Cara Meningkatkan mengembangkan Kecerdasan Emosional Anak

Memiliki anak yang cerdas tentu membanggakan, apakah anak anda demikian? Anak cerdas memang  bisa dibentuk  sejak mereka belum lahir atau sejak  dalam kandungan, namun banyak orang yang kurang peduli dengan anak-anaknya. Banyak  hal yang bisa anda lakukan  sebagai cara meningkatkan kecerdasan emosional anak.  Kecerdasan emosional pada anak merupakan  cara untuk mengendalikan diri agar  lebih tekun, semangat dan tidak mudah putus asa. Kecerdasan ini akan mengatur emosi agar terkontrol sehingga tidak menimbulkan kejenuhan dan  rasa stes yang berkepanjangan. Pada anak terutama saat usia sekolah, kecerdasan  meningkatkan kecerdasan emosional mereka sangatlah penting agar mereka   bisa mewujudkan aa yang diinginkan kelak.

Bagi orang tua ada banyak cara meningkatkan kecerdasan emosional anak seperti dibawah ini:

  • Ajarkan keterbukaan pada anak

Curhat adalah cara terbaik untuk mmeningkatkan kecerdasan emosional pada anak. Ketika anak dia saja dikamar, ada baiknya anda menanyakan mengapa dan apa yang terjadi pada mereka. Dengan cara demikian  mereka akan bercerita dan berikan masukan yang bisa membuat anak semangat dan  bsia mengatasi masalah tersebut.

  • Permainan kartu emosi

Anda bisa membuat kartu emosi yang menggambarkan beberapa ekspresi pada wajah seseorang, misalnya saja gambar orang marah, menangis, tertawa, cemberut dan lainnya. Dengan cara demikian anak-anak akan mengerti  dan mengetahui kapan mereka berekspresi tersebut.

  • Bermain peran

Sangat baik bagi anda untuk mengajak anak-anak bermain peran, dengan cara demikian mereka bsia meperagakan bagaimana saat emosi, saat senang dan saat sedih. Selain itu, bermain peran ini juga membantu mereka untuk memahami beberapa karakteristik emosional yang sering dilakukan manusia.

  • Motivasi

Orang tua bukan hanya emmberikan materi saja, namun juga bisa memberikan motivasi atau dorongan agar anak semakin cerdas. Cara meningkatkan kecerdasan emosional  anak  lainnya adalah dengan memberikan motivasi pada mereka. Motivasi tersebut akan meningkatkan kecerdasan emosi pada anak sehingga mereka bsia membedakan mana yang baik dan mana yang tidak baik. Selain itu anda juga bisa memberikan pujian  pada anak jika mereka berprestasi di sekolahnya.

Baca Juga Yang satu ini ...
Cokelat Tidak Bikin Gemuk
banner smartdetox bawah baru

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *