Gambaran Klasik Stroke Komplet

 

Gambaran Tentang klasik stroke komplet, akibat terbentuknya sumbatan pada salah satu pembuluh darah otak sisi kanan. Merasa lengan dan tungkai kirinya terasa lemas, tak berdaya untuk digerakkan, apalagi diangkat. Suaranya pun parau savup-sayup, lidahnya terasa kelu, dan liurnya tak tertahan meleleh dari sudut bibirnya. Dan tergolek saja, nyaris bergeming. Ini tergolong jenis stroke yang sudah selesai dan tidak bakal berkembang lebih lanjut. Kebanyakan disebabkan oleh adanya suatu thrombotik, atau gumpalan penyumbat.

Penyumbatan terjadi pada pembuluh darah otak sendiri yang sudah lama kian menebal oleh karat lemak. Proses penebalannya tentu sudah berlangsung lama, terbentuk secara berangsur-angsur, hingga akhirnya penebalan itu menyumbat total pembuluhnva.

Kita tahu sumbatan juga bisa datang dari pembuluh darah yang jauh dari otak, yakni pembuluh darah di batang leher , kalau bukan dari jantung. Jika sejak lama pembuluh leher ini menebal oleh karat lemak, dan ini lazim pada yang lemak (lipid) darahnva tinggi, kemudian ada sempalan gumpalan lemak yang mendadak luruh di situ, lalu sempalan itu terlepas hanyut terbawa aliran darah menuju ke pembuluh darah otak.

Gambaran Klasik Stroke Komplet

Gambaran Klasik Stroke Komplet

Gumpalan bekuan yang hanyut ini yang akhirnya tersangkut pada pembuluh otak yang ukuran penampangnya lebih kecil dari ukuran karat lemak terhanyut itu. Sumbatan kiriman ini yang disebut emboli.

Emboli juga bisa berasal dari bekuan yang melekat pada katup jantung yang dulu pernah sakit, dan berisi sel pembeku thrombosit, sisa sampah infeksi, dan karat lemak yang luruh. Jika terjadi turbulensi arus darah, atau perubahan denyut dan debaran jantung, atau tekanan darah yang melonjak atau anjlok tiba-tiba, gumpalan bekuan darah, karat lemak, atau sisa infeksi katup itu bisa luruh terlepas lalu terhanyut masuk ke dalam darah,dan mengalir menuju ke otak.

Baca Juga Yang satu ini ...
Cara Mendapatkan Pacar Anak SMA Kurang Dari seminggu

Gumpalan bekuan yang hanyut ini yang akan tersangkut pada pembuluh otak yang ukuran lumennya lebih kecil dari ukuran gumpalan bekuan darah, lemak, dan sisa-sisa sampah infeksi itu.

Kita tahu percabangan pembuluh darah otak sebagaimana halnya akar pohon, semakin ke ujung semakin kecil penampangnya. Maka, semakin kecil ukuran emboli yang terbawa aliran darah menuju ke otak, semakin jauh perjalanannya sebelum tersangkut pembuluh darah yang penampangnya lebih kecil dari emboli-nya sendiri.

Kasus di atas umumnya disebabkan oleh proses thrombotik atau penebalan pembuluh darah oleh karat lemak, dan bukan emboli. Mengapa? Oleh karena serangan strokenya muncul pada saat sedang beristirahat (sedang berbaring). Kasus stroke oleh emboli, dengan gejala yang bisa saja sama dengan stroke sebab thrombotik, umumnya terjadi sewaktu melakukan aktivitas fisik, seperti sedang mandi, berolahraga, atau kegiatan lainnya.

Sumber : Cara sehat

Oleh : Dr. Handrawan Nadesul

Baca artikel menaril lainnya : Kelebihan Latihan Menggunakan Dumbbell

banner smartdetox bawah baru

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *