Cara Mengatasi Masalah Kulit Kering

MASALAH KULIT

Kulit merupakan organ tubuh yang paling luas dan berfungsi membungkus dan melindungi tulang, otot dan organ lainnya, dan mengatur suhu tubuh. Kulit, rambut dan kuku seringkali mencerminkan kesehatan individu secara menyeluruh dan merupakan bagian penting dari penampilan seseorang.

Berbagai masalah kulit, rambut dan kuku dapat dengan mudah diobati sendiri di rumah. Tetapi ada keadaan tertentu yang mungkin memerlukan bantuan dokter spesialis kulit atau ahli alergi.

Beberapa masalah kulit yang umum dijumpai:

Komedo terbuka

Komedo terbuka adalah suatu gumpalan lemak atau nateri berminyak semipadat berwarna hitam yang menyumbat pori-pori kulit atau lubang kelenjar sebasea (penghasil minyak) di kulit. Komedo terbuka kebanyakan terbentuk di kulit wajah, dada, bahu dan punggung, baik satu ataupun beberapa, dan disebabkan oleh peningkatan aktivitas kelenjar sebasea pada masa dewasa muda. Warna hitam berasal dari oksidasi materi pada pori-pori kulit yang tersumbat. Komedo terbuka dapat dengan mudah dibuang oleh dokter. Lihat juga topik Jerawat.

Dermatitis

Juga disebut ruam atau eksim, merupakan peradangan kulit yang ditandai dengan bercak kemerahan pada kulit, disertai gejala kulit kering, gatal, tampak bersisik. Penyebabnya adalah alergi, iritan atau penyakit tertentu. Beberapa jenis dermatitis diantaranya dermatitis atopik, dermatitis kontak (akibat reaksi alergi tertunda atau iritasi segera oleh bahan yang bersentuhan dengan kulit), dan dermatitis seboreik (gatal dan serpihan kulit di kulit kepala dan wajah). Untuk meringankan gejala, basuh kulit dengan air dingin atau hangat. Kompres dingin atau oleskan hidrokortison yang dijual bebas untuk mengurangi gatal.

Kulit kering dan sensitif

Kulit kering terjadi akibat pengerakan atau pengelupasan sel-sel kulit mati yang seringkali terasa kasar dan agak gatal. Kulit sensitif sangat rentan terhadap faktor eksternal (seperti suhu, bahan kimia), sehingga timbul gatal, kulit merah atau kulit kering. Kedua keadaan ini bisa disebabkan oleh pemakaian sabun yang berlebihan, kelembaban yang rendah, kosmetik yang kuat (termasuk parfum), penuaan kulit, terlalu lama mandi dengan air panas, atau terlalu keras menggosok dengan handuk/spons mandi.

Infeksi jamur

Jenis yang umum dijumpai adalah ‘kutu air’, kurap, panu. Lihat selengkapnya pada topik Infeksi Jamur.

Kaligata atau hiduran

Terjadi jika sesuatu alcrgen memicu sel-sel tubuh untuk melepaskan histamin, suatu bahan kimia yang ditemukan di kulit. Histamin menyebabkan pembuluh darah di dekatnya terbuka. Cairan akan merembes dari pembuluh darah dan terkumpul dibawah kulit membentuk suatu benjolan merah dan gatal yang disebut bentol atau kaligata. Beberapa bentol tampak seperti gigitan nyamuk. Bentol seringkali membentuk sekumpulan bentol, dan berukuran sebesar penghapus pensil sampai diameter 4-7 cm. Kaligata bersifat semeni.«ra, bisa disebabkan oleh makanan atau obat, tetapi sebagian besar penyebabnya tidak jelas.

Kaligata akut disebabkan oleh faktor-faktor yang bisa dihilangkan (misalnya obat) dan dapat berlangsung selama beberapa jam sampai 6 minggu. Kaligata kronis, penyebabnya seringkali tidak diketahui, bisa berlangsung selama berminggu-minggu bahkan berbulan-bulan. Serangan kaligata yang luas bisa berbahaya, terutama jika menyerang bibir dan tenggorokan, karena akan mengganggu pernapasan dan proses menelan. Kaligata yang meluas juga bisa menyebabkan syok.

Kudis

Diakibatkan oleh sejenis kutu kecil yang membuat lubang di kulit, tempat kutu betina menyimpan telurnya. Dalam waktu sekitar 5 hari, telur akan menetas. Gatal mulai muncul beberapa minggu setelah kutu mulai hidup di dalam kulit. Sama halnya dengan kutu rambut, skabies tidak lagi dianggap sebagai pertanda kebersihan yang buruk. Jika gejalanya jelas disebabkan oleh skabies, atau jika di sekitar Anda ada yang menderita skabies, dokter akan meresepkan losyen yang akan membunuh kutu. Dokter juga akan memberikan petunjuk khusus untuk menghentikan infestasi kutu. Semua penghuni rumah harus diolesi losyen insektisida sesuai petunjuk pembuatnya.

Untuk mengurangi gatal bisa meminum antihistamin yang dijual bebas. Cuci seprei sebelum dan selama pengobatan.

Jaringan parut

Jaringan parut adalah tanda di kulit yang terjadi akibat kecelakaan, penyakit atau pembedahan. Pembentukan jaringan parut merupakan suatu proses alami dalam proses pemulihan luka, yang ditandai dengan pembentukan jaringan kolagen baru untuk memperbaiki area kulit yang mengalami cedera. Semakin parah luka yang terjadi, semakin panjang waktu yang diperlukan untuk pemulihan dan semakin besar kemungkinan untuk terbentuknya jaringan parut yang nyata. Pada awalnya jaringan parut bisa terlihat lebih gelap dan lebih tebal, tetapi lama kelamaan akan memudar. Untuk menyamarkan jaringan parut bisa digunakan kosmetik. Beberapa preparat yang dijual bebas yang mengandung alantoin, silikon dan bahan alami lainnya juga meminimalkan penampakan suatu jaringan parut.

Kelainan warna kulit

Kondisi ini disebabkan oleh sejumlah faktor diantaranya variasi distribusi kepadatan pigmen, perubahan dalam pembuluh darah, atau pertumbuhan organisme asing di kulit. Penyebab yang lebih umum adalah paparan berlebih sinar matahari, jaringan parut, vitiligo, topeng kehamilan (melasma), rentan terhadap cahaya dan melanoma maligna.

Luka bakar
Lihat juga LUKA BAKAR pada Bagian Pertolongan Pertama.

Keriput (Kerutan pada kulit) atau Wrinkle

merupakan pertanda penuaan yang paling mudah terlihat. Serat-serat kolagen menjadi kusut dan serat-serat elastis menebal, terpuntir dan bercabang sehingga kulit kehilangan ketahanan dan elastisitasnya. Tanpa elastisitas, kulit menjadi melorot dan tidak dapat kembali ke bentuk asal setelah diregangkan.

Apa yang dapat Anda lakukan

Untuk setiap masalah kulit dan khususnya jika Anda melihat perubahan bermakna pada kulit, seperti warna, pertumbuhan atau tekstur, konsultasikan dengan ahli kulit.

Kesimpulan
Masalah Kulit ; berbagai masalah kulit, rambut dan kuku dapat dengan mudah diobai sendiri di rumah.

Cara Mengatasi Masalah Kulit Kering

Cara Mengatasi Masalah Kulit Kering

Sumber : HEALTH GUIDE MAGAZINE
Artikel Lainnya : Memilih Daging Ayam

banner smartdetox bawah baru

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *