, usapkan minyak zaitun pada area tumit dan telapak kaki untuk menjaga kelembaban dan kelembutan telapak kaki. Dapat pula mencampurkan bedak salicylic acid dengan minyak zaitun agar menjadi lotion, dan usapkan pada kaki.

• Tepung Beras + Madu

Campuran tepung beras, madu, dan cuka apel, bisa menjadi scrub untuk mengatasi kulit tumit yang kering dan pecah-pecah. Caranya, ambil 2-3 sendok makan tepung beras, tambahkan madu dan cuka apel secukupnya, sehingga terbentuk pasta. Jika kondisi retak pada tumit sangat buruk, tambahkan satu sendok minyak zaitun .

Selanjutnya, rendam kaki dalam air hangat selama 10 menit, gosok lembut dengan pasta tersebut. Selain mampu menghilangkan kulit mati di tumit, pasta itu juga membuat tumit lebih halus dan lembut.

 

Kesimpulan
Cara Alami Mengatasi Tumit Pecah-Pecah ternyata sangat didapat disekitar Kita Atau DiPasar Tradisional.

Cara Alami Mengatasi Tumit Pecah-Pecah

Cara Alami Mengatasi Tumit Pecah-Pecah

Sumber : NYATA Tabloid
Artikel Lainnya : Bersih, Sehat & Segar Ala Artis Cantik

banner smartdetox bawah baru

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *