Definisi Racun dan Keracunan pada tubuh

Pernahkah anda melihat orang yang keracunan, bagaiaman bisa terjadi? Keracunan bukanlah hal yang aneh bahkan mungkin anda juga pernah mengalaminya. Racun dan obat sebenarnya hampir sama,  racun bisa ditimbulkan oleh obat-obatan yang anda konsumsi. Perbedaan obat dan racun memang snagat tipis sehingga banyak orang yang menganggap bila mereka keracunan pasti berpikir keracunan obat padahal keracunan bukan saja terjadi karena obat namun juga karena makanan dan minuman atau  hal lainnya. Untuk itu anda bisa memahami dulu definisi racun dan keracunan agar bisa melakukan pencegahan dan pengobatan ketika terjadi hal yang tidak diinginkan ketika terkena racun.

 

Racun merupakan zat ditimbulkan oleh obat, makanan, minuman atau lainnya yang bisa menimbulkan masalah pada kesehatan manusia dan bisa menimbulkan kematian bila tidak ditangani dengan baik. Obat  yang  dikonsumsi tidak sesuai dengan resep dokter atau tidak sesuai dengan petunjuk juga bisa menimbulkan  racun  sehingga menyebabkan keracunan pada manusia. Definisi racun dan keracunan juga beda tipis karena keracunan merupakan suatu proses  masuknya  racun  pada tubuh manusia maupun  makhluk hidup lainnya  yang bisa menimbulkan    masalah pada tubuh. Keracunan bisa disebabkan karena hal yang disengaja maupun tidak disengaja.

 

Keracunan yang tidak disengaja bisa disebabkan karena kesalahan ketika anda makan atau minum. Kemungkian makanan atau minuman tersebut mengandung zat kimia yang berbahaya bagi tubuh atau makanan dan minuman tersebut kadaluarsa dan mengandung jamur atau bakteri. Keracunan juga bisa dikarenakan oleh gas beracun sehingga bisa menimbulkan gangguan pernapasan. Selain itu gas beracun juga bisa menimbulkan masalah lain seperti pusing dan mual. Dari definisi racun dan keracunan tersebut, bila anda mengalaminya  maka harus segera dilakukan penanganan yang tepat. Keracunan yang tidak segera diatasi akan menimbulkan kematian karena kesadaran akan menurun demikian juga dengan daya tahan tubuh. Racun dan keracunan bisa dicegah dan diatasi dengan tepat sehingga bahaya yang ditimbulkan juga bisa dicegah. Salah satu pencegahannya adalah dengan menggurangi konsumsi obat-obatan dan juga konsumsilah makanan sehat dan masih segar atau belum kadaluarsa.

Baca Juga Yang satu ini ...
Inilah 5 Langkah Sederhana Memulai Gaya Hidup Sehat
banner smartdetox bawah baru

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *