CARA MENURUNKAN BERAT BADAN BERLEBIH

Cara cepat menurunkan berat badan yang berlebih

Banyak cara atau jalan yang bisa ditempuh untuk melangsingkan badan. Akan tetapi, tentunya harus dilakukan dengan cara yang sehat dan mudah. Cara ini bisa dilakukan dengan rajin berolahraga dan melakukan diet yang sehat. Ada banyak model diet yang telah dikenal masyarakat. Ada diet yang lebih mementingkan konsumsi daging, diet buah-buahan, membatasi makan nasi dan makanan berkarbohidrat tinggi lain, seperti makanan dari terigu, jagung, singkong, atau ubi, serta mengurangi konsumsi gula. Namun, begitu beragamnya kiat diet justru sering membuat orang bingung, mana cara yang paling efektif.

Pada prinsipnya menurunkan bobot badan secara sehat yang terbaik adalah dengan diet mengatur pola makan disertai olahraga. Turunnya berat badan selanjutnya harus dibarengi dengan kondisi tubuh yang sehat sekaligus bugar. Oleh karena itu, diet yang sehat untuk melangsingkan tubuh tidak boleh terlalu ketat. Biasakan diri makan setiap tiga jam sekali dengan tetap menjaga keseimbangan input dan out-putnya (porsi makanan yang dikonsumsi seimbang dengan porsi kegiatan yang dilakukan). Dengan membatasi asupan karbohidrat, protein dan lemak tidak mudah dipecah karena energi pemecahnya kurang sehingga tidak banyak yang tertumpuk dalam tubuh. Buah-buahan yang tidak mengandung banyak karbohidrat, tetapi banyak air, macam pepaya, belimbing, semangka, jambu, dan apel sangat dianjurkan. Kurangi konsumsi buah manis seperti pisang, melon, sawo, angggur, dan mangga karena banyak mengandung fruktosa yang akan menjadi glukosa dalam darah.

Sebelum kita memulai program diet apa pun, sebaiknya dipahami dulu apa arti kata diet itu. Diet bukanlah semata-mata usaha untuk melangsingkan badan, melainkan pengaturan pola makan dan jenis makanan yang kita makan. Diet yang sehat tentunya tidak dengan menyiksa diri. Bukan dengan tidak sarapan, tidak makan malam, lebih-lebih dengan bantuan suntik dan obat-obatan. Cara-cara seperti ini berisiko menyebabkan penyakit pada tubuh, menimbulkan efek samping, dan hasil yang tidak permanen. Biasanya diet yang buruk ditunjukkan dengan berat badan yang melonjak tinggi setelah melakukan diet.

Selama ini masyarakat mengartikan diet sebagai meng-urangi porsi makan dan menahan lapar yang sering kali di-percaya akan menurunkan berat badan. Kenyataan memang menunjukkan bahwa mengurangi makan hingga hanya 1 atau 2 kali sehari dengan porsi yang sangat kecil membuat berat badan akan berkurang dalam jangka 1 -3 minggu, tetapi tahukah Anda apa yang sebenamya terjadi di dalam tubuh Anda? Pola diet yang demikian masuk dalam kategori diet yang buruk. Diet yang buruk justru dapat mengakibatkan tubuh kekurangan makanan yang penting. Diet yang buruk dapat mengakibatkan pencernaan yang buruk dan menu-runkan daya tahan. Sebagai akibatnya Anda mungkin terlihat dan merasa lelah dan menjadi mudah sakit.

Pengertian diet yang benar adalah pengaturan pola makan untuk menjadi lebih sehat, dengan kombinasi makanan seimbang di dalam hidangan makanan yang dikonsumsi sehari-hari. Diet yang benar adalah tetap mengonsumsi makanan dengan komposisi yang dibutuhkan tubuh dalam jumlah seimbang. Dalam pola diet yang sehat dikenal istilah 3J, yaitu jumlah, jenis, dan jadwal.

Diet yang dilakukan kurang benar, terlalu ketat dan menyiksa, hanya akan menyebabkan sel-sel tubuh yang sudah sekian lama dibuat kelaparan, siap melahap semua zat-zat dalam makanan kita, yang baik atau pun yang buruk (lemak, gula, kolesterol, dan sebagainya). Inilah penyebab utama berat badan langsung melonjak setelah berhenti diet, belum lagi masalah pencernaan yang terganggu akibat diet seperti ini. Jadi kita harus benar-benar selektif dalam memilih cara diet sehat yang tepat agar bisa langsing permanen.

Berikut aturan main yang perlu diperhatikan dalam men-jalani diet yang sehat, di antaranya yaitu:

1) Diet yang Benar Tidak Membuat Anda Merasa Lapar

Perhatikan hal ini dengan baik. Diet yang benar tidak membuat Anda selalu kelaparan. Jika diet yang Anda lakukan justru membuat Anda mudah lapar, berarti diet ini telah gagal. Pasalnya, rasa lapar merupakan sebuah tanda bahwa tubuh kekurangan asupan nutrisi tertentu. Padahal kecukupan nutrisi merupakan syarat utama agar metabolisme tubuh berjalan dengan baik. Diet bukan bertujuan menghalangi asupan nutrisi yang dibutuhkan tubuh, melainkan mengatur porsi makannya agar tidak berlebihan.

2) Karbohidrat Tetap Penting untuk Tubuh

Agar tetap mendapat energi dan sehat, tubuh membutuhkan karbohidrat. Karbohidrat tidak selalu membuat tubuh gemuk, yang perlu diperhatikan adalah jenis karbohidratnya. Konsumsi karbohidrat kompleks adalah pilihan yang paling tepat. Karbohidrat kompleks merupakan jenis karbohidrat yang sulit dicerna usus sehingga penyerapannya pelan dan tidak menaikkan kadar gula darah secara drastis. Karbohidrat kompleks ini juga lebih memberikan sensasi kenyang yang lebih lama. Sumber karbohidrat kompleks di antaranya nasi merah, roti gandum, singkong, jagung, kacang-kacangan, buah, sayuran, dan lain sebagainya.

3) Cermati Kecukupan Protein

Sumber protein di antaranya adalah kacang-kacangan, padi-padian, ikan, produk susu, daging tanpa lemak, ayam tanpa kulit, dan susu rendah lemak. Kebutuhan tubuh akan protein adalah sebesar 30 gram dalam sehari.

 

Kesimpulan
CARA MENURUNKAN BERAT BADAN BERLEBIHAN sangat mudah jika Anda Mengetahui cari, Pola & teknik yang tepat, seperti diatas.

CARA MENURUNKAN BERAT BADAN BERLEBIH

CARA MENURUNKAN BERAT BADAN BERLEBIH

 

Sumber : CARA CEPAT & SEHAT TURUNKAN BERAT BADAN
Artikel Lainnya : Wasir

banner smartdetox bawah baru

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *