Cara Detoks Sederhana

 

Cara detoks sederhana dan relatif aman adalah mengonsumsi air putih setiap hari secara teratur dengan menaati beberapa ketentuan. Berikut adalah beberapa ketentuan yang dimaksud. Perlu diketahui bahwa khasiat air putih akan lebih terasa jika dikonsumsi secara bertahap, bukan secara berlebihan atau sekaligus.

Konsumsi air secara berlebihan bukan bermanfaat bagi tubuh, tapi justru membahayakan. Air yang dikonsumsi itu diserap ke saluran cerna dan masuk ke pembuluh darah yang akhirnva bisa menyebabkan volume darah menjadi bertambah. Hal ini bisa membebani kerja jantung dan ginjal. Jantung seolah didesak untuk memompa darah lebih cepat, sementara ginjal didesak untuk mengeluarkan cairan lebih cepat.

Air putih memang sangat bermanfaat untuk membuang racun dari dalam tubuh. Namun, perlu diingat bahwa terlalu banyak minum air putih justru akan berbahaya bagi kesehatan, bahkan bagi nyawa Anda. Alih-alih membuang racun, bisa-bisa Anda malah keracunan air .

Cara Detoks Sederhana

Cara Detoks Sederhana

Mengapa bisa terjadi keracunan air? Ternyata asupan air mendadak yang terlalu banyak hanya mengurangi kandungan sodium. Hal ini bisa mengakibatkan beberapa organ (terutama otak) membengkak. Penyebabnya bukanlah semata-mata total air yang diminum, tetapi seberapa cepat Anda meminumnya. Dengan demikian, minum air 1,5 liter sekaligus sangat berpeluang menyebabkan keracunan air.

Gejala keracunan air antara lain adalah kepala terasa pusing setelah minum air yang relatif banyak. Selain itu, tubuh tiba-tiba enggan digerakkan atau dengan kata lain munculnya kemalasan secara mendadak. Oleh karena itu, kebiasaan minum air putih pagi hari, cukup minum sebanyak satu sampai dua gelas.

Anda harus waspada terutama saat berwisata ke daerah yang panas sebab biasanya tanpa sadar Anda akan minum banyak air yang akan membuat Anda berpeluang keracunan air. Peluang keracunan air juga umumnya terjadi pada pelari maraton. Karena terlalu banyak berkeringat, mereka bisa terkena keracunan air jika hanya minum air. Penyebabnya adalah kandungan sodium di tubuh menjadi larut dan berkurang drastis akibat digelontor air. Untuk menghindari keracunan air, solusinya adalah dengan mengonsumsi minuman isotonik atau sejenisnya yang mengandung elektrolit, terutama sodium.

Baca Juga Yang satu ini ...
Langsing Itu Mudah Asal Tau Caranya

Cara mengonsumsi air putih yang paling baik adalah sebelum Anda merasa haus. Setelah bangun tidur juga sebaiknya mengonsumsi air putih satu hingga dua gelas. Begitu juga sebelum dan sesudah sarapan, sebelum dan sesudah olahraga, dan sebelum tidur.

Untuk memenuhi jumlah minimal delapan gelas atau sekitar dua liter air per hari, Anda bisa mencoba jadwal minum air putih berikut.

  •  Minumlah dua gelas besar air putih saat bangun tidur atau 1-2 jam sebelum sarapan.
  •  Minumlah Jim gelas besar air putih 1-2 jam sebelum makan siang.
  •  Minumlah dua gelas besar air putih 1-2 jam sebelum makan malam.
  •  Minumlah dua gelas besar air putih sebelum tidur malam.

Selain keempat waktu terjadwal tersebut, Anda bisa minum air putih secukupnya sesuai kebutuhan. Dengan membiasakan diri minum minimal delapan gelas air putih sehari diharapkan kesehatan tubuh Anda akan selalu terjaga dan terhindar dari berbagai penyakit. Selain itu, air yang Anda konsumsi akan membersihkan tubuh Anda dari racun.

Salah satu cara minum air putih yang cukup baik dan bermanfaat bagi kesehatan adalah pada pagi hari ketika bangun tidur tanpa gosok gigi terlebih dahulu. Ada yang menyarankan minum 1,5 liter atau sekitar lima hingga enam gelas air putih saat bangun tidur. Namun, saya tidak menyarankan demikian. Cukup Anda minum satu atau dua gelas saja. Ingat, cukup satu atau dua gelas. Jangan lebih dari itu. Hal ini untuk menghindari Anda keracunan air sebagaimana telah diuraikan di atas. Semoga tips cara detoks sederhana bermanfaat bagi anda.

Sumber : Hidup sehat dengan detoks

Oleh : iyan sugung

Baca artikel menarik lainnya : Definisi stroke in evolution

Baca Juga Yang satu ini ...
Jual nutriburst smart detox di ngawi hub 08174757677
banner smartdetox bawah baru

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *