flu tidak kunjung sembuh

FLU

Influensa atau dikenal juga sebagai flu adalah infeksi pernapasan karena virus, yang menyerang hidung, tenggorokan, dan paru-paru. Flu ini berbeda dengan “flu perut.” Sekitar 10-20% populasl diperkirakan menderita influenza setiap tahun. Pada orang dewasa sehat biasanya flu tidak berbahaya. Namun pada usia > 65 tahun dan pada penderita penyakit kronis. Flu dapat mengakibatkan komplikasi yang sangat serius, misalnya, pneumonia dan bronkitis.

Gejala

Gejala influenza berbeda dengan selesma. Influenza lebih serius dan dapat menyebabkan Anda harus beristirahat baring. Berbeda dengan flu perut, influenza biasanya tidak menyebabkan muntah atau diare. Gejala flu meliputi:

> Demam, sering 39°C- 40°C, yang dapat

berlangsung hingga 7 hari >• Sakit kepala

> Sakit badan, yang dapat bertambah parah

> Kelelahan, yang dapat berlangsung hingga 2-3 minggu

>• Batuk kering, kadang-kadang parah

>• Hidung tersumbat ringan dan sakit tenggorokan

Komplikasi

> Radang paru ( pneumonia)

> Radang saluran napas (Bronkitis)

Penyebab

Influenza disebabkan oleh virus dan sangat menular, ditularkan saat orang yang menderita influenza:

> Menyentuh atau berjabat tangan

> Bersin atau batuk tanpa menutup mulut

> Menyentuh benda, misalnya gagang pintu vang mungkin orang lain juga akan menyentuhnya.

Apa yang dapat Anda lakukan

> Tetap di rumah dan beristirahat. Ini adalah salah satu cara terbaik untuk mengatasi influenza, dan tidak menularkannya ke orang lain.

> Minum lebih banyak air. Minuman hangat akan menimbulkan rasa nyaman, terutama jika tenggorokan teriritasi. Minum air yang cukup penting untuk mencegah dehidrasi saat Anda mengalami demam.

> Untuk melegakan hidung tersumbat, tidur dengan posisi kepala ditinggikan. Orang dewasa dapat menggunakan obat bebas dekongestan. Pastikan untuk mengikuti do&is yang dianjurkan. Jika Anda memiliki tekanan darah tinggi, diabetes, penyakit arteri koroner, penyakit tiroid, atau sedang hamil, konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter Anda sebelum menggunakan dekongestan.

> Atasi sakit kepala, otot pegal, dan demam dengan aspirin, asetaminofen, atau ibuprofen. Jangan berikan aspirin pada anak di bawah 21 tahun.

Apa Yang Dapat Dokter lakukan

> Memberikan resep. Karena influenza adalah infeksi virus, maka tidak dapat diobati dengan antibiotik. Namun, ada obat antivirus yang dapat mengurangi keparahan dan memperpendek durasi flu jika diberikan dalam waktu 48 jam sejak timbulnya gejala.

> Menganjurkan pemberian vaksinasi flu tahunan.

Tips pencegahanMendapatkan vaksinasi flu adalah pertahanan terbaik melawan influenza. Namun, ada beberapa langkah lain untuk melindungi diri Anda sendiri dan mencegah penyebaran penyakit ini:> Peliharalah daya tahan tubuh terhadap infeksi dengan diet yang baik, banyak istirahat, dan olahraga teratur.> Sering mencuci tangan selama minimal 15-30 detik dengan sabun dan air.> Jauhkan tangan dari hidung, mata, dan mulut. Jika kuman flu menempel di tangan Anda, Anda dapat menyebarkan infeksi pada diri sendiri dengan menggosok mata atau menyentuh hidung atau mulut.

> Cuci tangan setelah memegang suatu benda, misalnya, gagang pintu, telepon, mainan. Jauhi orang-orang yang batuk dan bersin.

> Batasi waktu Anda untuk tinggal dalam ruangan yang sama dengan orang sakit.

> Hindari paparan virus. Dalam kerumunan banyak orang, mungkin terdapat banyak virus flu di udara. Jika Anda sakit, tinggal di rumah dan beristirahat.

> Jangan berbagi barang pribadi Anda, termasuk handuk, waslap, cangkir, gelas, sedotan, pisau cukur, dan sikat gigi.

> Sering cuci tangan jika Anda sedang menderita flu untuk menghindari penularan ke orang lain.

 

Catatan

Efektivitas vaksin influenza dalam mencegah flu sekitar 70%. Anda perlu mendapatkan vaksin flu setiap tahun karena virus yang menyebabkan influenza dapat berubah dan ahun ke tahun dan perlindungan dari vaksinasi akan menirun setelah 1.2 bulan. Vaksin ini tidak mengandung virus hidup. sehingga Anda  tidak akan terkena flu dari vaksin tersebut. Kebanyakan orang tidak merasakan adanya efek samping setalah vaksinasi, selain kemerahan atau bengkak di tempat suntikan selama 1-2 hari. Kadang-kadang juga, terdapat demam dan nyeri otot.

 flu tidak kunjung sembuh

flu tidak kunjung sembuh

 

Sumber : HEALTH GUIDE MAGAZINE
Artikel Lainnya : jus untuk menurunkan darah tinggi

banner smartdetox bawah baru

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *