faktor risiko kanker payudara

faktor risiko kanker payudara pdf

Sampai saat ini, penyebab pasti munculnya kanker payudara belum diketahui secara pasti. Namun, para ilmuwan melihat ada banyak faktor yang dapat memicu salah satu pembunuh terbesar kaum wanita ini.

  • Faktor reproduksi. Karakteristik reproduktif yang berhubungan dengan risiko kanker payudara adalah nuliparitas, menarche pada usia muda, menopause pada usia lebih tua, dan kehamilan pertama pada usia tua.

 

  • Hormon. Hormon yang berhubungan dengan risiko munculnya pembunuh no. 2, setelah kanker leher rahim, adalah hormon estrogen. Menurut Harvard Schoolf of Publich Health, terdapat peningkatan kanker payudara yang signifikan pada pengguna terapi estrogen replacement.
faktor risiko kanker payudara pdf

faktor risiko kanker payudara pdf

  • Penyakit fibrokistik. Tidak ada peningkatan risiko kanker payudara pada wanita yang mengalami adenosis, fibroadenoma, dan fibrosis. Risiko meningkat sampai 2 kali pada wanita dengan hiperplasis dan papiloma. Risko meningkat hingga 5 kali pada perempuan dengan hiperplasia atipik.

 

  • Obesitas. Obesitas diklaim dapat menjadi faktor risiko kanker payudara pada wanita pasca menopause.
  • Lemak. Wanita yang berusia lebih dari 30 tahun yang mengonsumsi lemak, menurut beberapa penelitian, berisiko menderita kanker payudara.

 

  • Faktor genetik. Dari sebuah penelitian diketahui bahwa kanker payudara berhubungan dengan gen tertentu. Apabila ada gen kerentanan terhadap kanker payudara, besar kemungkinan terjadi kanker payudara pada usia 50 tahun ke atas.

 

  • Radiasi. Jika orang sudah menjalani perawatan dengan radiasi pada dada ketika masih kecil atau remaja, ada kemungkinan muncul kanker payudara pada kemudian hari.

Sumber : genie edisi 47

Baca artikel menarik lainnya : Makalah kanker payudara , wanita kerja malam lebih rawan kena kanker payudara

 

banner smartdetox bawah baru

Baca Juga Yang satu ini ...
Jenis Olah Raga Yang Disarankan Untuk Melakukan Detoksifikasi

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *