ciri dan gejala penyakit vibrio cholerae

Penyakit vibrio cholerae atau yang secara awam lebih dikenal dengan nama kolera sudah dikenal sejak lama dan bahkan menjadi penyakit yang sangat ditakuti di dalam sejarah karena telah menelan banyak korban jiwa. Penyakit ini disebabkan oleh bakteri vibrio cholerae yang masuk ke dalam tubuh penderitanya melalui makanan dan minuman yang telah terkontaminasi oleh penyakit ini. Penyakit yang dapat menyebabkan dehidrasi dalam tingkat yang sangat parah ini harus diwaspadai. Lalu aoa sajakah gejala penyakit vibrio cholerae tersebut?

 

Mengetahui gejala-gejala yang ditimbulkan oleh penyakit kolera ini sangat penting dilakukan agar dapat segera dicari penanganan yang paling tepat. Semakin cepat penyakit ini ditangani maka penderita akan semakin cepat bisa diselamatkan dan tidak sampai mengalami kematian. Untuk mewaspadai penyakit ini, maka biasanya gejala yang muncul pada penderita kolera adalah adanya diare yang sangat berlimpah yang tanpa didahului oleh rasa mulas pada penderitanya. Kemudian gejala yang kedua adalah adanya kotoran yang berupa cairan berwarna putih keruh dan berbau manis yang menusuk. Jika anda mengendapkan kotoran tersebut biasanya akan timbul gumpalan-gumpalan yang berwarna putih.

 

Selain berbagai gejala tersebut biasanya penderita juga akan mengalami muntah yang sebelumnya tidak didahului dengan rasa mual. Kemudian penderita juga akan merasakan kejang otot yang seringkali disertai dengan nyeri yang sangat hebat. Akibat terlampau sering mengeluarkan kotoran maka pasien penderita kolera ini akan gampang sekali mengalami dehidrasi akut. Pasien akan mengalami dehidrasi akut dengan ditandai oleh detak jantung yang terlampau cepat, fisik yang semakin hari semakin lemah, mulut yang mengering, mata yang nampak cekung, hipotensi dan tanda-tanda kelemahan lainnya.

 

Baca Juga Yang satu ini ...
penyebab gejala penyakit usus 12 jari saat ini

Jika anda melihat satu atau lebih dari gejala penyakit vibrio cholerae tersebut sebaiknya anda segera mendapat pertolongan dokter untuk mengatasi penyakit kolera ini. Jangan menunggu sampai pasien berada dalam kondisi yang jauh lebih parah karena jika terlambat ditangani penyakit kolera dapat merenggut nyawa pasiennya. Sebagai pertolongan pertama biasanya dokter akan segera memberi cairan infus bagi pasien agar dehidrasi tidak semakin parah dan berakibat fatal.

banner smartdetox bawah baru

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *