Diet – pengaturan Pola Makan

Diet apabila diartikan secara harfiah, berarti pengaturan pola makan. Ada banyak jenis diet yang dilakukan selama ini. ada diet untuk menurunkan berat dan kadar lemak, ada pula diet untuk meningkatkan berat dan komposisi otot. Ada diet untuk mencegah kerapuhan tulang, ada pula diet untuk penderita diabetes, dan sebagainya.

 

Diet – pengaturan Pola Makan

Dalam menyikapi diet, sebaiknya kita memandang diet sebagai sesuatu yang bisa diatur. Kebugaran pada dasarnya sama dengan keuangan. Bila ingin meraih tingkat keuangan yang nyaman, sebaiknya pemasukan dan pengeluaran diatur sedemikian rupa sehingga memungkinkan adanya tabungan dan keuntungan. Bila ingin meraih tingkat kebugaran yang nyaman, sebaiknya olah raga dan pola makan diatur sedemikian rupa sehingga memungkinkan adanya komposisi lemak yang rendah dan otot yang  tinggi.

Ada gurauan bahwa tidak perlu melakukan hal yang ada kata ‘die’ (mati) dalam sebuah kata “DIE-T”. Paham ini hanyalah permainan kata-kata yang tidak perlu dipertimbangkan secara serius. Pengertian terbaik yang bisa diberikan pada pendapat ini adalah diet tidak seharusnya menghadirkan begitu banyak pantangan.

Kita bisa fokus pada pola pikir yang lebih tepat dengan menyadari bahwa ‘diet’ adalah ‘food management’ (pengaturan makan) untuk meningkatkan kualitas kesahatan kita. Diet tidak pernah punya pantangan. Dalam diet hanya ada pengaturan makan demi kebaikan kita, serta pertimbangan bijak, matang, dan terukur agar kita mengkonsumsi, mengurangi, atau menghindari makanan tertentu.

 

Sumber  : 101 bakar lemak oleh Ade rai

Visit : www.SmartDetoxSynergy.com

Baca artikel menarik lainnya : Diet Sehat, Tubuh Sehat, Badan Ideal

Baca Juga Yang satu ini ...
Konsumsi Diet Tinggi Protein

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *