Diabetes (Kencing Manis Tipe 2)

Diabetes (Kencing Manis Tipe 2)

Jumlah pengidap diabetes di Indonesia menurut data WHO pada tahun 2009 mencapai 8 juta jiwa dan diprediksi akan meningkat menjadi lebih dari 21 juta jiwa pada tahun 2025. Itu yang membuat Indonesia menempati peringkat empat negara dengan jumlah penderita diabetes terbanyak di dunia. Survei terhadap pengidap diabetes di Jakarta menunjukkan bahwa 1 dari 8 orang mengidap diabetes. Baik pria maupun wanita, tua maupun muda, tinggal di kota maupun desa, memiliki risiko diabetes yang sama. Apa itu diabetes? Bagaimanagejala diabetes? Apa bahaya diabetes sehingga sering dijuluki “silent killer atau “pembunuh yang senyap”? Dapatkah diabetes disembuhkan? Karena penyakit ini berhubungan dengan makanan, penulis akan berusaha membagikan menu untuk penderita diabetes.

Diabetes dan indeks glikemik Para peneliti telah mencoba untuk menentukan apa yang menyebabkan kadar gula darah melambung tinggi setelah makan, terkait dengan diabetes. Beberapa “tersangka” utama penyebab naiknya kadar gula darah adalah gula, karbohidrat, dan pati (tepung-tepungan). Indeks Glikemik (Glycaernic Index/ Gl) adalah peringkat yang disusun untuk mengukur pengaruh,tiap-tiap makanan pada kadar gula darah. Indeks ini memperhitungkan jenis karbohidrat dalam makanan dan efeknya terhadap gula darah.

Makanan dengan Indeks Glikemik rendah biasanya memiliki dampak yang sedikit pada kadar gula darah setelah makan. Orang yang makan banyak makanan ber-GI rendah cenderung memiliki tingkat lemak tubuh total yang lebih rendah. Makanan tinggi Gl umumnya membuat kadar gula darah lebih tinggi. Orang yang makan banyak makanan berGI tinggi sering kali berujung pada tingginya kadar lemak tubuh.

Secara umum, makan banyak makanan ber-GI tinggi dapat merusak kesehatan Anda karena mendorong batas ekstrim tubuh Anda. Jika Anda memiliki kelebihan berat badan dalam jangka waktu cukup lama, ancaman penyakit jantung dan diabetes jelas di depan mata. Beralihlah ke karbohidrat ber-GI rendah yang akan secara perlahan memecah glukosa ke dalam darah Anda sehingga membuat tingkat energi Anda lebih seimbang dan sekaligus membuat Anda merasa kenyang lebih lama di antara waktu makan.

Diet rendah GI mampu meningkatkan harapan hidup serta mencegah dampak negatif tingginya kadar gula darah. Diet-rendah GI cukup mudah dilakukan, cukup dengan mengganti segala makanan yang berkadar GI tinggi dengan makanan yang ber-GI rendah. Tak perlu terlalu banyak melakukan perhitungan untuk memastikan Anda makan diet sehat rendah GI. Beberapa penerapan yang bisa dilakukan dalam diet rendah GI di antaranya kurangi memakan kentang, nikmati segala jenis buah dan sayuran, gunakan nasi dari beras merah, nikmati berbagai jenis pasta, dan makan banyak salad sayuran dengan saus minyak zaitun.

Indeks Glikemik adalah angka yang menunjukkan potensi peningkatan gula darah dari karbohidrat yang tersedia pada suatu pangan atau secara sederhana dapat dikatakan sebagai tingkatan atau rangking pangan menurut efeknya terhadap kadar glukosa darah. Penderita diabetes wajib memiliki Indeks Glikemik ini dan harus berkonsultasi dengan dokter.

Diabetes (Kencing Manis Tipe 2)

Diabetes (Kencing Manis Tipe 2)

Sumber : SEHAT ITU PILIHAN
Artikel Lainnya : Penyakit Mendengkur

banner smartdetox bawah baru

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *