ciri-ciri dan gejala penyakit osteoporosis

Osteoporosis atau lebih dikenal dengan pengeroposan tulang termasuk salah satu gangguan kesehatan tulang. Osteoporosis disebabkan oleh kurangnya hormon seperti hormone estrogen pada wanita. Gangguan tulang ini wajib segera mendapatkan penanganan karena jika tidak 5 atau 10 tahun yang akan datang tulang akan mengalami keropos. Perempuan memiliki resiko lebih tinggi terkena osteoporosis daripada pria. Namun ada juga sejumlah pria yang mengalaminya (jumlahnya relative kecil). Osteoporosis bukanlah sekedar penyakit yang dapat mengurangi kepadatan tulang, akan tetapi juga dapat mengakibatkan menurunnya jumlah jaringan tulang dan abnormalnya struktur dan bentuk mikroskopik tulang. Penasaran dengan gejala penyakit osteoporosis?

Ada beberapa gejala umum penyakit osteoporosis. Pertama, berkurangnya tinggi badan si penderita. Kita semua tahu bahwa batas maksimal pertumbuhan tulang manusia adalah usia 18 tahun. Semakin hari bantal antar ruas tulang belakang akan mengalami penekanan akibat aktivitas sehari-hari kita. Kemudian saat kita tidur, tulang akan kembali meninggi bila dibandingkan dengan tinggi badan di pagi, siang, dan sore hari. Jadi tak usah heran jika Anda menjumpai penderita osteoporosis yang terlihat semakin pendek. Kedua, terjadinya perubahan bentuk tubuh.  Berubahnya bentuk tubuh ini disebabkan oleh karena adanya kerusakan beberapa ruas tulang belakang pada bagian pinggang dan dada. Badan pun akan semakin menunduk. Kondisi badan yang membungkuk (kiposis) ini bisa menimbulkan komplikasi pada organ paru-paru sehingga penderita sering merasakan sesak nafas.

Gejala penyakit osteoporosis yang ketiga yaitu terjadinya kerapuhan pada tulang dan patah tulang. Gejala ini disebut fragile fracture. Penderita osteoporosis bisa saja mengalami patah tulang meskipun hanya mengangkat suatu benda, mendorong sesuatu, atau aktivitas ringan lainnya karena tulang dalam tubuhnya sudah rapuh. Fragile fracture ini tak hanya bisa terjadi pada tulang belakang saja, melainkan pada tulang pergelangan tangan, tulang panggul, dan tulang pada pergelangan kaki. Saat terjadi fragile fracture, penderita akan merasakan nyeri tulang yang parah dan bahkan penderita perlu diberi obat pereda nyeri yang sangat kuat seperti golongan narkotika.

Baca Juga Yang satu ini ...
penyebab gejala penyakit usus 12 jari saat ini
banner smartdetox bawah baru

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *