Diabetes Tipe 2

Diabetes Tipe 2

Diabetes Tipe 2, bentuk yang paling umum. «ering menemani obesitas. Kita. mempunyai berat tubuh yang terus bertambah dan la|u penderita diabetes meniadi di luar kendali. Seiak 1990 hingga 1998. keiadian diabetes meningkat 33%. Lebih dari itu orang dewasa di Amerika menderita diabetes dan lebih dari 150 000 angkatan muda Amerika mengidap penyakit ini. Itu berarti sekitar 16 puta pe nduduk Amerika Apakah itu sudah yang paling buruk? Sepertiga dari orang yang menderita diabetes tidak menyadari bahwa mereka mengidapnya.

Anda akan menyadari bahwa mi masalah serius saat anak anak kita, pada masa pubernya, mulai menjadi korban diabetes yang biasanya menyerang orang dewasa di atas usia 40 tahun Sebuah surat kabar baru-baru ini mengilustrasikan epidemi ini dengan kisah seorang gadis yang memiliki berat tubuh 156 kg pada uvia 15 tahun, mengidap ienis diabetes “orang dewasa”, dan harus menyuntikkan insulin 3 kali sehari.’

Apakah sebenarnya diabetes, mengapa kita harus peduli dengannya, dan bagaimana kita membuat serangan diabetes berhenti?

Dua Wajah Iblis yang Sama

Hampir semua kasus diabetes adalah Tipe 1 dan Tipe 2. Tipe I berkembang pada anak-anak dan masa kecil. Oleh sebab itu. sering disebut diabetes anak muda. Jenis ini mencakup 5-10% dari seluruh kasus diabetes. Pipe 2, yang mencakup 90-95% dari seluruh kasus, dulunya biasa terjadi pada orang dewasa di atas usia 40 tahun. Oleh sebab itu. disebut diabetes orang dewasa.2 Namun, karena hingga 45% dari kasus diabetes baru yang menimpa anak-anak adalah diabetes Tipe 2.4 spesifikasi nama yang merujuk kepada usia tidak lagi digunakan. Jadi. kedua jenis diabetes tersebut hanya dirujuk dengan Tipe 1 dan Tipe 2.’

Pada kedua jenis, diabetes diawali dengan tidak berfungsinya metabolisme glukosa. Metabolisme yang normal seperti berikut.

  1.  Kita makan.
  2.  Makanan dicerna dan bagian karbohidrat dipecah menjadi gula sederhana, umumnya berbentuk glukosa.
  3. Glukosa (gula darah) masuk ke dalam darah dan insulin diproduksi oleh pancreas untuk mengatur transportasi dan distribusinya ke dalam tubuh.
  4.  Insulin, berperan sebagai pemegang kunci, membuka pintu bagi glukosa untuk masuk ke sel yanj berbeda untuk berbagai tujuan. Sebagian glukosa akan dikonversi menjadi energi jangka pendek untuk segera digunakan oleh sel, dan sebagian lagi disimpan sebagai energi jangka panjang (lemak) untuk digunakan nanti.

Saat seseorang men;idap diabetes, proses metabolisme ini hancur. Diabetes Tipe 1 tidak dapat memprodiksi cukup insulin karena sel penghasil insulin dalam pankreas telah rusak. Ini adalah akibat tubuh yang menyerang dirinya sendiri, menjadikan diabetes Tipe 1 sebagaipenyakit autoimun. (Diabetes Tipe 1 dan penyakit autoimun lainnva akan dibahas daam Bab 9.) Diabetes Tipe 2 dapat memproduksi insulin, tetapi insulin tersebut tidak nelakukan tugasnya. Ini disebut perlawanan insulin, artinya saat insulin mulai “menberi perintah” untuk melepaskan gula darah, tubuh tidak mau mendengarkannya. Insilin menjadi tidak efektif dan gula darah tidak ter metabolisme dengan benar.

Bayangkan tubuh /hda sebagai sebuah bandara, lengkap dengan tempat parkir yang luas. Setiap unit ula darah Anda adalah seorang pelancong. Setelah makan, gula darah Anda memikat. Dalam analogi, itu jrtinya mulai banyak pelancong yang tiba di bandara. Orangorang mulai memarkir mobilnya dan berjalan ke perhentian bus, tempat jemputan yang mengantar mereka. Saat gula «larah terus meningkat, tempat parkir akan mencapai kapasitas maksimalnya dan semua orang memadati perhentian bus. Bus jemputan tersebut, tentu saja. adalah insulin. Pada bandara yang terkena diabetes, sangat disayangkan, ada berbagai kendala dengan busnya. Pada bandara diabetes Tipe 1, bus jemputan tidak ada. Satu-satunya perusahaan bus di alam semesta tubuh kita, Perusahaan Pankreas, sudah ditutup. Pada bandara diabetes I’ipe 2, tersedia beberapa bus jemputan, tetapi bus-bus tersebut tidak berfungsi baik.

Pada kedua kasus, para pelancong tidak pernah sampai ke tempat tujuan. Sistem penerbangan hancur dan kerusuhan pun teriadi. Pada kehidupan nyata, hal ini berarti meningkatnya gula darah sampai pada tingkat yang membahayakan. Kenyataannya, diabetes didiagnosis melalui observasi terhadap kadar gula darah yang meningkat atau “buangannya” dalam urine.

Apakah risiko jangka panjang dari terganggunya sistem metabolisme glukosa? Berikut ini ringkasannya, dikutip dari laporan Centers for Disease Control.’

Penyakit Jantung

• 2-4 kali lipat risiko kniutum akibat penyakit jantung.

Stroke

• 2-4 kali lipat risiko terserang stroke.

Tekanan Darah Tinggi

. Lebih dari 70% penderita diabetes mengidap tekanan darah tinggi.

Kebutaan

. Diabetes adalah penyebab terbanyak dari kebutaan pada orang dewasa.

Penyakit Ginjal

• Diabetes adalah penyebab terbanyak dari penyakit ginjal tahap akhir.

• Lebih dari 100.000 penderita diabetes menjalani dialisis atau transplantasi ginjal pada tahun 1999.

Penyakit Sistem Saraf

• 60-70% penderita diabetes juga menderita kerusakan sistem saraf tingkat

Amputasi

• Lebih dari 60% dari semua kasus amputasi tubuh bagian bawah disebabkan oleh diabetes.

Masalah Gigi

• Peningkatan frekuensi dan keparahan penyakit gusi yang menyebabkan gigi

Komplikasi Kehamilan

Meningkatnya Kerawanan terhadap Penyakit Lain

Kematian

Obat-obatan modern dan tindakan operasi tidak dapat menawarkan penyembuhan untuk diabetes. Obat obatan yang tersedia sekarang memungkinkan seseorang dapat hidup cukup normal, tetapi tidak akan melakukan apa pun terhadap penyebab penyakit. Sebagai konsekuensinya, penderita diabetes menghadapi pengobatan dan perawatan seumur hidup, menjadikan diabetes sebagai penyakit yang sangat mahal. Pengeluaran ekonomi untuk diabetes di Amerika mencapai sekitar US$130 miliar per tahun.’

Namun, masih ada harapan. Makanan yang kita konsumsi berpengaruh luar biasa terhadap penyakit ini. Pola makan yang benar tidak hanya mencegah, tetapi menyembuhkan diabetes. Lantas, pola makan seperti apa yang “benar” itu? Anda mungkin dapat menebak apa yang akan saya katakan, tetapi biarkan penelitian yang menjawabnya.

KESIMPULAN
Diabetes Tipe 2 bisa terpengaruh dari segala jenis makanan & aktivitas Anda. Maka itu, jagalah pola Makan Anda & Selalu Berolahraga.

 

SUMBER                                  : RAHASIA ORANG CHINA
LIHAT ARTIKEL LAINNYA        : gejala awal penyakit tetanus

banner smartdetox bawah baru

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *