Cara Kerja BVS pada pembuluh darah jantung

Saat timbunan lemak dalam pembulh darah tak bisa diatasi hanya dengan obat-obatan, dokter biasanya menyarankan pemasangan cincin atau operasi bedah pintas arteri koroner. Tujuannya agar penyakit jantung koroner terkontol dan mencegah serangan jantung mendadak .

Tindakan untuk menghancurkan plak dalam pembuluh darah biasanya dilakukan dengan pemasangan cincin (stent) . Tetapi jika plaknya banyak dan oenyemputan pembuluh darah terjadi cukup panjang , tindakan yang disarankan berupa operasi bypass yang dilakukan oleh dokter spesialis bedah toraks kardiovaskular.

Prinsip tindakan ini adalah mencangkokan pembuluh darah baru yang diambil dari kaki atau dinding dada ke pembuluh darah koroner sehingga aliran darah ke jantung memiliki jalan baru .

Untuk pemsangan cincin (stent ) tujuannya adalah memperlebar pembuluh darah . Meski masyarakat menyebut cincin. bentuk benda yang disebut cincin tersebut lebih mirip pegas atau per pulpen yait bebentuk tabung berongga dengan dinding tabung seperti jaring.

 

Selama ini cincin terbuat dari logam, baik berupa cincin logam tanpa dilapisi obat ( bare metal stent/ BMS ) maupun cincin logam yang sudah dilapisi obat ( drug eluting stent/DES )

cincin logam berlapis obat mulai diperkenalkan tahun 2001. cincin itu menggantikan cincin logam tanpa dilapisi obat yang digunakan sejak 1998.

Obat yng melapisi cincin berfungsi untuk mencegah penumpukan lemak. agar tidaj terjadi penumpukan akan tetapi tidak dapat melarutkan lemak, hanya memindahkan ke tempat lain .

Penggunaan cincin berlapis obat menurunkan resiko penyempitan kembali pembuluh darah susudah operasi. Tetapi tidak bebas 100 persen .

Metode BVS .

Kini muncul varian baru cincin pembuluh darah koroner yang terbuat dari bahan non logam yang bisa di serap oleh tubuh setelah beberapa tahun menopang pembuluh darah.

Menurut Doni cincin nonlogam yang bisa diserap tubuh yang disebut sebagai bioresorbable vascular scaffold?BVS ) ada di INdonesia dan asia tenggara.

Cincin itu digunakan serentak pada tahun 2012 September di Asia Tenggara dan sejumlah negara Eropa dan Amerika .

Cincin nonlogam yang bisa diserap tubuh itu terbuat dari asam poliklatik ( Polyclatic acid/PLLA ) . Bahan ini bisa diserap tubuh sama seperti benang jahit penutup luka .

Berikut gambar bagaimana cara kerja dengna BVS .

Proses kerja BVS pada pembuluh darah jantung

Proses kerja BVS pada pembuluh darah jantung

Demikian sekilas info semoga bermanfaat

** sumber Kompas Rabu 10 April 2013

banner smartdetox bawah baru

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *