Gejala awal penyakit ginjal dan pencegahannya

Penyakit ginjal adalah termasuk penyakit “silent killer”, karena umumnya penyakit ini terdeteksi pada saat sudah kronis yang jika tidak segera ditangani secara serius dan tepat bisa mengakibatkan hal yang terburuk yaitu kematian. Karena itu penting bagi anda untuk mengetahui tanda-tanda dan gejala awal penyakit ginjal agar bisa menghindari resiko terburuk yang bisa terjadi. Umumnya penyakit ginjal berhubungan erat dengan gaya hidup yang beresiko tinggi dan juga merupakan komplikasi dari mengkonsumsi obat-obatan dalam jangka waktu tertentu, serta komplikasi dari penyakit diabetes, hipertensi, kelompok usia beresiko tinggi (usia diatas 60 tahun). Atau bisa juga karena penyakit bawaan.

 

Berikut beberapa tanda dan gejala awal penyakit ginjal yang perlu anda perhatikan, diantaranya adalah :

  • Berat badan turun dan nafsu makan yang kurang

Kedua tanda diatas saling berhubungan dan mungkin sering anda abaikan disaat aktivitas anda sangat padat. Atau memang sedang menjalani diet menurunkan berat bada. Padahal tanda-tanda ini merupakan saat dimulainya penyakit ginjal. Tubuh setiap hari membutuhkan energi dan nutrisi untuk melakukan berbagai aktivitas harian yang bersumber dari makanan, karena itu sangat penting memperhatikan jumlah asupan kalori yang anda konsumsi setiap hari.

  • Kelelahan yang sangat dan timbulnya sesak nafas

Ginal berfungsi sebagai penyaring racun dalam tubuh serta menghasilkan hormon eritropoietin yang berfungsi membawa oksigen sel darah merah ke seluruh bagian tubuh. Dan bila ginjal mengalami disfungsi atau gangguan maka kemungkinan hormon yang dihasilkan menjadi sedikit dan tidak cukup untuk menyebarkan oksigen keseluruh tubuh. Sehingga menyebabkan otak dan otot lebih mudah terasa letih, terutama pada kondisi kurang darah atau anemia. Hal ini juga bisa memicu terjadinya sulit menarik nafas panjang.

  • Kaki, pergelangan kaki, dan tangan mengalami pembengkakan
Baca Juga Yang satu ini ...
Manfaat maximum protein

Saat ginjal mengalami gangguan maka salah satu fungsinya yaitu mengurangi cairan dan limbah berlebih pada tubuh. Dimana cairan berlebih ini akan mengakibatkan pembengkakan pada kaki, tangan bahkan wajah karena meningkatnya retensi air pada tubuh.

 

Ketiga gejala awal penyakit ginjal diatas adalah hal yang perlu anda perhatikan agar bisa dapat melakukan tindakan guna melakukan tindakan pencegahan. Hal ini karena penyakit ginjal merupakan salah satu penyakit yang tidak terdeteksi apabila diperiksa ke dokter umum. Dan jika tidak mendapat perhatian ekstra akan memperburuk kondisi tubuh dari hari ke hari. Karena itu salah satu pengobatan alami yang bisa anda lakukan untuk mencegah penyakit ginjal adalah rajin mengkonsumsi air putih minimal 8-9 gelas sehari, kebiasaan sehat ini akan membantu kerja ginjal dalam membuang racun-racun dalam tubuh anda.

 

banner smartdetox bawah baru

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *