gatal yang tak kunjung sembuh

GATAL

Gatal adalah iritasi kulit yang menyebabkan Anda ingin menggaruk. Gatal bisa bersifat lokalisata (terbatas di satu area tubuh) atau generalisata (terjadi di seluruh tubuh). Keadaan ini lazim terjadi tetapi seringkali tidak berbahaya. Gatal disertai dengan kelainan kulit yang terlihat jelas hendaknya diperiksakan ke dokter, dan pada beberapa kasus sebaiknya dibawa ke spesialis kulit karena kemungkinan memerlukan penanganan khusus.

Penyebab umum

Gatal menyeluruh :

> Kulit kering (serosis) yang seringkali disebabkan oleh penambahan usia, sering mandi/berendam di air panas, suhu tinggi dan kelembaban rendah. Stres dan kecemasan juga bisa menjadi penyebab kulit kering.

> Alergi

> Gigitan atau sengatan serangga

> Obat tertentu (misal antibiotik)

Gatal di area tertentu :

> Kulit kepala: ketombe, kutu, kurap, kulit kepala yang kering

> Tangan, sela jari kaki, lipatan tubuh, kelamin: kudis, infeksi jamur, kurap

> Kemaluan wanita (vulva): kering, kadar rendah hormon karena menopause

> Anus: wasir, cacing

> Kaki: athlete’s foot (infeksi jamur di kulit kaki)

> Tangan: eksim

Komplikasi

> Infeksi bakteri, jika penggarukan menyebabkan kulit mengelupas

> Kurang tidur

> Rewel

Apa yang dapat Anda lakukan

> Mandi secara teratur untuk menjaga agar tubuh terhindar dari penyakit kulit, tetapi jangan berlebihan. Terlalu sering mandi dapat menyebabkan kulit kering dan memicu gatal. Hindari berendam dalam air panas, sauna, yang dapat menjadikan kulit kering. Oleskan pelembab secara teratur setelah mandi.

> Oleskan losyen kalamin atau krim anti gatal. Hindari penggarukan karena kulit dapat terkelupas dan terinfeksi. Jika sangat gatal, boleh digaruk tetapi jangan menggunakan kuku, garuklah dengan ujung-ujung jari.

> Kompres dengan es batu yang dibungkus handuk. Panas memperburuk gatal.

> Minum antihistamin (obat anti alergi). Jangan menyetir atau mengoperasikan mesin berat ketika Anda minum antihistamin karena obat ini menyebabkan kantuk, atau pada siang hari Anda bisa minum antihistamin yang tidak menyebabkan kantuk dan antihistamin dosis rendah pada malam hari.

> Jika diduga penyebabnya adalah penyakit yang serius, atau jika gejala menetap meskipun telah diobati, konsultasikan dengan doktei

Apa yang dapat Dokter lakukan

> Menentukan penyebab dan mengobatinya.

Pemeriksaan meliputi pengumpulan serpihan kulit untuk kemudian dianalisa, menentukan apakah ada infeksi atau tidak dan untuk menentukan organisme penyebab gatal.

> Mengatasi komplikasi. Jika terjadi infeksi, memberikan antibiotik atau antijamur atau kombinasi keduanya jika ditemukan bakteri dan jamur. Meresepkan pembersih, krim dan losyen formulasi khusus untuk mengurangi iritasi.

 

Kesimpulan

Penyakit Gatal disebabkan dari banyak sebab, maka itu perhatikan Kebersihan Badan Anda secara intensif.

gatal yang tak kunjung sembuh

gatal yang tak kunjung sembuh

 

Sumber : HEALTH GUIDE MAGAZINE
Artikel Lainnya : Apakah Konsumsi Roti Kering Akan Mengganggu Kesehatan Saya?

banner smartdetox bawah baru

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *