Diet Diabetes Untuk Tanggulangi Penyakit Diabetes

Diet Untuk Penderita Diabetes

Perawatan diabetes sangat diperlukan mengingat penyakit ini belum dapat disembuhkan dan pembiaran penyakit berdampak timbulnya komplikasi penyakit baru. Perawatan diabetes yang terbukti efektif adalah pengaturan pola makan dan gaya hidup. Pengaturan pola makan atau diet berfungsi untuk mengendalikan apa yang dikonsumsi diabetisi. Hal ini pada gilirannya dapat menjaga kadar gula darah dalam kon-disi normal dan terkendali.

Secara garis besar, tujuan utama diet diabetes adalah se-bagai berikut:

• Mencapai dan mempertahankan kadar glukosa darah menjadi normal atau setidaknya mendekati normal.

• Mendapatkan berat badan normal.

• Mencegah timbulnya komplikasi diabetes.

• Meningkatkan kualitas hidup diabetisi.

Pedoman Diet Diabetes

Dalam diet diabetes, ada beberapa aturan atau prinsip-prinsip yang harus dipatuhi. Kepatuhan dan kedisiplinan menjadi kunci keberhasilan diet untuk pengendalian kadar gula darah. Apa saja aturan atau prinsip-prinsip dalam diet diabetes? Berikut kita simak uraiannya.

• Disiplin pada Jadwal Makan

Pada penderita diabetes, hal yang umum terjadi adalah munculnya rasa lapar yang berlebihan. Akibat dari kondisi ini menyebabkan penderita diabetes makan dengan porsi yang banyak atau berlebihan. Padahal, hal ini sangat tidak menguntungkan bagi diabetes yang diderita. Makan berlebihan akan memicu naiknya kadar gula darah, apalagi bila jenis makanan yang dikonsumsi mengandung zat-zat yang berpengaruh pada naiknya gula darah lebih tinggi lagi.

Pada dasarnya, diabetisi tetap diperbolehkan makan seperti orang normal yang sehat, hanya saja beberapa aturan harus dituruti dengan baik. Aturan yang dimaksud biasa disebut 3J, yaitu Jadwal, Jumlah, dan Jenis makanan yang dikonsumsi.

Jadwal makan menunjukkan keteraturan dalam meng-konsumsi makanan. Hal ini penting, diabetisi harus memiliki jadwal makan yang teratur. Jadwal makan untuk diabetisi yang dianjurkan adalah sebanyak 6 kali, yaitu 3 kali makan utama dan 3 kali makan selingan di antara makan utama. Berikut contoh jadwal makan untuk diabetisi, yaitu:

S Jam 05.30 – 07.00: sarapan pagi.

S Jam 09.00 – 10.00: makan selingan.

S Jam 12.00 – 14.00 : makan siang.

S Jam 15.00 – 16.00 : makan selingan.

S Jam 18.00 – 19.00: makan malam.

S Jam 21.00: makan selingan.

Yang perlu diperhatikan diabetisi, jadwal makan senantiasa diusahakan tepat waktu, karena telat makan dapat menimbulkan kondisi hipoglikemia (rendahnya kadar gula darah) dengan gejala seperti pusing, mual, dan pingsan. Apa-bila hal ini terjadi segera minum asupan gula.

• Memperhatikan Jumlah Makanan

Setelah jadwal makan, aturan diet selanjutnya untuk diabetisi adalah memperhatikan jumlah makan yang dikon-sumsi. Jumlah makan (kalori) yang dianjurkan bagi diabetisi adalah makan lebih sering dengan porsi kecil. Tidak dianjurkan bagi diabetisi makan dalam porsi banyak/besar sekali-gus. Tujuan cara makan seperti ini agar jumlah kalori terus merata sepanjang hari, sehingga beban kerja organ-organ tubuh tidak berat, terutama organ pankreas. Cara makan yang berlebihan (banyak) tidak menguntungkan bagi fungsi pankreas. Asupan makanan yang berlebihan merangsang pankreas bekerja lebih keras.

• Memilih Jenis Makanan yang dikonsumsi

Setelah jadwal dan jumlah, pengaturan selanjutnya pada diet diabetes adalah pemilihan jenis makanan. Pemilihan makanan untuk diabetisi adalah sebagai berikut:

S Memilih karbohidrat kompleks daripada karbohidrat sederhana

• Mengendalikan asupan protein dan memilih protein na-bati

S Memilih makanan rendah lemak

S Memilih asupan makanan dengan indeks glikemik rendah

• Pengendalian asupan gula

Gula dan produk lain dari gula sebaiknya dikendalikan asupannya. Penggunaan dalam bumbu masih diperbolehkan sehingga diabetisi masih bisa menikmati makanan keluarga. Diabetisi bisa menggunakan gula alternatif untuk pemanis minuman atau makanan seperti gula mapel murni (gula yang dibuat dari getah pohon mapel), gula diabet, madu diabet, dan gula merah diabet. Tujuan yang perlu dicapai oleh diabetisi menghindari sebanyak mungkin gula murni dan jajanan manis dan gunakan lebih banyak makanan tinggi karbohidrat kompleks, serat dan gula yang ada secara alami. Gula bisa jadi racun jika melebihi 8 sendok sehari (gula murni). Ma-kin sederhana struktur gulanya, makin mudah diserap oleh tubuh sehingga lebih cepat menaikkan kadar gula dalam da-rah.

• Mengubah gaya hidup tidak sehat yang menjadi faktor resiko diabetes

Gaya hidup sangat besar pengaruhnya terhadap timbulnya penyakit diabetes. Oleh karenanya, diabetisi dianjurkan untuk mengubah gaya hidup tidak sehat ke gaya hidup yang sehat, di antaranya dengan menghilangkan kebiasaankebiasaan buruk seperti merokok & alkohol, begadang, dan Iain-lain.

KESIMPULAN

Diet Diabetes Untuk Tanggulangi Penyakit Diabetes, jika anda tertarik Anda bisa mencoba saran & artikel diatas

Diet Diabetes Untuk Tanggulangi Penyakit Diabetes

Diet Diabetes Untuk Tanggulangi Penyakit Diabetes

Sumber : CARA CEPAT & SEHAT TURUNKAN BERAT BADAN
Artikel Lainnya : HEAT STROKE

banner smartdetox bawah baru

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *