Cara Mengatasi Rambut Rontok Untuk Wanita Umur 40 Tahun

cara mengatasi rambut rontok untuk wanita umur 40 tahun sebenarnya tidak jauh berbeda dengan metode pengobatan yang diterapkan pada pria dan wanita di usia berbeda. Namun seringkali masalah kerontokan rambut disepelekan dan dianggap sebagai risiko alami dari gejala penuaan. Faktanya, banyak sekali pria dan wanita yang sudah memasuki usia lebih dari 40 tahun namun masih memiliki rambut yang sehat dan kuat. Gejala penuaan yang alami sebenarnya adalah rambut beruban. Jika sampai rontok, apalagi dalam jumlah banyak, maka ada hal yang tidak beres dan sebaiknya segera diatasi. Karena kerontokan rambut bisa menjadi indikator dari kemungkinan penyakit atau gangguan kesehatan. Tapi perlu diingat bahwa hal tersebut bukanlah indikator yang pasti, karena Anda akan terkejut mengetahui fakta  bahwa kerontokan rambut merupakan hal normal bagi setiap manusia. Menurut para ahli, jika jumlah rambut yang rontok kurang dari 100 helai, maka kondisi tersebut tidak berbahaya bagi kesehatan.

Penyebab Kerontokan Rambut

Wanita yang telah menginjak usia 40 tahun memang mengalami beberapa gejala penuaan yang salah satunya adalah menopause. Nah, gejala tersebut juga berpengaruh pada kerontokan rambut. Biasanya kerontokan terjadi pada bagian depan kepala di sebelah atas. Pada usia tersebut, kadar dihydrotestosterone (DHT) semakin meningkat dan menghambat penyerapan nutrisi oleh rambut. Ibarat tanaman yang seharusnya mendapatkan asupan nutrisi setiap harinya, rambut juga membutuhkan hal yang sama. Akar-akar rambut tidak mampu menyerap asupan secara sempurna sehingga akhirnya layu dan akhirnya rontok setiap harinya.

Bagi wanita berusia 40 tahun, faktor penyebab kerontokan rambut direduksi menjadi usia. Namun ketahuilah bahwa ada beberapa faktor lain yang seharusnya dipahami. Faktor-faktor tersebut adalah gangguan hormonal, akibat sakit (sedang dalam masa penyembuhan), kehamilan dan menyusui, konsumsi obat tertentu, dan infeksi. Faktor-faktor tersebut juga bisa saling terkait dan menimbulkan gangguan yang lebih kompleks. Oleh sebab itu, sangat penting untuk mengetahui cara mengatasinya sejak dini. Apalagi wanita yang sudah berusia 40 tahun cenderung mengabaikan perawatan kesehatan dan kecantikan.

Baca Juga Yang satu ini ...
Penjual pelangsing smart detox di gorontalo

Cara Mengatasi

Teknik mengatasi rambut rontok bisa dilakukan secara alami. Yaitu dengan menggunakan lidah buaya, bawang merah, jus sayuran, serta beberapa model perawatan.

Nah, cara mengatasi rambut rontok dengan lidah buaya dilakukan menggilas lidah buaya hingga lembut, lalu mengoleskannya pada rambut. Oleskan secara merata sambil dipijat-pijat.

Teknik pengobatan dengan bawang merah juga hampir mirip. Caranya dengan mencampurkan satu sendok makan bawang merah dengan madu murni, dan air jeruk. Oleskan campuran tersebut secara merata sambil dipijat-pijat pelan. Dan tunggu hingga kering dan bilas hingga bersih.

Jus untuk mengatasi kerontokan rambut merupakan campuran dari sawi putih, daun selada, dan kecambah. Asupan vitamin juga sangat bermanfaat untuk mengatasi kerontokan rambut. Beberapa vitamin yang dibutuhkan antara lain adalah vitamin A, B, dan C. Perbanyak juga konsumsi minyak ikan, biotin, zat besi, dan zinc yang bisa diperoleh dari gandum, pisang, terong dan buncis.

Untuk model perawatan dan pencegahan bisa dilakukan dengan menghindari stres atau terlampau banyak pikiran. Penggunaan mesin pengering rambut juga tidak disarankan karena seringkali menjadi penyebab dari kerontokan rambut. Selain itu, hindari kontak langsung dengan terik panas matahari karena akan mempercepat kerontokan rambut. Nah, demikianlah beberapa hal penting dan mudah yang bisa diupayakan sebagai cara mengatasi rambut rontok untuk wanita umur 40 tahun.

banner smartdetox bawah baru

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *