Cara Menghilangkan Penyakit Kapalan

MATA IKAN DAN KAPALAN

Kapalan atau bahasa kedokterannya ‘kalus’ adalah kondisi dimana kulit yang terkena terasa kasar dan menebal akibat tekanan atau gesekan yang konstan dan berulang. Kadang ditemukan pada tangan dan kaki, biasanya tidak berbahaya dan tidak terasa sakit kecuali menekan ujung saraf atau disertai dengan lepuhan.

Sedangkan yang disebut sebagai ‘mata ikan’ adalah penebalan kulit seperti kapalan, berwarna kekunlngan, yang terbentuk pada ujung jari k»)ki akibat bergesekan dengan sepatu. Jika gesekan terjadi kontinu, mata ikan dapat menjadi merah, teriritasi dan nyeri. Mata ikan biasanya tidak serius dan dapat diatasi dengan perawatan sendiri.

Penyebab:

> gesekan konstan akibat sepatu baru

> sering berjalan tanpa alas kaki

> melakukan pekerjaan kasar

> memegang peralatan berat/besar

Apa yang dapat Anda lakukan

> Rendam tangan atau kaki pada air hangat don garam Epson selama 15 menit. Keringkan dan oleskan pelembab. Gunakan alat potong kuku atau batu apung yang bersih untuk menghaluskan kalus atau mata ikan. Ulangi setiap hari sampai kalus dan mata ikan hilang. Jangan mencoba untuk menggunting atau mengirisnya karena dapat menyebabkan infeksi dan jaringan parut

‘American Academy of Orthopedic Surgeons’ memiliki cara mengatasi kapalan/kalus:

> Beli bantal berbentuk donat sehingga mata ikan itu bisa masuk ke dalam lubang. Hal ini dapat meredakan rasa sakit dan tekanan.

> Hati-hati dengan obat penghilang mata ikan, karena dapat menyebabkan iritasi dan infeksi terutama pada penderita diabetes atau sirkulasi darah yang buruk

> Beberapa bantalan mengandung asam salisilat yang dapat menghilangkan kulit mati dan membantu menghilangkan mata ikan.

>  Jika tidak terbantu juga dan mata ikan tetap ada, konsultasikan ke dokter kulit atau kaki. Perawatan khusus kaki dapat mempercepat proses penyembuhan.

Tips pencegahan

> Kenakan alas kaki (sepatu/sandal) yang nyaman dan dengan ukuran sesuai, yang memiliki cukup ruang pada bagian jari. Hindari sepatu hak tinggi dan runcing.

> Istirahat melakukan pekerjaan kasar. Gunakan sarung tangan saat memegang alat berat.

> Oleskan krim pelembab, atau gel yang mengandung minyak secara teratur untuk menghaluskan kulit.

Kesimpulan
Mata Ikan & Kapalan Biasanya tidak serius dan dapat diatasi dengan perawatan sendiri.

Cara Menghilangkan Penyakit Kapalan

Cara Menghilangkan Penyakit Kapalan

Sumber : HEALTH GUIDE MAGAZINE
Artikel Lainnya : Tips Mudah Menurunkan Berat Badan

banner smartdetox bawah baru

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *