Cara Mengatasi Warna Belang pada Kaki

Cara Mengatasi Warna Belang pada Kaki

 

Bagian kaki sering menjadi pusat perhatian orang. Karena itu, tak ada wanita yang ingin memiliki warna kulit kaki yang belang, terutama mereka yang gemar memakai mini skirt ataupun hot pants. Warna belang pada kaki mungkin terjadi karena umumnya bagian kaki ada yang tertutup busana dan terbuka yang rentan terpapar sinar matahari. Lalu benarkah peeling, krim pemutih dan scrubbing bisa meratakan warna kulit yang belang pada kaki?

 

Anda gemar memakai mini skirt dan hot pants yang memperlihatkan betapa indah dan jenjang kaki Anda? Lalu bagaimana jika ternyata warna kaki Anda belang atau tidak rata? Tentu hal tersebut dapat meruntuhkan kepercayaan diri seketika. Warna kulit belang terjadi karena terke-na paparan sinar matahari yang terlalu lama karena sebagian dari kaki tidak tertutup. Begitu pula bekas luka pada kaki membuat warna kulit kaki tidak rata.

Menurut dr. Ester Lidia Paseki, dokter dan ahli kecantikan, penyebab warna kulit yang tidak rata antara lain karena terkena paparan sinar matahari sehingga bagian kulit yang tidak tertutup kain atau busana menjadi lebih gelap. Begitu pula bekas luka yang mengalami peradangan dapat membuat kulit menjadi tidak rata seperti luka bekas gigitan serangga yang menimbulkan kehitaman, yang kemudian terjadi peradangan yang disebut post inflammation hyper pigmentation.

Dibandingkan kulit wajah, kulit di bagian kaki memang lebih mudah mengalami belang. Pasalnya menurut dr. Ade Ayu Pusparini, SpKK, dokter spesialis kulit dan kelamin, pembuluh darah di bagian kaki sangat berbeda dengan pembuluh darah di bagian wajah. Pada bagian kaki pembuluh darah sangat sedikit sehingga garukan, luka dan infeksi akan meninggalkan bekas dan penyembuhan yang lama. Faktor vaskularisasi (proses pembentukan pembuluh darah) akan meninggalkan bekas hitam, sehingga jika terkena paparan sinar matahari membuat kaki mudah belang atau gosong karena terjadi hipermelanosit (produksi pigmen melanin bertambah)

yang membentuk proteksi tubuh terhadap sinar matahari.

Mengatasi Kulit Belang. Menghilangkan warna belang pada kaki, akibat bekas luka ataupun serangga perlu beberapa bulan agar luka tersebut memudar. Dijelaskan oleh dr. Ester, secara normal kulit mengalami proses regenerasi kurang lebih 28 hari sehingga kulit akan mengalami proses pengelupasan atau eksfoliasi terjadi secara alami. Pada waktu 28 hari, kulit yang belang akan memudar.

Namun, yang sering dialami banyak orang adalah proses regenerasi berjalan lambat. Ciri-ciri kulit yang regenerasinya lambat antara lain kulit kusam dan banyak bekas kehitaman yang sulit memudar. Untuk itu diperlukan ekstra treatment seperti peeling, mikrodermabrasi, serta krim ataupun scrubbing yang dapat dilakukan di rumah ataupun dokter. Treatment-treatment tersebut dapat mem-bantu proses pengelupasan kulit yang belang sehingga warna kulit menjadi rata.

Berikut treatment-treatment yang dapat dilakukan untuk mengatasi masalah kulit belang pada kaki:

1. Peeling Kaki

Agar kulit kaki tidak belang maka sebaiknya dilakukan treatment peeling. Dijelaskan oleh dr. Ade, peeling adalah metode pengobatan dengan pengelupasan kulit, yang tergantung dari kelainan kulit seperti superficial (permukaan), medium deep dan deep (dalam). Untuk pengerjaan peeling kaki sebaiknya pilih peeling yang superficial karena pada kaki sedikit vaskularisasi.

Tidak dianjurkan melakukan peeling kaki yang terlalu dalam atau keras karena akan menimbulkan scar yang lebih dalam dan menimbulkan hipopigmentasi seperti vitiligo karena lapisan kulit yang terdapat pada kaki akan menjadi putih dan luka merah, lalu menjadi hitam. Hal tersebut terjadi karena vaskularisisasinya sudah sangat buruk dan akan menjadi lama proses penyembuhannya.

Sebaiknya dua minggu sebelum peeling kaki, lakukan perawatan agar kulit bagian kaki siap untuk di-peeling. Mengenai hasilnya tergantung dari penyebab kulit belang pada kaki, respons dari kulit kaki, serta perawatan yang dilakukan di rumah dan klinik. Jika penyebab kulit belang karena sinar matahari, maka hasilnya akan lebih cepat yaitu 1 -2 kali treatment warna kulit kaki akan lebih cerah dan rata. Namun, jika kulit belang karena bekas luka garukan maka hasil dari treatment peeling akan lebih lama, tidak cukup sekali treatment, tetapi tergantung dari kedalaman luka.

Selain itu, ditambahkan oleh dr. Ester, peeling atau chemical peeling yang dapat digunakan adalah herbal food. Tahapan pengerjaan diawali dengan pembersihan kaki, lalu kaki di-massage ringan agar lebih relaks. Sesudah itu kaki di-scrubbing menggunakan bahan scrub yang halus agar tidak menimbulkan iritasi. Setelah itu, dilakukan proses peeling menggunakan bahan yang mengandung ekstrak asam buah-buahan dengan kandungan AHA (alpha hydroxy! acid).

2. Krim

Selain treatment peeling, sebaiknya Anda juga melakukan perawatan kaki di rumah dengan menggunakan krim-krim pemutih khusus kaki yang digunakan pada pagi dan malam hari, yang dioles atau topikal. Jadi krim pemutih tidak hanya digunakan pada wajah, tetapi juga dapat digunakan pada kaki.

Menurut dr. Ade, krim kaki khusus malam hari umumnya mengandung tretinoin dan hidrokinon yang sebaiknya dilakukan di bawah pengawas-an dokter. Sementara krim kaki untuk pagi umumnya mengandung AHA serta pelembab dan sunscreen (tabir surya).

Jika pada penggunaan krim-krim tersebut menimbulkan rasa gatal, biasanya diberikan obat antibiotik dan meski gatal sebaiknya tidak digaruk karena akan menyebabkan luka.

Namun, butuh waktu lama, bisa beberapa bulan atau tahun untuk menghilangkan kulit kehitaman atau kulit belang pada kaki, tergantung dari bekas luka garukan dan berapa lama proses pengerjaannya. Jika penyebab kulit belang karena paparan sinar matahari, jika rutin mengoleskan bahan-bahan pemutih yang aman, maka warna belang akan cepat memudar. Namun ketika dalam proses penyembuhan kaki sebaiknya tidak menggunakan rok mini ataupun celana pendek ketika ke luar rumah.

Di samping penggunaan krim, sebaiknya Anda juga ban-yak makan buah-buahan segar yang mengandung vitamin C. Tujuannya agar kulit menjadi lebih bersih dan vaskularisasi lebih lancar. Selain itu, perba-nyak minum air putih untuk menjaga kesehatan kulit dan setelah mandi gunakan hand body yang mengandung bahan pemutih yang aman bagi kulit.

3. Scrubbing Kaki dan Body Lotion

Selain itu, untuk membantu proses eksfoliasi atau penge-lupasan agar kulit kaki tidak belang, sebaiknya menurut dr. Ester, harus rutin melakukan treatment scrubbing 2-3 kali seminggu. Anda bisa memilih berbagai produk scrub untuk kaki yang banyak terdapat di pasaran. Fungsi dari scrubbing adalah mengangkat sel-sel kulit mati, mengangkat kotoran yang menyumbat pori-pori sekaligus membukanya agar kulit bisa ber-napas dan menyerap nutrisi dari produk seperti lotion, pelembab, body butter dan Iain-Iain.

Selain rutin scrubbing sebaiknya Anda juga menggunakan body lotion whitening untuk membantu proses eksfoliasi yang umumnya mengandung AHA yang memang berfungsi untuk mencerahkan kulit. Sebaiknya Anda juga menggunakan sunblock sebelum beraktivitas pada pukul 09.00-16.00 agar kulit tidak belang akibat terpapar sinar matahari. Penggunaan sunblock sebaiknya diulang sebelum sunblock luntur akibat keringat, atau 2-4 jam sekali, tergantung dari SP! nya (sun protection factor). Di samping itu, jika ada luka pads kaki sebaiknya menggunakan obat luka untuk mencegah ter-jadinya noda hitam akibat pera dangan. Sebaiknya sebelum melakukan perawatan tersebut, Anda berkonsultasi dengan dokter Suciati

 

Kesimpulan

Cara Mengatasi Warna Belang pada Kaki untuk menghasilkan kulit kaki yang cantik memang banyak diingini oleh para Wanita khususnya.

Cara Mengatasi Warna Belang pada Kaki

Cara Mengatasi Warna Belang pada Kaki

 

Sumber : Tabloid Info Kecantikan
Artikel Lainnya : Cara Cepat dan Tepat Turunkan Berat Badan

banner smartdetox bawah baru

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *