ciri dan gejala penyakit tiroid

Kelenjar tiroid menghasilkan banyak kumpulan hormon yang penting, yang biasanya disebut dengan hormon tiroid. Kelenjar ini berada di leher bagian depan dan sering sekali terkena masalah, misalnya saat kelenjar tiroid tiba-tiba menjadi besar sehingga menyebabkan seseorang kesulitan untuk menelan. Ada beberapa gejala penyakit tiroid yang sering dijumpai mulai dari hyperthyroidism, hypothyroidism sampai penyakit Hashimoto. Apabila anda menderita gejala-gejala ini, segera hubungi dokter yang berpengalaman agar mendapatkan penanganan secepatnya. Beberapa gejala tersebut di antaranya:

 

Hyperthyroidism adalah keadaan di mana kelenjar toroid terlalu banyak menghasilkan hormone. Biasanya, gejala ini akan memicu kecemasan yang berlebih, misalnya rasa gugup yang teramat sangat, produksi keringat yang berlebih, denyut jantung yang tidak teratur sampai tangan yang gemetar. Pada penderita pria, biasanya akan disertai dengan disfungsi ereksi sementara pada penderita wanita, gangguan pada siklus menstruasi bisa terjadi.

 

Selain Hyperthyroidism, gangguan kelenjar tiroid yang umum terjadi pada manusia adalah hypothyroidism. Kondisi ini adalah kondisi ketika kelenjar tiroid tidak memproduksi hormon tiroid dengan cukup. Gejala dari kondisi ini adalah kebalikan dari gejala hyperthyroidism, misalnya kondisi detak jantung yang melambat, rasa lesu yang berlebih, kedinginan, berat badan yang meningkat dan masalah obesitas lain, dan terkadang disertai dengan sembelit yang parah. Pada pria disertai dengan disfungsi ereksi dan pada wanita disertai dengan gangguan menstruasi.

 

Gejala masalah tiroid yang lain adalah penyakit graves. Pada kondisi ini, sistem kekebalan tubuh akan menyerang kelenjar tiroid. Penyakit ini biasanya akan menyerang wanita berusia 20 sampai 40 tahun.Gejala penyakit tiroid jenis ini hampir mirip dengan hyperthyroidism seperti kecemasan yang berlebih dan penurunan berat badan yang sangat signifikan dan sulit untuk dijelaskan. Penyakit ini juga sering disebut dengan penyakit gondok karena kelenjar yang membesar, dan memiliki potensi untuk menyebabkan kesulitan bernafas. Untuk gejala Hashimoto, badan akan menggigil karena cuaca yang dingin dan tubuh yang intoleran dengan cuaca. Apabila anda memiliki gejala-gejala tersebut di atas, ada baiknya untuk menghubungi dokter spesialis sekarang juga agar disediakan penanganan sesegera mungkin.

Baca Juga Yang satu ini ...
ciri dan gejala penyakit vdrl

 

banner smartdetox bawah baru

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *