Gejala awal stroke yang perlu anda ketahui

 

Kalau sudah stroke, apa gunanya lagi mengenali gejalanya. Lebih penting mengenali gejala awal stroke yang perlu anda ketahui , atau tanda-tanda yang tengah mengarah bahwa proses untuk munculnya suatu serangan stroke tengah berlangsung.

Selain pernah ada riwayat stroke in evolution, dan TIA, beberapa keluhan seperti sering pusing, acap nyeri kepala, mendadak penglihatan jadi gelap sejenak, mengantuk melulu, dadakan jadi pelupa yang berlebihan, dan banyak lagi untuk disebutkan satu-satu, tak boleh diabaikan.

Bukan jarang proses stroke yang tengah berlangsung di otak menampakkan keluhan, seperti “Tulisan jadi jelek, seperti ceker ayam.” Dan kalau itu menimpa seorang pejabat yang kerjanya sering menandatangani, mendadak tekenan jadi kacau-balau.

Gejala awal stroke yang perlu anda ketahui

Gejala awal stroke yang perlu anda ketahui

Ada juga yang mengeluh gerakan lengan, atau tangannya terasakan jadi dungu, tak mau, atau tidak mampu melakukan sesuai dengan kehendak, terasa tidak tangkas mengambil, atau meletakkan sesuatu barang, misalnya.

Yang lain mengeluh, rokok yang sedang dipegang mendadak terjatuh tanpa terasa. Yang memegang pulpen, juga mengeluh seperti itu. Termasuk sewaktu memegang cangkir, atau sendok makan.

Keterampilan dan ketangkasan tangan menurun seperti dikeluhkan, “Tidak tangkas lagi sewaktu memakai kancing baju.” Calon stroke gagal memasukkan kancing ke lubangnya. Termasuk tak tangkas kalau menyisir rambut, terasa kikuk dan kaku.

Ketangkasan tungkai dan kaki pun mungkin mulai menurun. Orang mengeluh “Jadi susah kalau mau pakai sandal.” atau “Kalau pakai sandal jepit, sering lepas. atau cara melangkah mulai kikuk dan tidak teratur. Ada juga yang mengeluh jari-jari tidak terampil lagi bergerak, kelincahannya tidak sama sisi kiri dengan yang kanan.

Yang lain mungkin mengeluh suara mulai berubah, atau suara jadi meredup. Salah menyebut nama barang yang dimaksud; bicara tidak lancar; atau jadi menggagap, atau pelo. Jawaban sering tidak selaras dengan pertanyaan.

Baca Juga Yang satu ini ...
Cara Kilat Membuat Pria Tertarik dengan kita

“Mendadak mata jadi gelap sewaktu menengok ke kanan.” atau ada juga yang mengeluh, penglihatan berubah-ubah dari terang mendadak gelap, lalu terang lagi. Yang lain mengeluh sering kesemutan sebelah badan, atau mendadak lemas.

Namun tentu semua keluhan dan gejala itu tidak boleh serta-merta dianggap awal stroke semua. Bisa jadi juga bukan. Mulut mengok dan mata sesisi turun, belum tentu stroke pada saraf wajah. Mungkin serangan Bells palsy (kelumpuhan saraf tepi wajah). Tangan lemah dan sukar diangkat mungkin bagian dari encok saja. Kesemutan telapak tangan mungkin jepitan saraf tangan. Gangguan penglihatan, mungkin hanya sebab kerusakan di dalam bolamata sendiri.

Namun bila itu semua dialami oleh mereka yang tergolong berisiko tinggi untuk terserang stroke, yakni mereka yang tensi dan kencing manisnya tak terkontrol; membiarkan badan gemuk terus; perokok lama; kurang gerak; stres rutin berkepanjangan; dan profil lipid tinggi (lemak darah tinggi), harus lebih mencurigai kalau gejala dan keluhan di atas itu kemungkinan tanda-tanda awal kalau serangan stroke sungguhan bakal datang, suatu saat entah kapan. Bisa selagi tidur lelap, tak jarang sewaktu dalam bergiat.

Stroke selagi bergiat biasanya sebab emboli, sedang apabila menyerang sewaktu tidak bergiat, kemungkinan penyempitan oleh sumbatan karat lemaknya sendiri, yang mengenai pembuluh darah yang sudah lama terbentuk proses berkarat lemaknya yang dibiarkan menebal. Mungkin itu sudah dimulai puluhan tahun silam.

Semua proses yang diam-diam dan tak terasakan itu bisa kelihatan kalau dilakukan pencitraan otak. Kasus silent stroke seperti halnya silent coroner yang nyaris tanpa keluhan dan gejala awal, akan tampak dari pencitraan ketika orang merasa dirinya segar bugar. Maka dari itu gejala awal stroke yang perlu anda ketahui.

Baca Juga Yang satu ini ...
home clinic hc smart detox synergy surabaya

Sumber : Cara sehat

Oleh : Dr. Handrawan Nadesul

Baca artikel menaril lainnya : Akibat Mandi setelah Makan

banner smartdetox bawah baru

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *