Ciri Penyebab dan gejala penyakit wasir

Pola makan dan gaya hidup di era modern yang membuat sebagian besar orang semakin dimanjakan dengan berbagai sarana dan fasilitas hidup, ditambah dengan tersedianyaa berbagai rumah makan dan jenis makanan yang dijajakan hampir di setiap sudut kota besar, baik makanan cepat saji yang praktis, berlemak maupun segala jenis gorengan. Apalagi ada banyak jenis pekerjaan yang membuat pekerja tidak perlu banyak bergerak hanya duduk di depan komputer. Kedua hal diatas merupakan salah satu penyebab wasir atau ambeien. Dimana terlalu banyak duduk, kurang minum air putih dan kurang mengkonsumsi makanan yang berserat merupakan penyebab utama dari penyakit ini. ambeien atau wasir memang bukanlah penyakit yang bisa menyebabkan kematian mendadak akan tetapi jika tidak ditangani dengan baik akan mengakibatkan anda tidak merasa nyaman, memperparah penyakit dan pada akhirnya mengganggu jalannya aktivitas sehari-hari. Setelah membahas beberapa penyebabnya ada baiknya jika mengetahui apa sebenarnya pengertian dan gejala penyakit wasir ini.

 

Ambeien atau wasir adalah suatu penyakit dimana terjadi pembesaran atau pembengkakan pembuluh darah vena yang berada di anus atau dubur, posisinya di bagian bawah selaput antara bagian rektum dan anus. Atau dalam istilah kedokterannya disebut hemoroid. Dalam beberapa kasus seperti wanita hamil hal ini dianggap sebagai suatu hal yang wajah dimana wasir akan hilang sendiri setelah proses melahirkan.  Menurut data medis penyebab utama dari wasir adalah karena terlalu sering mengangkat beban yang berat, duduk terlalu lama tanpa mengganti posisi, kurang minum air putih, kurang mengkonsumsi buah dan sayuran (makanan berserat), dan terlalu sering dan lama mengejan saat buang air besar (BAB). Setelah mengetahui penyebabnya ada baiknya mengetahui gejalanya, diantaranya adalah :

  • Terjadi pendarahan pada saat BAB
Baca Juga Yang satu ini ...
Jual Mistica acai berry di riau pekan baru sumatera

Karena pembengkakan pembuluh darah pada bagian anus dan pembuluh vena itu sangat tipis sehingga sangat mudah pecah, sehingga bisa mengakibatkan terjadi pendarahan pada saat mengejan pada proses BAB.

  • Ada Pembengkakan atau tonjolan pada bagian anus
  • Umumnya saat terjadi pembengkakan pada anus akan muncul tonjolan pada anus, apabila masih berbentuk kecil maka wasir belum parah akan tetapi harus segera mendapat penanganan sebelum memasuki tahap akut.
  • Terasa panas pada anus

Timbul rasa panas pada anus saat terlalu lama duduk dan setelah selesai BAB, hal ini akibat dari tekanan pada pembuluh darah vena yang sudah mulai mengalami pembesaran atau pembengkakan.

  • Terasa Sakit pada anus ketika sedang dan sehabis BAB

Rasa sakit akan muncul akibat dari pembuluh darah yang mengalami penekanan dari feses pada proses BAB atau terjadinya pembuluh darah yang pecah.

  • Timbulnya rasa gatal pada anus

Rasa gatal terjadi sebagai akibat dari infeksi dari luka akibat pembuluh dari yang pecah.

 

Berbagai penyebab dan gejala penyakit wasir diatas adalah hal yang perlu anda perhatian agar anda tidak terlambat dalam menanganinya karena lebih baik mencegah dari pada mengobati. Namun yang juga tak kalah penting adalah memulai untuk menjalani gaya hidup dan pola makan yang sehat.

banner smartdetox bawah baru

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *