Cara Mengatasi Keputihan Untuk Remaja SMU

cara mengatasi keputihan untuk remaja SMU sedikit berbeda dengan wanita yang sudah menikah. Karena pada usia remaja, wanita lebih sering mengalami masalah kewanitaan yang seringkali tidak disadarinya, namun juga terabaikan akibat rasa malu dan minder. Padahal keputihan bisa menjadi ancaman yang berbahaya kalau tak kunjung disembuhkan dengan tepat. Sebelum mengalami masa haid untuk pertama kalinya, seorang remaja putri bahkan bisa mengalami keputihan. Hal itu bisa terjadi sekitar satu semester sebelum masa mentruasinya dialami. Tapi tak perlu panik atau cemas karena kondisi tersebut sebenarnya disebabkan oleh faktor perubahan hormonal dalam tubuh gadis. Yang penting adalah tindakan perawatan dan penyembuhan sejak dini supaya tidak berkembang menjadi infeksi atau berpengaruh pada kesehatan alat reproduksi.

Penyebab Keputihan Remaja

Seorang remaja SMU mengalami keputihan bisa disebabkan oleh beberapa hal. Selain faktor hormonal yang dialami sebelum mengalami masa haid pertama, ada beberapa poin penting yang seharusnya diperhatikan:

  • Kebersihan dan Perawatan

Usia remaja memang sedang asyik-asyiknya menikmati hidup dan bergaul bersama teman-temannya. Sayangnya, kebanyakan remaja putri yang sedang mengalami masalah kewanitaan enggan untuk berbagi. Alasannya karena mereka merasa malu dan minder. Ketidaktahuan mengenai hal-hal yang berkaitan dengan kesehatan organ kewanitaan semakin memperburuk kondisi. Seorang remaja putri yang cenderung tidak atau kurang sadar dalam menjaga kebersihan dan selalu merawat organ kewanitaannya pun berpotensi untuk mengalami keputihan. Intinya, tindakan pencegahan serta mengatasi keputihan harus diawali dari kepedulian untuk merawat dan membersihkan secara teratur. Sehingga bisa menghindarkan diri dari hal-hal yang bisa semakin memperburuk kesehatan. Disarankan untuk selalu terbuka jika sedang mengalami masalah tersebut supaya bisa segera dicarikan solusinya pada pihak yang tepat.

  • Pilihan Pembalut

Baca Juga Yang satu ini ...
Gejala Penyakit Wanita jantung, ginjal, liver di Era Modern Ini

Remaja putri juga seringkali terpengaruh iklan di televisi atau media lainnya. Apalagi kalau sudah menawarkan produk pembalut. Padahal, jangan sembarangan memilih produk pembalut. Pembalut yang baik tidak melulu didasarkan pada kemampuan penyerapan yang baik. Tapi juga harus bermanfaat bagi kesehatan. Karena pembalut merupakan elemen dari luar yang bersentuhan langsung dengan organ kewanitaan.

  • Celana Dalam

Kebiasaan yang jarang ganti celana dalam selain jorok juga sangat berpengaruh buruk bagi kesehatan organ kewanitaan. Bahan celana dalam yang terlalu tebal dan menghambat sirkulasi udara juga bisa menyebabkan keputihan. Celana dalam yang tebal menyebabkan area sekitar kewanitaan menjadi lembab dan berpotensi pada tumbuhnya jamur serta keputihan. Ukuran yang sangat ketat juga tidak akan bagus bagi kesehatan organ kewanitaan.

Mengatasi Keputihan Pada Remaja

Masalah keputihan yang diderita remaja SMU bisa diatasi dengan beberapa langkah yang mudah dan praktis. Dari tiga penyebab utama  di atas, pilihan solusinya pun sangat jelas. Selain itu, sangat disarankan untuk mengonsumsi bawang putih karena sangat berkhasiat untuk menyembuhkan dan mengatasi masalah keputihan. Penggunaan daun sirih juga sangat disarankan untuk menyembuhkan masalah keputihan dari luar. Caranya dengan merebus beberapa lembar daun sirih, lalu menggunakan air sisa rebusan tersebut sebagai olesan di bagian kewanitaan. Lakukanlah secara teratur dan niscaya akan berhasil untuk mengatasi masalah keputihan. Selain itu, cara lain yang dianjurkan ialah dengan mengonsumsi makanan sehat, menjaga kebersihan, olahraga teratur, serta menghindari stres. Hindarilah stres karena hanya akan memperburuk atau menyebabkan gangguan baru di organ kewanitaan. Nah, itulah beberapa  hal yang perlu diketahui dari cara mengatasi keputihan untuk remaja SMU.

banner smartdetox bawah baru

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *