Detoks Dengan Metode Air Putih

Orang bisa bertahan hidup sampai berpuluh-puluh hari tanpa makan, tetapi bisa meninggal karena tidak minum selama tiga hari. Begitulah. Air adalah sesuatu yang sangat penting bagi kita, lebih-lebih bagi orang yang tinggal di daerah beriklim tropis seperti kita.

Saat tubuh panas, dua juta kelenjar keringat mengeluarkan keringat yang mengandung 99 persen air. Dalam jumlah kecil, secara konsisten tubuh kita juga mengeluarkan air sepanjang hari melalui pernapasan (pengembusan napas) dan (air) mata.

Setiap hari kita memerlukan paling tidak dua liter air. Namun, kebanyakan orang hanya akan minum ketika merasa haus. Padahal, rasa haus bukan indikasi yang baik mengenai kebutuhan tubuh akan air.

Air merupakan zat gizi yang diperlukan tubuh setelah karbohidrat, protein, lemak, vitamin, dan mineral. Air berfungsi mengirimkan mineral, vitamin, protein dan zat gizi lainnya ke seluruh tubuh manusia.

Detoks Dengan Metode Air Putih

Detoks Dengan Metode Air Putih

Mengonsumsi air minum dalam jumlah yang cukup banyak dapat membantu membuang sampah dan racun (toksin) yang ada di dalam tubuh. Air mampu membersihkan racun di dalam tubuh yang dikeluarkan melalui keringat, air seni, feses (tinja), dan pernapasan. Penggunaan air murni untuk detoksifikasi akan lebih baik karena air murni memiliki daya larut yang tinggi.

Saat kita hanya sedikit meminum air, maka air seni dan keringat yang keluar dari tubuh juga sedikit. Hal ini artinya racun yang keluar dari dalam tubuh juga sedikit. Racun yang tidak keluar ini akan menumpuk dan meracuni organ-organ yang ada di dalam tubuh. Akibatnya, tubuh menjadi tidak bugar dan mudah sakit.

Berikut adalah beberapa manfaat lain mengonsumsi air putih bagi kesehatan.

  • Menjaga keseimbangan tubuh.

Lebih dari separuh tubuh kita terdiri atas cairan. Fungsi cairan ini antara lain untuk proses pencernaan, transportasi nutrisi, penyerapan nutrisi, sirkulasi darah dalam tubuh, dan mempertahankan suhu tubuh. Jika kekurangan air, tubuh menjadi tidak seimbang. Kekurangan air dapat menyebabkan dehidrasi pada tubuh manusia yang berakibat pada kinerja tubuh dan otak. Akibatnya adalah cepat lupa, sulit berkonsentrasi, dan lekas lelah.

 

  • Menyegarkan kulit.

Salah satu cara menjaga kelembapan kulit adalah denganmengonsumsi air putih yang cukup. Kulit yang terjaga kelembapannya akan terlihat segar, tidak kering dan kusam. Tidak hanya itu, minum cukup air putih juga dapat membuang racun dari dalam tubuh sehingga kulit senantiasa terjaga kesehatannya.

 

  • Memelihara fungsi ginjal.

Salah satu racun yang harus dibuang dari dalam tubuh adalah nitrogen urea darah, sejenis cairan yang dapat melewati ginjal untuk kemudian diproses dan dibuang dalam bentuk urine. Saat tubuh cukup cairan, urine akan mengalir bebas, jernih, dan tidak begitu berbau. Sebaliknya, saat kekurangan cairan, konsebtrasi urine, warna, dan baunya akan terlihat jelas sebab ginjal harus menyerap cairan ekstra untuk menjalankan fungsinya. Kekurangan air bisa menyebabkan Anda berisiko mengalami batu ginjal.

 

  • Mempertahankan fungsi usus.

Asupan cairan yang cukup akan membuat makanan yang melewati saluran cerna mengalir lancar dan mencegah sembelit. Usus besar adalah sumber mineral air utama. Saat hanya mendapatkan pasokan air yang sedikit, tubuh akan merampas sumber air Eternal sehingga timbullah sembelit. Saat tubuh mendapat pasokan air yang cukup, fungsi usus besar akan kembali normal dan rasa sembelit akan sembuh.

Sumber : Hidup sehat dengan detoks

Oleh : iyan sugung

Baca artikel menarik lainnya : Berapakah Harga Jantung Kita

banner smartdetox bawah baru

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *