CARA MEMBERSIHKAN KARANG GIGI SENDIRI DARI RUMAH TANPA HARUS KE DOKTER GIGI

Cara membersihkan karang gigi sendiri dari rumah tanpa harus ke dokter gigiakan dipilih oleh banyak orang yang takut dengan penanganan oleh dokter gigi. Cara alami dengan menggunakan bahan-bahan herbal atau perbaikan kebiasaan alami yang biasa kita lakukan di rumah akan jauh lebih dirasa aman dan efektif untuk membersihkan karang gigi yang muncul karena kita tidak sering membersihkan gigi kita dengan baik. Ada beberapa cara yang dapat anda pilih sebagai

Menggosok Gigi Teratur

Makanan yang anda makan akan memberikan plak dan terkumpul membentuk karang gigi jika tidak anda bersihkan dengan baik. Biasakan diri anda menggosok 2-3 kali sehari. Anda dapat menggosok gigi di saat pagi, sore, dan malam hari menjelang akan tidur. Kebiasaan sikat gigi malam hari akan lebih baik jika dilakukan, terutama jika anda mengkonsumsi makanan manis atau berserat kasar sebagai makan malam anda. Namun jangan pula terlalu sering menggosok gigi karena akan merusak lapisan email gigi anda, sehingga gigi anda nantinya justru akan lebih cepat berlubang. Lakukan cara sikat gigi dengan benar dengan arah memutar dari atas ke bawah (rahang atas) dan bawah ke atas (rahang bawah).

Mengunyah Kinang dan Berkumur

Anda pasti pernah dengar kebiasaan para orangtua jaman dahulu yang suka mengunyah kinang untuk menyehatkan dan menguatkan giginya. Jika anda kuat dengan rasa pahit, tak ada salahnya anda mencoba untuk mengunyah selembar daun kinang selama 5 menit. Anda dapat menghindari terbentuknya atau membersihkan karang gigi dengan mengunyah kinang ini cukup 2 kali sehari. Setelah anda mengunyahnya, anda dapat langsung berkumur dengan air bersih. Semakin sering anda mengunyah kinang, karang gigi yang terbentuk akan terkikis pelan-pelan hingg tidak bersisa di gusi anda.

Menumbuk Biji Cengkih

Baca Juga Yang satu ini ...
apa itu penyakit ebola dan gejalanya

Bagi anda yang ingin menghilangkan karang gigi dengan bahan alami, anda dapat memilih biji cengkih sebagai salah satu cara membersihkan karang gigi sendiri dari rumah tanpa harus ke dokter gigi yang efektif. Anda dapat menumbuk 30-50 gr biji cengkih hingga halus, kemudian menggosokkannya ke bagian yang terdapat karang gigi. Anda dapat menggosok dengan bantuan kapas atau sikat gigi yang memiliki bulu lembut. Gosokkan biji cengkih dan diamkan 1 menit, sebelum kemudian anda berkumur dengan air bersih. Selain karang gigi anda hilang, anda akan lebih merasa percaya diri dengan bau mulut yang menjadi lebih segar.

Gosok Gigi Dengan Biji Asam Kawak

Bagi anda yang tidak mau menggunakan cengkih, anda dapat menggunakan biji asam kawak. Sebanyak 30-50ml biji asam kawak ditumbuk hingga halus. Biji asam kawak yang halus akan berbentuk seperti serbuk gel. Oleskan pada sikat gigi atau kapas, kemudian gosokkan pada bagian yang mengalami karang gigi dengan gerakan memutar. Gosokkan obat sekitar 3 menit dan dilakukan minimal 2 kali sehari. Jika teratur menggunakan biji asam kawak, karang gigi akan dapat dikikis dalam waktu singkat.

Membuat Odol Alami

Anda dapat membuat odol khusus yang dapat mengurangi dan menyembuhkan karang gigi yang anda alami. Odol ini terbuat dari bahan-bahan alami yang tidak membahayakan gigi anda jika anda berniat menggunakannya dalam jangka panjang. Anda dapat mencampur 30ml minyak kelapa, 2-3 sendok teh baking soda, 2 bungkus kecil bubuk stevia, dan 20 tetes minyak pepermint atau kayu manis . Anda dapat mencampur semua bahan hingga menjadi gel. Diamkan sehari penuh di dalam kulkas dengan suhu antara 15-18C, sampai gel odol menjadi lebih kental dan keras baru kemudian digunakan. Odol ini dapat anda gunakan untuk gosok gigi 2-3 kali sehari, terutama di malam hari setelah anda makan makanan yang mengandung gula.

Baca Juga Yang satu ini ...
Best Seller

Berkumur Baking Soda dan Garam

Anda dapat menggunakan campuran 3 sendok baking soda dan 2 sendok garam yang dilarutkan dalam 200ml air, untuk menghilangkan karang pada gigi. Baking soda dan garam berperan sebagai disinfektan dan pengikis tumpukan plak pada karang gigi karena ketidakbersihan seseorang ketika menyikat giginya. Anda dapat menggunakan campuran tersebut untuk berkumur tiga kali sehari. Namun ketika karang gigi yang anda alami sudah hilang sepenuhnya, anda tidak perlu menggunakan larutan ini lagi. Karena campuran ini dapat mengikis email gigi jika anda menggunakan secara berlebihan.

Menggosok Dengan Kulit Jeruk

Sebagai salah satu cara membersihkan karang gigi sendiri dari rumah tanpa harus ke dokter gigi,anda dapat menggunakan kulit jeruk. Kulit jeruk yang anda gunakan dapat dari jeruk bali atau jeruk santang. Kulit jeruk mengandung vitamin C yang mampu menghindarkan gusi dari timbulnya karang gigi. Kulit jeruk juga dapat membersihkan karang gigi dengan cara menggosokkan kulit jeruk bagian dala ke area gigi yang menderita karang gigi. Anda dapat melakukan cara ini setelah gosok gigi di malam hari sebelum tidur. Kemudian anda berkumur di keesokan paginya sebelum anda membersihkan sisa serat kulit jeruk yang mungkin tertinggal dengn menggosok gigi.

Mengunyah Biji Wijen

Anda dapat menggunakan biji wijen sebagai pengganti pasta gigi anda untuk membersihkan plak atau karang gigi yang terbentuk karena tidak menggosok gigi dengan benar. Anda dapat mengambil segenggam biji wijen dan kemudian mengunyahnya hingga hancur di dalam mulut anda. Jangan menelan biji wijen yang hancur namun langsung anda sikat dengan sikat gigi anda. Anda dapat melakukan cara ini 2-3 kali sehari. Namun waktu terbaik adalah bersamaan saat gosok gigi malam sebelum tidur.

Baca Juga Yang satu ini ...
7 Tips Raih Penampilan Maksimal Tanpa Selulit di Kulit

Pembersihan Dengan Tomat

Buah yang satu ini dapat anda gunakan juga sebagai salah satu cara membersihkan karang gigi sendiri dari rumah tanpa harus ke dokter gigi.Anda dapat memotong tomat menjadi bagian sedang atau hanya mengambil bagian kulit buah tomat kemudian menggosoknya ke bagian gigi yang mengalami karang gigi. Anda dapat menggosok dengan gerakan searah jarum jam dan mendiamkan air sari tomat yang keluar di area gigi selama 3 menit, sebelum kemudian berkumur. Anda dapat berkumur menggunakan air garam untuk memaksimalkan hasil yang didapatkan dalam mengikis karang gigi.

Kulit Buah Apel

Bagi anda yang suka mengkonsumsi buah apel, khususnya apel yang memiliki kadar keasaman tertentu seperti apel malang,juga dapat digunakan untuk membantu menghilangkan karang gigi. Anda dapat mengunyah buah apel langsung bersama kulitnya. Namun jika anda merasa kesulitas harus mengunyah langsung bersama buahnya, sisakan beberapa potongan kulit apel untuk anda kunyah setelah anda memakan buah apel.

Pastikan apel telah dicuci bersih sebelum dikonsumsi. Kunyahlah kulit apel dengan posisi kulit luar menghadap ke area gusi yang mengalami karang gigi. Kunyah selama 5 menit sebelum membuang kulit apel tersebut. Kandungan vitamin C dan tanin dalam kulit apel akan mampu mengikis karang gigi yang melanda gigi anda. Anda dapat melakukan cara ini dua kali sehari dan jangan lupa berkumur setelah mengunyah kulit apel. Semoga cara-cara diatas dapat bermanfaat sebagai cara membersihkan karang gigi sendiri dari rumah tanpa harus ke dokter gigi.

Artikel bagus lainnya : Bagaimana Cara menyikat gigi yang benar  yang mungkin selama ini kita belum tau .

Jika kita mampu membersihkan 6 organ penting dengan smart detox maka otomatis gigi kita pun bisa menjadi lebih baik .

banner smartdetox bawah baru

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *