Cara Mengatasi Insomnia Dalam Seminggu

cara mengatasi insomnia dalam seminggu tidaklah mudah. Karena insomnia seringkali disepelekan dan dianggap sebagai sebuah kebiasaan yang tidak berbahaya. Padahal, gejala sulit tidur di malam hari merupakan indikator dari gangguan kesehatan yang sedang dialami. Ancaman terburuk dari insomnia adalah berbagai penyakit berbahaya, menurunnya sistem kekebalan tubuh, dan tentu saja menurunnya kualitas hidup. Oleh sebab itu, diperlukan beberapa tips yang bisa dicoba untuk mengatasi insomnia. Lalu, apakah insomnia bisa disembuhkan dalam waktu seminggu? Jawabannya sangat bisa, dan tergantung dari kemauan Anda untuk menyembuhkan gangguan ini. Nah, berikut ini merupakan beberapa langkah yang bisa diterapkan untuk mengatasi insomnia supaya tidak berkembang menjadi ancaman berbahaya bagi kesehatan.

Makan Cukup Sebelum Tidur

Kebanyakan orang yang susah tidur di malam hari karena perutnya yang kosong atau terlalu kekenyangan. Dua hal tersebut sudah cukup menimbulkan masalah dan memicu gangguan insomnia. Nah, untuk mengatas insomnia, cobalah dengan mengatur jadwal maka yang lebih ideal. Tapi jangan makan malam di waktu yang terlalu mepet dengan jadwal tidur. Porsi makanan pun tidak perlu terlalu banyak dan usahakan untuk mengurang kadar karbohidrat. Makanlah sebelum terlalu kenyang. Dan jarak yang dianjurkan adalah 3 jam sebelum waktu tidur. Jadi misalnya akan berencana tidur jam 10 malam, maka waktu makan yang dianjurkan adalah sebelum jam 7.

Kondisi Ruangan

Seringali faktor lingkungan atau kondisi ruangan menyebabkan seseorang menjadi sangat sulit untuk beristirahat. Nah, cobalah untuk mengubah kondisi ruangan menjadi lebih bersih, nyaman, dan kalau perlu dicat ulang atau mengubah tata letaknya. Buatlah suasana baru yang lebih nyaman sehingga bisa lebih menikmati waktu di dalam kamar. Kamar tidur merupakan ruang pribadi yang seharusnya bisa menciptakan kenyamanan dalam artian sebenarnya. Itu adalah sebuah ruangan yang tak bisa diganggu gugat dan harus menunjang kebutuhan pemiliknya. Sebelum seminggu menjalankan metode penyembuhan insomnia, cobalah untuk mempersiapkan kondisi kamar yang baru dan lebih nyaman.

Baca Juga Yang satu ini ...
Langkah-Langkah Memiliki Tidur Puas Dan Berkualitas

Rileks

Pikiran yang tenang, santai, dan bebas dari segala risiko stres akan membantu mengatasi insomnia dalam waktu singkat. Biasakanlah untuk menenangkan pikiran dan menjauhkan segala pikiran negatif sebelum tidur. Ada banyak cara untuk rileks dan menikmati hidup. Anda bisa melakukannya sesuai dengan hobi. Misalnya dengan membaca buku sebelum tidur, atau mendengarkan musik yang menenangkan. Metode merilekskan badan dan pikiran akan menjadi kombinasi yang sangat ampuh untuk menyembuhkan gangguan insomnia. Selama seminggu, cobalah untuk  menerapkan cara ini.

Minum Susu

Cobalah membiasakan diri dengan meminum susu hangat sebelum tidur. Hal ini sangat dianjurkan demi menciptakan kenyamanan dan menunjang asupan nutrisi yang tepat bagi tubuh selama beristirahat. Minum susu juga akan mempercepat rasa ngantuk.

Olahraga

Kurangnya olahraga seringkali memicu kondisi fisik yang susah beristirahat. Ada dua kemungkinan ketika seseorang sering insomnia. Bisa karena terlalu capek, atau karena kurangnya aktivitas fisik. Anda seharusnya menyeimbangkan kondisi kesehatan fisik dan mental. Sekurang-kurangnya, olahraga bisa dilakukan tiga kali dalam seminggu. Lakukan yang ringan-ringan saja dan biasakan untuk hidup lebih sehat dengan mengevaluasi setiap kebiasaan Anda selama mengalami insomnia.

Nah, demikianlah beberapa cara untuk mengatasi insomnia. Selama sekitar tujuh hari, Anda bisa membiasakan diri dengan beberapa langkah di atas supaya bisa segera mengatasa masalah gangguan tidur. Dengan niat dan disiplin, Anda pasti bisa mencapai hasil terbaik dari cara mengatasi insomnia dalam seminggu.

banner smartdetox bawah baru

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *