ciri dan gejala penyakit rematik

Mengetahui gejala penyakit rematik

 

Penyakit yang berhubungan dengan tulang atau sendi semakin sering menyerang orang-orang dewasa ini, seperti misalnya asam urat atau rematik. Namun yang akan kita bahas di sini adalah tentang rematik, yang sering dikatakan dengan sakit masuk angin. Yang membedakan adalah bahwa rematik menyerang bagian tulang. Penyakit yang disebabkan penggembungan pada tulang belulang yang berkepanjangan dan menyebabkan rasa ngilu ini memiliki beberapa gejala penyakit rematik.

Pengertian rematik

Rematik adalah suatu penyakit yang dikarenakan adanya penggembungan pada tulang yang berlangsung lama, sehingga menyebabkan rasa ngilu pada tulang. Penyebab dari penggembungan tersebut adalah karena perbedaan udara dingin dan udara panas. Bila tidak segera diobati, rematik bisa berujung pada pengeroposan tulang, yang bisa terjadi pada segala usia.  Oleh karena itu, mengetahui gejala rematik adalah hal penting karena penyakit tulang tersebut bisa dicegah sebelum menjadi semakin parah.

 

Gejala-gejala dari rematik

Penyebab dari munculnya rematik belum diketahui hingga saat ini. penyebabnya bisa bervariasi seperti stress, obesitas, sirkulasi darah dan beberapa faktor lain. Namun, anda bisa mengetahui kemunculan rematik dengan gejala-gejala berikut ini.

 

–               Cuaca mendung atau udara dingin adalah musuh para penderita rematik, karena sendi-sendi anda akan terasa ngilu. Jika saat hujan anda merasakan persendian anda ngilu, anda perlu waspada.

–               Persendian terasa nyeri setelah mengonsumsi makanan pantangan rematik seperti bayam, kelapa dan kangkung.

–               Adanya pembengkakan dan rasa nyeri yang biasanya terjadi dengan pola simetris, yaitu nyeri pada bagian sendi yang sama di kedua sisi tubuh. Bagian tubuh yang sering diserang adalah sendi pada pergelangan tangan.

–               Munculnya rasa sakit atau peradangan yang kadang menyebabkan bengkak. Umumnya terjadi pada persendian tangan, jari, bahu, kaki, lutut, punggung, pinggang dan area leher.

Baca Juga Yang satu ini ...
penyakit jantung dan ciri-cirinya

–               Rasa sakit dan ngilu yang disebabkan rematik tidak hanya bertahan pada satu tempat, namun bisa berpindah tempat. Rematik bahkan bisa menyerang beberapa bagian sendi secara bersamaan.

–               Pagi hari juga saat yang tepat untuk mengetahui penyakit tersebut. Pada pagi hari, persendian akan mengalami kekakuan sekitar 30-60 menit.

 

gejala penyakit rematik tersebut mudah untuk diketahui. Pembengkakan atau munculnya ras nyeri atau ngilu pada persendian tangan, kaki, punggung dan bagian tubuh lain adalah penanda rematik yang harus diperhatikan. Maka dari itu, jika anda merasakan beberapa gejala di atas, akan lebih baik jika anda segera pergi ke dokter.

banner smartdetox bawah baru

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *