ciri dan gejala penyakit tipes pada anak

Jika si kecil mengalami demam tinggi yang tak kunjung sembuh, maka ada baiknya Anda para orang tua memperhatikan hal-hal di bawah ini. Mungkin saja anak Anda menderita tipes. Gejala penyakit tipes pada anak terkadang tidak mudah dilihat. Hal ini menyebabkan dokter terkadang salah mendiagnosa sebagai demam berdarah, karena itu Anda harus berhati-hati terhadap penyakit tipes ini.

Istilah kedokteran untuk penyakit tipes ini adalah demam tifoid. Penyakit ini disebabkan oleh infeksi bakteri pada usus halus. Terkadang infeksi bakteri ini juga ditemukan pada aliran darah. Penyebab infeksi ini adalah bakteri Salmonella enteric, kuman Salmonella typhi dan bisa juga Salmonella paratyphi A, B, dan juga C.

Bakteri dan kuman ini mempunyai jalan masuk ke dalam tubuh via saluran pencernaan. Di sini, mereka akan berkembang biak. Kemudian mereka akan menembus dinding usus. Jika hal ini sudah terjadi, maka organ-organ tubuh akan merasakan efeknya. Mereka lalu melanjutkan perjalanan menuju saluran limfa, dan langsung masuk ke dalam pembuluh darah. Mereka melakukan ini dalam waktu yang cepat, yakni 24-72 jam.

Di Indonesia sendiri, diperkirakan terdapat hampir 100.000 orang per tahunnya yang terkena penyakit tipes ini. Akan tetapi penyakit ini lebih sering ditemukan pada balita dan anak-anak, terutama pada usia di bawah 5 tahun.

Salah satu gejala penyakit tipes seperti yang sudah disebutkan di atas adalah demam tinggi yang tak kunjung sembuh. Selain itu, gejala lain yang diperlihatkan mungkin tidak akan Anda sadari karena seringkali dikategorikan sebagai gejala biasa yang ditemukan pada orang sakit, yakni pusing, nafsu makan berkurang, dan mudah letih.

Di samping itu, si kecil mungkin juga akan mengeluh sakit pada bagian perut dan tenggorokan dan ditemukan banyak ruam pada kulitnya. Selain itu, si kecil juga akan mengalami diare atau bisa juga malah sembelit. Jika gejala penyakit tipes pada anak yang satu ini sudah terjadi, maka bisa menyebabkan timbulnya pendarahan pada usus. Anda harus segera membawanya ke dokter agar bisa dilakukan pengobatan sebelum parah.

Baca Juga Yang satu ini ...
gejala awal penyakit tetanus
banner smartdetox bawah baru

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *