ciri dan gejala penyakit urtikaria zaman ini

Penyakit urtikaria atau yang lebih sering disebut dengan gidu, kaligata atau biduran adalah reaksi yang timbul mendadak pada kulit karena produksi histamin yang menyebabkan pembuluh darah melebar dan cairan di dalamnya merembes keluar. Histamin adalah senyawa normal yang berperan dalam respon imun. Histamin biasanya disebut juga zat allergen. Berikut ini penjelasan mengenai gejala penyakit urtikaria.

Urtikaria terbagi menjadi dua. Urtikaria akut dan urtikaria kronis. Secara umum gejala penyakit ini adalah timbulnya bentol-bentol pada kulit. Bentol ini disertai rasa gatal. Terkadang terasa pula seperti terbakar dan menyengat. Kulit yang bentol terlihat kemerahan. Bentol memiliki batas yag jelas. Timbul ula bentol-bentol berwarna keputihan yan mengelilngi kemerahan atau sebaliknya. Bentol kemerahan akan berubah warna menjadi pucat bila kulit direngangkan. Pada urtikaria akut bentol timbul secara mendadak dan berlangsug selama beberapa jam hingga beberapa minggu. Utikaria akut biasanya dapat segera diketahui penyebab pastinya. Sedangkan pada urtikaria kronis penyebabnya sulit untuk dipastikan. Urtikaria kronis berlangsung lebih dari enam minggu.

Urtikaria akut sering terjadi pada bayi dan anak-anak. Penyebab urtikaria akut biasanya adalah makanan seperti protein susu sapi, telur, cokelat, dan makanan laut. Beberapa buah dan sayuran juga dapat menyebabkan urtikaria seperti wortel, kentang, tomat, strawberry, kiwi, dan pisang. Selain itu zat pengawet dan bumbu masakan juga dapat menyebabkan urtikaria. Obat-obatan juga bisa menjadi penyebab penyakit ini. Terutama obat-obatan jenis penisilin dan sefalosporin serta obat pelepas histamin seperti morfin, kinin dan kodein. Urtikaria bisa juga karena gigitan serangga, infeksi virus, bakteri dan parasit. Sedangkan untuk urtikaria kronis diketahui beberapa pemicu yaitu dermatodrafisme atau akibat garukan atau tekanan pada kulit. Contohnya ikat pinggang, celana dalam dan kaus kaki yang terlalu ketat. Pemicu lain seperti cuaca atau kondisi dingin serta terpajan sinar matahari.

Baca Juga Yang satu ini ...
gejala awal penyakit tetanus

Jika terjadi gejala penyakit urtikaria seperti penjelasan di atas, maka sebaiknya segera hindari beberapa penyebab dan pemicu penyakit ini. Bila perlu konsumsi obat antihistamin, namun harus dengan petunjuk dokter.

 

banner smartdetox bawah baru

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *